April 04, 2022
Home »
komputer 3
» komputer 3
komputer 3
April 04, 2022
komputer 3
halaman 3
Plotter yaitu piranti output yang dapat memindahkan sinyal biner yang dikirim oleh computer kedalam koordinat secara akurat melalui pena untuk menghasilkan gambar grafik. Tipe plotter ada dua jenis, yaitu drum plotter dan flatbed plotter. Drum
plotter dipakai untuk menghasilkan output yang terus menerus . Microform yaitu teknologi penyimpan file dokumen dalam bentuk minikatur daiatas film
fotografi. Untuk film dalam bentuk gulungan dinamakan microfilm. sedang untuk film yang
berbentuk lembaran dinamakan microfiche.
Unit output garfik persentasi terbagi dalam dua kategori, yaitu LCD panel dan LCD proyektor.
LCD panel ukurannya sebesar notebook PC yang dipakai dengan over head projector. LCD projector
dipakai dengan lensa yang ada didalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar. Ada dua tipe alat oiutput suara,yaitu unit voice response dan unit Speech synthesis. Unit voice
response dipakai untuk reproduksi suara kita dan suara lainnya, memilih outkut dari rekaman kata, frase, musik, alarm, atau yang dapat direkam dengan pita audio. sedang speech synthesis melakukan konversi dari data mentah ke elektronik menghasilkan suara yang dikenal dalam lingkungan microcomputer.
Alat Input dan Output
Terminal yaitu alat yang berfungsi sebagi alat input dan output. dua fungsi , yaitu terminal yang berfungsi umum dan terminal yang berfugsi khusus.
Terminal yang berfungsi umum ;
Video Display Terminal sebagai Cathode-Ray Tube (CRT), terdiri dari alat inpkut berupa keyboard dan alat ooutput berupa monitor. Dum Terminal yaitu terminal yang memiliki kemampuan kecil dalam memproses data. contoh maiframe computer.
X Terminal memiliki kemampuan memproses dan membandingkan RAM terhadap beberapa microcomputer dan workstation. semua X terminal dikonfigurasikan dengan beberapa tipe dari alat point and draw, contoh mouse untuk memicu efisien interaksi dengan GUI. Telepon sebagai terminal yang dipakai oleh penjual untuk memasukan pesanan dan
permuintaan tentang ketersediaan produk komputer mainframe perusahaan.Terminal yang berfungsi Khusus : Automatic Teller Machine (ATM), pembaca kartu ATM dan kieypad memungkinkan input
kesistem. Monitor dan printer tersedia untuk output.
Point Of Sale (POS) dipakai tenaga penjual di took, eceranm restoran dan tempat lain yang
menjual barang dan jasa. Terminal POS memiliki keypad untuk input, dan paling sedikit monitor dan printer untuk mencetak faktur.
Alat input dan output terdiri dari Audio add-on card dan MIDI interface. Audio add-on card
yaitu audio card yang disisipkan pada motherboard PC atau mac. system multimedia biasanya
mengandung audio add-on card yang menyediakan kemampuan input dan output.MIDISPORT merupakian multi port MIDI interface peraltan USB computer PC dan Apple. MIDISPORT dengan kecepatan tinggi sebab memakai USB menghubungkan ke computer multimedia dan mentransferMIDI secara cepat dan handal.
Alat input dan output video berupa video add-on card. Video capture card yaitu Video add on card yang disisipkan pada motherboard PC dan Mac. Video add-on Card juga dapat mengambil input analog dan lalu dibuat digital dan dapat disimpan. Video yang sudah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan dengan aplikasi multimedia. Output dari video capture card dapat dipita, di CD, dan DVD dan di web.Penyimpanan ( Storage/Memory)
Dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu :
Penyimpanan Internal (Internal Storage/Primary Memory)Internal storage yaitu storage yang berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Internal storage pada computer pertama memakai magnetic core dan magnetic drum,
yaitu potongan-potongan material logam kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum dan mudah
diberi magnet dan kawat-kawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan
menentukan status magnetiknya. Mulai tahun 1964, drum dan core digantikan dengan integrated circuit (chip).Chip diukur dalam jutaan bit data atau Megabit (Mb). Satu bit sdalah satu posisi penyimpanan
elektronik, yaitu nyala atau mati. Kombinasi dari bit-bit membentuk Byte (Charaacter). Istilah satu kilo
byte (1KB) = 1024 byte, sebab pembuat chip. Maka satu megabyte (1mb) = 1024 x 1024 byte =
1048576 byte. Internal Storage terdiri dari Random Acces Memory (RAM), Read Only Memory
(ROM), dan Cache Memory. Random Acces Memory (RAM) yaitu penyimpan primer yang berfungsi menyimpan perangkat lunak dan data. RAM memungkinkan operasi baca dan tulis dilakukan, namun bersifat sementara atau mudah hilang (volatile) sebab isinya hilang jika daya listrik dimatikan. Teknologi dari RAM terdiri dari Dynamic RAM (DRAM) dan Statie ram (SRAM). Kebanyakan komputer memakai DRAM dibandingkan SRAM, sebab harganya lebih murah dan memerlukan ruang yang lebih luas. Pengembangan dari DRAM yaitu Enhanced Data Output (EDO) RAM yang mencapai
50% lebih cepat dibandingkan Dram . pengembangan berikutnya ada RDRAM (RAMBUS) yang ditentukan
oleh intel, DDRAM (Double Data Rate RAM) yaitu penekanan dari AMD. RAM yang paling
banyak dipakai saat ini yaitu SDRAM. lalu muncul DDR-SDRAM. Disarankan computer multimedia memiliki RAM minimal 32 MB. Pada saat ini sudah ada RAM yang 768 MB. .Kebanyakan komputer sekarang memakai teknologi Comlementary Metal Oxyde Semiconductor (CMOS) untuk RAM. CMOS memory chip sekita r seperdelapan dari ukuran perangko, yang dapat menyimpan 4 juta bit atau lebih dari 400 ribu karakter. Secara fisik, memory chip dipasang pada Single In-Line Memory Module (SIMM). Single SIMM dapat memuat 16MB.
Read ONLY Memory (ROM) yaitu memori yang hanya dapat dibaca namun tidak dapat ditulisi. Data dan intruksi sebelumnya dalam ROM dapat dibaca, namun tidak dapat diubah maupun ditulisi
diatasnya. Pabrik komputer memakai ROM untuk menyimpan materi seperti intruksi yang
memberitahu komputer apa yang harus dilakukan saat komputer dinyalakan. Keunggulan ROM, yaitu
bersifat tetap dan tidak mudah hilang (nonvolatile). Variasi dari Programmable Read Only Memory
(PROM) yaitu ROM yang dapat diprogram.
Flas Memory yaitu tipe dari PROM yang dapat diubah secara mudah oleh pemakai. Flas memory yaitu pernik-pernik (features ) dari kebanyakan prosesor, peralatan I/O, peralatan penyimpanan (storage).
Cache Memory berfungsi mempercepat transfer intruksi program dan data ke prosesor. Cache
memory ditempatkan diantara RAM dan prosesor. Tanpa cache memory,operasi yang dilakukan
prosesor sudah dalam nanosecound (satu per milyar dari satu detik). Dengan adanya cache memory
maka operasi dapat dipercepat lagi. Cache memory efektif sebab data dan intruksi yang sama diakses
berulang kali.
External storage yaitu storage yang tidak berhubungan langsung dengan CPU. External storage
dapat menyimpan data secara tetap. Jenis External Storage yang utama yaitu menyimpan berurutan
(sequential storage) dan menyimpan akses langsung (random/direct storage). Teklnologi External
Storage terdiri dari Magnetik Disk, Magnetic Tape dan Optical Laser Disk..Penyimpanan berurutan (sequential storage) yaitu organisasi atau penyusunan data di medium penyimpanan yang terdiri dari satu catatan mengikuti satu catatan lain dalam urutan tertentu. contoh catatan mahasiswa disusun menurut nomor induk, catatan karyawan disusun menurut nomor induk. Data pertama diproses pertama, data terakhir diproses paling akhir. Untuk
mengakses data itu dilakukan dengan metode akses langsung (random/direct acces). Penyimpanan akses acak/langsung (random/direct acces storage) yaitu organisasi atau penyusunan data di medium penyimpanan yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Untuk mengakses data itu dilakukan dengan metode akses langsung (random.direct acces).
Magnetic DiskAlat ini terdiri dari piringan-piringan yang dapat merekam data bagian atas dan
bawah. Piringan ini mirip dengan piringan hitam suara, hanya berbeda cara merekam datanya. Magnetic
disk berupa lingkaran-lingkaran sepusat, sedang pada piringan hitam suara berbentuk spiral.
Keuntungan magnetic disk, yaitu pengambilan data selain secara sequential dapat pula dilakukan secara
random/langsung. Piringan magnetic disk ini terdiri dari 40 lingkaran sampai ribuan (pada hard disk
kapasitas tinggi) tempat perekam. Lingkaran-lingkaran itu bisa dinamakan Track. Ribuan track diukur dalam rack per inch (TPI). Disket 3,5 inci rata-rata 15 TPI. sedang bentuk bagian lingkaran dari
disk atau disket tempat record disimpan dan diambil dinamakan sector. Magnetic Disk terdiri dari dua tipe, yaitu interchangeable magnetic disk (Diskette) dan Fexed magnetic disk (Hard disk). Diskette dapat disimpan secara offline dan diambil ke magnetic disk jika diperlukan. Hard disk dipasang secara permanent atau tetap.diskette dikelompokan dalam dua tipe, yaitu Floppy disk dan Zip disk.
Floppy disk yaitu disket yang tipis, lentur, permanent, dibungkus plastik pejal. Floppy disk ada yang ukurannya 3,5 inci dan 5,25 inci. Floppy disk ukuran 3,5 inci memiliki kapasitas 720 KB dan 1,44 mb. sedang Floppy disk yang berukuran 5,25 inci umunya memiliki kapasitas 360 KB dan 1,2 MB. Untuk membaca dan menulis data dalam floppy disk dipakai Disk drive. Kapasits disk (disk density)
yaitu jumlah bit yang dapat disimpan per unit area pada permukaan disk. Zip disk yaitu disket yang memiliki kapasitas 100 MB sampai 600 MB, kurang
lebih setara dengan kapasitas 70 sampai 420 floppy disk. Zip disk ini dipakai untuk menyimpan materi multimedia (grafik, audio, video, .). Untuk membaca dan menulis data dalam Zip disk dipakai Zip drive.
Hard disk dikelompokan dalam dua tipe, yaitu Permanently installed hard disk dan Interchangeable hard disk. Permanently installed hard disk Permanently installed hard disk biasanya memiliki kapasitas 18 GB sampai 160 GB (Gigabyte). Gambar 5.35 menunjukan hard disk Maxtor 160 GB. Hard disk 18 GB dapat menyimpan setara dengan 12 ribu
disket high density 3,5 inci. Interchangeable hard disk yaitu hard disk yang dapat diubah isinya, dapat disisipi, dipindahkan secara mudah. Interchangeable hard disk dinamakan juga Jaz drive
Magnetic TapeMagnetic Tape (Pita magnetic) yaitu alat model pertama dari External Storage (Secondary Storage). Pita magnetik umumnya memiliki lebar 0,5 inci, terdiri dari gulungan besar yang panjangnya dapat mencapai 200 feet, namun sekarang pita magnetik berbentuk Cartridge. Data ditulis pada pita magnetik dengan cara memberi sifat magnetis pada daerah sepanjang pita. Pembacaan data pada pita magnetik dilakukan oleh head, serupa dengan Casette Recorder, secara sequential acces. Perekaman data pada pita magnetik berbentuk melintang, sehingga dikenal adanya Track (jalur). Ada yang 7 track dan ada pula yang 9 track. Kerapatan pencatatan dapat mencapai 1600 bit per inci (bpi). Keuntungan Cartridge, yaitu dapat menyimpan data lebih banyak dan lebih sedikit memerlukan tempat. Slah satu bentuk cartridge yang dikenal di PC yaitu Quarter-Inch-Cartridge (QIC) minicartridge (Gambar 2.38). QIC minicartridge dapat menampung data sebesar 250 MB sampai 8 GB. Untuk membaca dan menulis di pita magnetic dipakai Magnetic Tape Drive,
Pita magnetik sangat cocok dipakai sebagai medium penyimpanan histiris. Pita mgnetik juga dipakai sebagai file backup dari file master yang ditulis pada alat penyimpanan akses langsung (direct acces storage). File backup dapat dipakai jika file master mengalami gangguan. Pita magnetic dapat pul berfungsi sebagai media input dan dapat pula berfungsi sebagai media komunikasi yang
dikirim melalui pos. Videotape/Videocassette (pita video/kaset video) yaitu alat penyimpanan
multimedia yang banyak ditemui di pasaran. Videotape terdiri dari berbagai macam format analog
maupun digital. Format analog antara lain dalam VHS, S-VHS ataupun berkualitas broadcast yaitu
Betacam. Format digital dapat dalam Mini DV, DVC-Pro, DVCAM, HDCAM, Hi8, DVHS, atau format
digital untuk kualitas broadcast Betacam Digital.
kset video dengan format VHS dari Fuji dengan durasi 30 menit. kaset video S-VHS dari EMTEC dengan durasi 180 menit. sedang pada
kaset video Betacam SP dari Sony dengandurasi 90 menit.Untuk format digital , kaset video dengan format Mini DV dari Maxell ,dengan durasi 60 menit. ,kaset Video DVC Pro dari fuji dengan durasi 126
menit. ,kaset video Hi8 dari Maxell dengan durasi 120 menit. , kaset video D-VHS dari JVC dengan durasi 420 menit. , kaset video Digital Betacam dari Sony dengan durasi 124 menit. Optical Laser Disk Optical laser disk (Optical compact disk) menggambarkan data dengan kombinasi goresan-goresan halus di atas permukaan piringan yang diciptakan sinar laser. Dalam teknologi ini, read/write head yang dipakai dalam penyimpanan magnetic diganti dengan sinar laser. Sinar laser yang pertama untuk write (menulis), dan sinar laser yang kedua untuk read (membaca). Ada tiga katagori utama dari optical laser disk, yaitu CD-ROM, CD R/W, DVD, WORM Disk, dan
Rewriteable Optical Disk.CD- ROM (Compact Disk – Read Only Memory) yaitu optical laser disk yang dipakai di computer mikro. Kapasitaas CD-ROM sampai 680 MB setara dengan 477 disket DS/HD 3,5 inci. Untuk membaca data dalam CD-ROM dipakai alat yang dinamakan CD-ROM Drive. Data dalam CD-ROM berbentuk pit dan land. Pit yaitu benjolan kecil memantulkan cahaya yang dibakar oleh sinar laser.
Land yaitu daerah datar pemisah pit. Alat yang dapat menulisi pada CD-Writer sekarang sudah tersedia CD R/W, yaitu CD yang tidak hanya dapat dibaca, namun juga dapat ditulisi Digital Video (DVD) yaitu serupa dengan C-ROM, namun dapat menyimpan data dari tujuh sampai 14 kali CD-ROM atau sekita r 10 Gigabyte. DVD dpat menyimpan seluruh video movie.
Juga sudah tersedia DVD R/W, yang dapat dibaca dan ditulisi Untuk membaca data dalam DVD dipakai DVD drive. Alat yang dipakai untuk menulisi pada DVD yaitu DVD Writer,
Writer Once Read Many (WORM) yaitu optical laser disk yang hanya dapat merekam data sekali, tidak dapat diubah dan diganti, namun data itu dapat dibaca berulangkali. WORM disk cartridge dapat menyimpan informasi lebih besar dibandingkan CD-ROM. WORM mampu menyimpan informasi sampai 200 GB atau setara dengan 3 juta gambar digital berukuran satu halaman. WORM terbaru yang diperkenalkan oleh JVC dan Hitachi pada saat ini memiliki kapasitas 9,4 GB. Rewriteable Optical Disk (ROD) yaitu optical laser disk yang dapat dihapus dan ditulis berulangkali. ROD 5,25 inci dapat menyimpan informasi sampai 5 GB. ROD dapat dipakai seperti
magnetic disk, namun lebih lambat. Untuk menangani WORM dan ROD dipakai alat yang dinamakan Multifunction Drive.
CPU yaitu jantung computer, sebab CPU yaitu pusat kendali dari system computer.
CPU dinamakan juga dengan prosesor (Processor).
CPU berfungsi untuk: memberi Address Data dan Program. Memasukan dan Mengambil Data.
Memproses Data secara Arithmatic dan Logical.
melakukan intruksi secara berurutan.CPU yaitu penghubung antara Internal Storage dan Input/ Output Device. CPU terdiri dari Arithmetic and Logic Unit (ALU) dan Control unit (CU). Dalam system computer
multimedia, CPU yaitu elemen yang paling penting. Pada mesin yang besar, CPU memerlukan
Printed Circuit Board (PCB), ditunjukan pada Gambar 2.52. Pada pc, cpu yaitu bangunan sebuah
chip tunggal yang dinamakan microprocessor. Computer multimedia terdiri dari satu atau beberapa board, yang dinamakan Card atau Adapter. Circuit board terdiri dari beberapa katagori, contoh
motherboard, expansion board, daughtercard, controller board, Network interface Card (NIC) dan video adapter. Mothteboard yaitu board utama yang memiliki konektor untuk menempelkan peralatan
ke bus. Expansion board yaitu setiap board yang ditempel pada slot ekpansi computer. Daugtercard
yaitu setiap board yang menempel secara langsung pada board lain. Controller ncard yaitu tipe
khusus dari board ekspensi yang mengandung controller untuk sebuah peralatan peripheral. Network
Interface Card yaitu board ekspansi yang memungkinkan PC berhubungan dengan Local Are
Network (LAN). sedang Adpter card yaitu board ekpansi yang mengandung controller untuk
monitor grafik.
Arithmetic and Logic Unit (ALU) melakukan seluruh perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan operasi logika. Hasil dari operasi itu diletakan dalam register yang dinamakan accumulator. ALU berfungsi melakukan operasi arithmetic dan logic yang terbagi 4 kelas, yaitu:
Decimal Arithmetic, dipakai untuk operasi komersial dan dinyatakan dalam bilangan decimal dengan memakai tanda plus (+) untuk bilangan positif dan tanda minus (-) untuk bilangn negative.
Fixel Poin Arithmetic yaitu untuk opersi arithmetic dari data binary dan untuk menyatakan addres dari storage. Floating Point Arithmetic untuk operasi matematika. Logic Operation dapat berupa operasi -operasi perbandingan, testing, translating, editing dan
moving logic data. Biasanya CPU dilengkapi dengan Internal Timer dan Time Of Day Clock. Internal Timer akan mengukur internal processing time, yaitu berapa lama program itu bekerja. Time Of Day Clock
dipakai untuk mengukur dan menyatakan waktu (hari), jam dan detik. Waktu yang dapat dikumpulkan 142 tahun dan clock itu bekerja secara binary.
Control Unit 9 (CU)
Control unit yaitu bagian dari CPU, yang berfungsi:
Membaca dan mengintepresikan intruksi program.
Melangsungkan operasu elemen prosesor internal.
Mengendalikan aliran program dan data ke dalam dan keluar RAM. Control Unit terdiri dari decoder dan tiga register (program register, instruction register dan
general purpose register). Register yaitu penyimpanan yang bekerja dengan kecepatan tinggi.
Register menangani intruksi dan data pada kecepatan 10 kali lebih cepat dari pada cache memory dan
dipakai unuk variasi fungsi pengolahan. Decorder berfungsi menginterprestasikan dan
mengkodekan intuksi-intruksi program. Program register yaitu register yang mengandung alamat dari
intruksi yang akan dieksekusi. Instruction register yaitu register yang mengandung intruksi yang
sedang dieksekusi. Register memberi fasilitas perpindahan intruksi dan data antara RAM, Control
Unit an Arithmetic and Logic Unit.
Bahasa yang dimengerti computer (prosesor) yaitu bahasa mesin. Setiap computer memiliki
siklus mesin. Kecepatan prosesor biasanya diukur dengan berapa lam waktu yang diperlukan siklus
mesin. Interval waktu siklus mesin yaitu total waktu intruksi (instruction time) dan waktu eksekusi
(execution time).
Bus yaitu jalur yang dilewati prosesor saat mengirim/menerima data dan perintah ke/dari primary storage dan secondary storage dan seluruh peralatan peripheral Input/Output. golongan Processor
Kebanyakan computer PC atau mainframe memiliki rancangan prosesor CISC (Complex
Instruction Set Computer). Bahasa main prosesor CISC memberi variasi intruksi yang luas kepada
programmer. CISC merefleksikan evolusi peningkatan bahasa mesin yng canggih. sedang prosesor
yang dirancang dengan sekelompok intruksi yang lebih kecil yang dapat meningkatkan kualitas output
untuk aplikasi, khususnya melibatkan grafik akan memiliki RISC (Reduced Instruction Set
Computer). Parallel processing (pengolahan parallel) yaitu konsep yang memakai lebih dari satu
(multiple) prosesor dalam computer yang sama. Dalam pengolahan parallel, satu prosesor utama
memeriksa masalah pemprograman, dan seberapa besar porsinya, jika ada masalah bisa dipecahkan
dalam potonga-potongan. sedang kebanyakan computer multimedia memiliki kecepata prosesor
rata-rata 600 sampai 3000 MHZ (megahertz = milyar putaran per detik). Kecepatan pengolahan diukur
dengan MIPS (Million of Instruction per Secound). sedang supercomputer diukur dengan FLOPS
(floating Point Per Second).
Motherboard yaitu board sirkuit utama dari mikrokomputer. Motherboard mengandung konektor untuk menempelkan board-board tambahan lainnya dan mengandung CPU, BIOS, memori, mass
storage,interface, port serial dan parallel, slot ekspansi, dan semua kontroler yang diperlukan untuk
mengendalikan peralatan peripheral standar, contoh monitor, keyboard dan disk drive. Slot dan Port Ekspansi Untuk menambah asesoris multimedia di computer ada empat teknologi, yaitu: Slot Ekspansi
yaitu rangkaian card, tempat anda menempelkan atau mencolokan tambahan fungsionalitas
multimedia Anda. Untuk dapat diekspansi komputer multimedia minimal memerlukan satu atau
dua slot kosong. Komputer portable memiliki slot yang dinamakan PC card slot. Komputer desktop
memiliki slot yang dinamakan Periperal Component Interconnect (PCI). Mungkin juga komputer
desktop memiliki slot yang lebih tua, yaitu berdasar pada Industry Standard Architertur (ISA),
namun ISA lebih lambat dibandingkan dengan PCI. Sekarang jarang motherboard yang memiliki
ISA dan PCI. Monherboard yang baru seluruhnya memakai PCI, sebab selain lebih cepat dan lebih
fleksibel, pci memakai sumberdaya bersama (resource sharing) dan terkonfigurasi otomatis
melalui BIOS dan system operasi .
Universal Serial Bus (USB) yaitu cara yang paling popular untuk menghubungkan peripheral komputer, contoh kamera digital, scanner, printer, mesin fax, drive zip dan mouse optise. Anda dapat memiliki sampai 128 peralatan USB sekali install dikomputer Anda. Anda harus memastikan bahwa komputer
multimedia yang Anda beli memiliki dua port USB yang builit in pada motherboard. Jika anda
memiliki anggaran terbatas, Anda dapat membeli hub splitter USB yang harganya tidak terlalu
mahal untuk menyediakan port USB tambahan. namun kalau port USB memang tidak ada, Anda
dapat memasang USB card pada port PCI yang kosong. USB card versi terbaru yaitu USB 2.0
yang memiliki kecepatan sampai 40 kali lipat disbanding versi sebelunya. Small Computer System Interface (SCSI) walaupun CD-ROM drive memakai SCSI. Kebanyakan komputer tidak memiliki konektor
eksternal SCSI. Untuk menghubungkan ke peralatan SCSI, maka harus menyediakan sebuah slot
ekspansi untuk menginstal board SCSI. Pada Gambar 2.60 SCSI card yang dapat dipasang di slot
PCI. Peralatan SCSI tersedia untuk hard disk internal dan hard disk eksternal, CD-ROM drive, dan
R/W Optical drive. Peralatan SCSI yang popular yaitu Iomega Jaz disk drive.
FireWire yaitu teknologi serial kecepatan tinggi untuk menghubungkan peripheral ke sebuah komputer.
Awalnya dikembangkan oleh Apple, FireWire sekarang sudah menjadi sebuah standar industri
resmi (IEEE 1394), sehingga diluar Macintosh pun dapat memakai nya. Port FireWire dapat
menghubungkan peripheral multimedia contoh DVD, Camcorder, hard disk dan printer. memakai beberapa perangkat berkonektor FireWire sekaligus secara bersamaan, akan mengalami kerepotan sebab PC, Notebook, atau Mac hanya menyertakan satu atau dua port. Untuk mengatasi hal itu dapat memakai Belkin FireWire hub (www.belkin.co.uk) yang menjadikan komputer memiliki tambahan enam port FireWire. FireWire card yang dapat dipasang di slot PCI.
Perangkat keras komunikasi terdiri dari terminal, cluster control unit, modem, multiplexer, saluran, front end processor dan host.Terminal dapat terdiri dari tampilan multimedia, hard copy dan terminal jenis lain seperti terminal keyboard, telepon tombol, terminal titik penjualan, terminal pengumpul data. Cluster control unit berfungsi menghubungkan antara terminal yang dikendalikan nya dengan komponen dan saluran-saluran. Alat ini memungkinkan beberapa terminal terbagi suattu printer atau mengakses
beberapa komputer melalui saluran-saluran yang berbeda. Cluster control unit dapat pula mengerjakan
pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.
Modem yaitu peralatan yang dapat mengubah sinyal analog menjadi digital atau mengubah sinyal digital menjadi analog. MODEM yaitu singkatan dari MOdulator DEModulator. Satu satunya saat modem tidak diperlukan yaitu saat telepon tombol dipakai sebagai terminal. Saat beberapa terminal haru berbagi satu saluran pada saat yang sama, multiplexer dapat ditambahkan pada tiap uajung. Multiplexer yaitu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak. Penambahan multiplexer bedampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi
jalan bebas hambatan dengan beberapa jalur. Peralatan yang sudah dibahas hingga saat ini, yaitu terminal, cluster control unit, modem dan multiplexer, yaitu milik dari perusahaan yang memakai nya. saluran juga dapat dapat didan kan jika itu yaitu LAN. Namu untuk jaringan WAN, saluran yaitu milik perusahaan yang menyediakan fasilitas komunikasi dengan bayaran. Perusahaan seperti itu sebagai perusahaan penyedia jasa komuiksi (common carrier).
Sluran WAN dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang melakukan fungsi tranmisi dalam berbagai cara. Local Loop, saat sinyal-sinyal meninggalkan modem pengirim, mereka bergerak melalui Local Loop, yang menyediakan hubungan antara peralatan perusahaan dengan sentral dari perusahaan telepon di kota pengirim. Local loop biasanya terdiri dari kawat atau kabel coaxial. Diperlukan empat kawat yang dipilih berpasangan. Twisted pair yaitu jenis sircuit yang paling umum. Kabel coaxial (coax) terdiri dari satu kawat yang dilapisi dengan insulasi dan berada didalam pembungkus lur bebentuk silinder. Kabel coaxial yang dipakai oleh perusahaan penyedia jasa
komunkasi biasanya terdiri dari beberapa kabel individual yang dibudel bersama. Satu bundle
berdiameter dua inci dapat menangani hingga 20.000 sambungan sekaligus.Interexchange Channel, Saat pesan mencapai sentral perusahaan telepon, dibuat keputusan mengenai rute nama yang akan dilalui oleh pesan. Keputusan itu dibuat oleh komputer disentral
perusahaan telepon dan didasarkan pada volume lalu lintas komunikasi pada saat itu. Bagian dari
saluran yang menjangkau jarak terjauh dinamakan interexchange channel circuit, sering disingkat IXC
Circuit. Awalnya IXC circuit bebentuk kawat-kawat yang terentang pada tiang telepon atau kabel metal
yang ditanam di bawah tanah, yang menghubungkan stelepon di berbagai kota. Kawat dan kabel metal
masih ada, namun mulai digantikan oleh teknologi yang lebih baru seperti kabel serat optic dan tranmisi
gelombang mikro. Kabel serat optic (fiber optic cables) terdiri dari serat-serat kaca sehalus rambut dan pulsa-pulsa cahaya melewatinya. Pulsa-pulsa itu dikodekan untuk mewakili data. Sinyal gelombang
mikro (microwave signals) yaitu gelombang elektromagnetik yang sangat pendek yang ditransmisikan sacara lurus. Sinyal Elektromagnetik tidak dapat dibelokan agar sesuai dengan bentuk bumi. saat sinyal ditransmisikan di atas tanah, sinyal itu bergerak dari menara gelombang mikro (microwave tower) ke yang lainya. Sinyal gelombang mikro dapat pula dipantulkan dari stelit di orbit stansioner 23.300 mil diatas bumi. Stasiun transmisi yang mengirim dan menerima sinyal satelit dinamakan stasiun bumi, dan mirip dengan parabola yang dipakai menerima sinyal TV. Front-end processor menangani lalu-lintas komunikasi dari data yang masuk dan keluar bagi host komputer. Kedua komputer itu dapat yaitu jenis apa pun, namun konfigurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah komputer mainframe yang menjadi host. Saluran yang sudah dijelaskan hingga saat ini hanyalah satu jalur bagi host. hal yang mungkin untuk memiliki banyak, mungkin ratusan, saluran seperti itu, yang masing-masing dihubungkan ke front-end processor melalui port. Front-end processor berfungs sebagai unit input dari host dengan mengumpulkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan pesan untuk tranmisi ke terminal. Walau kecepatan tranmisi antara saluran dan front-end processor relative lambat (dalam banyak kasus bit-bit ditranmisikan secara serial, satu demi satu), kecepatan tranmisi antara front-end pro-cessor dan host dapat pula cepat (beberapa bit ditranmisikan sekaligus secara parallel). Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute routing) pesan dari terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika, sebab hal terminal
penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedang dipakai atau rusak), front-end processor
dapat menyimpan di tempat penyimpanan sekunder dan mengirim ya nanti. Kemampuan ini dinamakan
simpan dan teruskan (store and forward).
Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan. Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan
cara yang sama dengan data yang diterima dari unit input jenis apa pun. sesudah pemrosesan, pesan
dapat ditranmisikan kembali ke front-end processor untuk routing. Komputer hanyalah sekedar mesin yang tidak dapat melakukuan tugas yang dikehendaki
pemakai yang sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak (software). Komputer bukanlah seperti teko ajaib milik aladin. Sebagai contoh, anda tidak bisa bermain catur melawan computer jjika anda belum menginstal perangkat lunak permainan catut pada computer anda.Perangkat lunak sebetulnya yaitu program. Sebagaimana sudah anda ketahui, progarn yaitu deretan instruksi yang dipakai untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendak pembuatnya. , pembuatnya sudah mengatur komputer sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai, Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (contoh : Microsoft) ataupun perseorangan. jika anda mneguasai salah satu bahasa pemprograman, anda juga bisa memicu sendiri program ynag dikehendaki. berdasar cara memperoleh perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak digolongkan dalam 6 golongan, yaitu :
- Perangkat Lunak Komersial (Commersial Software)
Perangkat ini dinamakan juga Proprietary Software yaitu perangkat lunak yang dijual secara komersil.
-. Rentalware
yaitu perangkat lunak yang bisa dipakai oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar dengan sewa. Sewa biasanya dilakukan pertahun.
-. Perangkat Lunak Domain-Publik
yaitu pernagkat lunak yang tidak ditambah hak cipta dan memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program itu. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa kode sumber dan banyak ditemui pada internet.
-. Shareware
yaitu perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bisa dipakai oleh pemakai dengan tujuan untuk dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jjika sesudah masa itu berlalu, maka ia perlu membayar pada pembuatnya jika ingin memakai nya.
-. Freeware
yaitu perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas dipakai oleh siapa saja tanpa perlu membayar. Berbagai alasan pembuatan freeware yaitu : Sebagai penarik bagi pemakai untuk membeli versi lebih lanjut (dengan fitur yang lebih
(lengkap) yang bersifat komersial Pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga ia dapat mengembangkannya ke versi yang lebih bagus
Pembuat ingin menyebarluaskan karyanya, supaya ia menjadi terkenal Pembuat benar-benar ingin mambantu pemakai dalam melakukan tugas tertentu.
Contoh situs yang menyediakan freeware yaitu http://www.bestdownload.com/ dan http://www.simtel.net/
-. Free Software
yaitu istilah yang dirancang olrh Richard Stallman (pendiari Free Software Foundation) untuk
menyatakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja
dapat memakai dan bahkan mengembangkannya.
Secara lebih lengkap, sebuah program dinamakan free software jika Pemakai memiliki kebebasan untuk menjalankan program dengan tujuan apa saja
Pemakai memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuian kebutuhan. Oleh sebab itu
kode sumber harus tersedia Pemakai memiliki kebebasan untuk menyalurkan kembali salinan program baik secara gratis maupun dengan bayaran
Pamakai memiliki kebebasan untuk menyalurkan versi-versi program yang sudah direkayasa sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan itu.
perangkat lunak yaitu sistem perangkat lunak bedan dokumentasinya yang menjelaskan prosedur
penyiapan dan pemakaian perangkat lunak itu
Pada definisi lain yang dikutip oleh Pressman dalam bukunya Software Engineering A
Practioner’s Approach, perangkat lunak didefinisikan lebih rinci lagi yaitu sebagai:
-Instruksi-instruksi yang jika dieksekusi akan memberi layanan-layanan atau fungsi seperti yang diinginkan
-Struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara proporsional
- transkrip yang menggambarkan operasi dan kegunaan programContoh produk Perangkat Lunak:
Software-software antivirus, seperti AVG, Norton, Bit Defebder, Sistem Operasi seperti Windows, Linux,
Visual Studio,Microsoft Office
Perangkat lunak yang ditulis untuk melayani program yang lain. Banyak perangkat lunak sistem (misal compiler, editor, dan utilitas pengatur file) memproses struktur struktur informasi yang lengkap namun tetap. Aplikasi-aplikasi sistem yang lain (komponen sistem
operasi, driver, prosessor) memproses secara luas data yang bersifat tetap. Di dalam setiap kasus
itu, area perangkat lunak sistem ditandai dengan eratnya interaksi dengan perangkat keras
computer; pemakaian oleh banyak pemakai; operasi kongruen yang memerlukan penjadwalan; tukar-menukar sumber, dan penagturan l proses yang canggih; struktur data yang kompleks dan interface external ganda. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 4 macam yaitu :
--Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman yaitu perangkat lunak yang mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang kita ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, sesudah l, C++, FORTRAN
yaitu software yang khusus dipakai untuk memicu program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
1. Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti sebab instruksinya memakai bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
2. Midle Level Language, yaitu bahasa pemrograman tingkat menengah dimana pemakaian instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti sebab banyak memakai singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini yaitu Assembler, ForTran (Formula
Translator).
3. High Level Language, yaitu bahasa tingkat tinggi yang memiliki ciri mudah dimengerti, sebab memakai bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dBase
Sistem Operasi
Sistem Operasi saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen pemakaian memori dan memberi keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista, IMB OS/2, Apple’s Sistem 7, UNIX, LINUX. Sistem operasi yaitu software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi, tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.Utility sistem operasi yaitu perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, contoh pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty yaitu Norton Utility.
Program utility untuk mengisii kekurangan/kelemahan dari sistem operasi, contoh PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, namun PC Tools mampu memberi keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan.
File yang sudah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi namun dengan program bantu
hal ini dapat dilakukan.
Device driver,Device driver yaitu pogram yang berfungsi untuk membantu computer mengendalikan
piranti-piranti peripheral. Perangkat lunak ini biasanya disediakan vendor yang memproduksi ,perangkat keras. Sebagai contoh, saat anda memasang perangakat keras seperti modem atau scanner, anda juga perllu menginstal device driver supaya perangkat keras itu dapat berfungsi dengan baik.
Perangkat lunak aplikasi yaitu bagian perangkat lunak yang sangat banyak di temui dan terus berkembang:
1. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
2. Pada pertumbuhan pemroses kata, tabel dan database saat ini sudah di bundel menjadi
aplikasi office. Contoh aplikasi office yaitu Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint
(presentasi).
3. Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia yaitu Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, lalu RealPlayer yang dapat dipakai untuk menonton film atau VCD.
4. Aplikasi internet yang umum di pakai yaitu untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
5. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis). Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia ialah program yang dibuat oleh personal
atau pabrik komputer untuk pemakai yang dipakai/beroperasi dalam bidang-bidang multimedia yang
khusus , contoh peangkat lunak pengolahan teks, perangkat lunak pengolahan grafik 2D,
perangkat lunak modeling dan animasi, perangkat lunak pengolahan video, perangkat lunak
pengolahan audio, perangkat lunak authoring dan perangkat lunak berbasis web.
1. Perangkat Lunak Aplikasi Pengolahan Teks
Perangkat lunak Pengolahan teks yang paling banyak di pasaran yaitu Microsoft Word,
Wodstar for Windows dan Word Perfect. Diantara ketiganya yang paling popular yaitu Microsoft
Word.
Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word yaitu perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk
Xenix, versi-versi lain lalu dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, contoh DOS(1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). sesudah menjadi bagian dari Microsoft Office Sistem 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Microsoft Word (MS Word) yaitu program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect
dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam memakai , hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya. Microsoft Word, lalu dinamakan Word XP yaitu pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perobahan dan perbaikan disana sini sehingga lebih fleksibel dipakai dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam memicu tabel, menyisipkan program lain ke program Word XP dan fasilitas lainnya yang akan bahas lebih lanjut, sudah menghantarkan Word XP sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
Bekerja mudah dengan Microsoft Office Word
. Memblok secara cepat Untuk memblok sebuah kata, klik mouse dua kali Untuk memblok kalimat,klik pada kalimat itu sambil menekan Ctrl Untuk memblok perbaris, tempatkan petunjuk mouse disebelah kiri dokumen sampai arahnya berbalik ke arah kanan, lalu klik pada baris yang akan di blok. Trik cepat kembali ke lokasi akhir pengeditankadang kita berada pada akhir dari dokumen yang cukup panjang, lalu kembali
kepada kata yang terakhir kita edit, padahal lokasinya berada di tengah atau diawal. Atau sebaliknya kita sudah sudah kembali ke awal dokumen dan ingin kembali ke lokasi editing terakhir yang lokasinya diakhir dokumen. Maka cara cepat untuk kembali ke lokasi itu, yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol Shift dan F5,Perpindahan kursor
Untuk memindahkan kursor ke akhir baris, tekan tombol End Untuk memindahkan ke awal baris.tekan tombol Home. Untuk memindahkan kursor ke awal paragraf, tekan tombol Ctrl dan tombol panah ke
bawah secara bersamaan Untuk memindahkan kursor ke akhir dokumen tekan tombol Ctrl dan tombol End, secara bersamaan Untuk memindahkan kursor ke awal dokumen, tekan tombol Ctrl dan tombol Home secara bersamaan.Mengubah ukuran huruf dengan tombol keyboard Untuk memperbesar ukuran huruf, tekan tombol Ctrl dan tombol ], secara bersamaan Untuk memperkecil ukuran huruf, tekan tombol Ctrl dan tombol [, secara bersamaan.
Menutup atau menyimpan semua dokumen yang sedang dibuka kadang dalam satu kali kerja, kita membuka lebih dari satu dokumen. saat semuanya
sudah selesai, kita dapat menyimpannya atau menutup semuanya dalam satu kali perintah.
Caranya: tekan tombol Shift, lalu klik File pada menu maka akan terlihat opsi Close All, dan Save All. Maka pilihlah Save All terlebih dahulu lalu diulang dan memilih Close All. Mengubah spasi antar baris
Menempatkan kursor pada paragraph yang akan diubah spasinya, atau blok terlebih dahulu
Untuk spasi 1, tekan Ctrl+1 Untuk spasi 1,5, tekan tombol Ctrl+5 Untuk spasi 2, tekan tombol Ctrl+2
. Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah Grafik
Perangkat lunak grafik yang terkenal yaitu :
Photoshop
Adobe photoshop yaitu perangkat lunak standar edting-gambar professional, yang
akan membantu kita bekerja lebih efisien, mengekplorasi kreativitas kita dan menghasilkan gambar
kualitas tertinggi untuk cetakan web dan yang lainnya. Dan Photoshop juga mengolah foto menjadi
berkualitas professional dan lebih banyak lagi.
CorelDraw
Perangkat lunak CorelDRAW yaitu perangkat
lunak perancang grafil, layout halaman,
editing foto, dan animasi vektor.
Future yang baru dan yaitu penyempurnaam dari CorelDRAW antara lain dukungan
simbol baru, pentederhanaan roughen dan smudge, peralatan 3-point ellipse rectangle dan kurva, life
effect, penyempurnaan dukungan SVG, workspace yang sesuai dengan kebuuthab pemakai dan
tersedianya perlatan Polyline.
Macam–macam CorelDRAW
Corel PHOTO-PAINT
CorelDRAW 12 Tutorials
CorelDRAW 12 VBA Object Models
CorelDRAW Quick Reference
CorelDRAW Programing Guide VBA
3. Perangkat Lunak Aplikasi Animasi dan Modelling
Di dalam multimedia, perangkat lunak animasi dan modeling banyak macamnya. contoh 3D
studio MAX, Maya, Softimege, Light-ware dan sebagainya.
Adobe Flash
Adobe Flash yaitu perangkat lunak untuk merancang grafis, animasi, dan yaitu cara
tercepat untuk memicu aplikasi. Featur video, multimedia dan pengembangan aplikasi yang
powerful memungkinkan Anda untuk memicu berbagai animasi untuk proses pembelajaran. Adobe
flash yaitu salah satu produk dari perusahaan Adobe sama seperti Photoshop.
Gambar tampilan3D Studio MAX
3D Studio Max yaitu program standar modeling 3d berbasis Windows. Program 3d Studio
Max ini yaitu hasil pengembangan dari program 3d studio yang berbasis DOS. Program 3D
Studio dengan basis windows lebih mudah dipakai dari pada 3D studio berbasis Dos. Selain itu
pasilitasnya lebih dismpurnakan. Pada program 3D studio Max tersedia plud in yang dijual terpisah
yang dapat digabungkan dengan program ini. Dengan pasilitas yang dipunyai 3d Studio Max anda
dapat memicu animasi maupun evek-evek dalam iklan-iklan televisi, filem-filem maupun dalam
pembuatan game. 3D Studio Max 5 yaitu persi terbaru dari 3d Studio Max yang bagus dalam
realisme, ekspresi, produktifitas dan pleksibilitas.
3D Studio Max 5 lebih realis sebab iluminasi secara global dengan kendali tampilan, cahaya
photo metric dan pembuat bayangan yang baru, perangkat lunak dinamis yang terintegrasi dengan
3D Studio Max, exspor terhadap lingkungan 3D real-time dengan render terhadap tekstur, normal
Map dan light Map dan mendukung verteks color baking dari solusi radio sitas.
3D Studio Max 5 lebih ekspresip. Kemampuan anomasi dalam 3D Studio Max 5 lebih
disempurnakan dengan sisitem set key yang baru untuk mempersingkat animasi dari tampilan satu
ketampilan lain.
3D Studio Max 5 lebih produktif dengan adanya ontrol yang lebih sempurna terhadap koordinat
pemetan dengan UVW Unwrap yang baru, pemodelan polygonal yang tidak tertandinggi, network
rewndring dan utilitas manajemen dari 3D Studio Max.
3D Studio Max dipakai dalam visual disain. Pilihan yang sempurna para desainer, insiyur
menginginkan animasi dan redering tingkat lanjut. 3D Studio Max memungkinkan hasil kualitas
tinggi kepada disainer dan propesional dengan tool rendering dan animasi tingkat lanjut untuk
desain industri visual, mekanik dan arsitek. 3D Studio Max mencapai poto yang realistis untuk
disain produk, peluncuran pemasaran, persentasi perusahaan dan layaut bangunan virtual.
3D Studio Max 5 memiliki flesibilitas yang tinggi sebab tersedia program rental jangka
pendek yng baru danlisensi jaringgan mengambang yang baru.
3D Studio Max yaitu pilihan utama bagi para pengembang game, sebab 3D Studio Max
dikenal kehandalannya, ekstensibilitasnya, dan tool set yang lengkap untuk memicu real time dan
sinematik dan game sebelum di render.
Sebagai solusi modeling dan animasi generasi kelima, 3D Studio Max, sudah meningkatkan
beranekaragam fungsi untuk lebih jauh mengilhami para animator terbaik dunia.
Softimage
Softimage yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh Avid, sebagai perangkat lunak animasi
karakter yang kualitasnya paling top.
Softimage yaitu produk animasi karakter 3D legendaries untuk filem pasar komersial
garing broatcaset dan pengembangan game.
Softimage dipagai dalam industri game dan interaktif, filem dan broadcaset, evvect,
commercial, broadcaset. Dalam industri game dan interaktif, softimage menyediakan tool seperti
automated, ceharatceter rigging,nondisturctipe animation mixing dan WESYWIG realtime evvect.
Softimage yaitu tool yang dioptimalkan untuk memicu karakter game. Customizable,
pre-builet sekeleton temperate dan game charater rigs memicu softimage menjadi tool yang dapat
diandalkan.
Softimage XSI sebagai mesin game memiliki syarat parameter objek yang khusus dan unik.
Softimage XSI memungkinkan setiap macam data yang dipesan diaplikasikan lebih atau kurang
dimana saja tanpa memerlukan plug-in. pada objek komponen dan kluster diperlakukan sebagai blok
biner atau sebagai tipe parameter. XSI memiliki keandalan dan kecanggihan dalm mengendalikan
pemeliharaan data, termasuk manajemen memory dan perubahan topologi.
Softimage XSI Animation Mixser menjadikan tool anmasi berpusat kepada karakter tingkat
tinggi. Bahkan memiliki kekuatan berkerja pada setiap kurva animasi dan masing-masing secara
individual.
Softimage dibangun dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan .jika anda menemui
masalah dan anda memerlukan pemecahannya, mak softimage membantu anda menyelesiakn
masalah itu atau membantu anda menciptakan solusi yang lebih cepat dan lebih baik.
Dengan softime XSI kretifitas anda menjadi tidak terbatas. Sebagaio sutradar, anda
memerlukan jadwal penyelesaian filem yang tepat waktu dan biaya murah.
Lightwave
Lightwave yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh New Tek, meiputi dua model, yaitu
modeler dan layout, yang menyediakan 3D Atist yang lebih powerfull untuk animasi dan modeling.
Banyak produksi iklan dan film memakai Lightwave untuk memicu beberapa efek visual.
Caustics dalam Lightwave 3D menyediakan fasilitas refleksi dan refleksi cahaya secara cepat
dan akurat.
Digital confution yaitu sebuah filter Depth of Field yang baru yang dicakup dalam
Lightwave yang memberi control depth of field secara tradisional namun juga mencakup berbagai
feature tradisional, meliputi rendering dari geometri yang tersembunyi untuk latar belakang yang
kabur dan bentuk-bentuk selaput pelangi yang cocok untuk berbagai kamera dan rasio dan sudut
rotasi lensa kamera.
High dynamic range image dipakai untuk memicu sebuah gambar tunggal yang
mengandung lebih banyak informasi warna dibandingkan gambar yang dibuat dengan peralatan fotografi
tradisional.
Hypervoxel yaitu terobosan baru teknologi rendering dari New Tek yang mampu
menyederhanakan kresi permukaan 3D secara sangat rinci. Hypervoxel yaitu sebuah pixel 3D
yang dipakai untuk memicu efek volumetric, contoh cairan, api, rokok, debu, abu, agar-agar,
material berkarat, awan, dan sebagainya.
Motion mixer dirancang untuk membawa konsep yang sama yang ditemui dalam editing
video non-linear terhadap animasi computer. Dengan motion mixer, anda dapat menyimpan,
memakai , dan mengatur gerakan hirarki secara keseluruhan. Anda dapat memakai transisi
untuk mencampur dan memadukan gerakan yang berbeda secara bersama.
Sprites Mode dalam hypervoxel memungkinkan anda menyederhanakna potongan 2D dari
hypervoxel yang dapat memberi hasil secra cepat, memberi peluang untuk memicu sketsa
dari penampilan hypervoxel yang sudah dirender.
Lightwave 3D yaitu pembuat model permukaan subdevisi real-time. Dengan
interaktifitas yang lengkap dengan tool, contoh bevel, smooth shift dan lainya, model mejadi
seperti pahatan tanah liat digital.
Radiosity yaitu hamburan atau pantulan cahaya pada permukaan yang tersebar yang
memicu permukaan menjadi sumber cahaya secara tidak langsung.
Perender Lightwave 3D sudah dipertimbangkan sebagai yang terbaik dalm industri 3D.
lightwave 3D sebagai perender data internal computer dalam jumlah besar, yang paling ceoat, dan
paling baik.
Lightwave 3D mencakup teknlogi untuk merender efek rambut dan bulu binatang yang
dibangun dalam paket.
SkayeTacer 2 dibuat untuk memberi parameter dunia nyata untuk memicu efek atmosfir
yang canggih.
Anda dapat memakai Shocekawave 3D tool untuk menjadi professional dalam modeling
dan animasi.
Dalam Lightwave 7, Speradesheet Scene Manager mengorganisasikan dan memungkinkan
anda mengakses dan mengedit bagian objek dalam setiap anggka dari 1-100.
MAYA
Maya yaitu tool untuk memproduksi game, animasi 3D dan efek-efek visual. Maya
Unliminited merupkan perangkat lunak 3D yang dapat bekerja dalam Windowss 98, Windows Me,
windows NT dan Windows 2000. Dengan MAYA, anda memungkinkan untuk mendesain atau
memicu setting ruang 3D, objek, karakter, pencahayaan, bahkan efek lensa dan atmosfir. Hampir
semua objek yang dibuat dianimasikan. Tingkat keindahan dari karya animasi, bergantung
pada kemampuan desainer menyusun stoyboard yang menarik, disamping kemampuan
desainer dalam menerjemahkan imajinasinya.
Maya Unlimited mencakup fasilitas yang dipunyai oleh Maya Complete plus fasislitas Maya
Fur, Maya Fluid Effect, Maya Cloth, dan Maya Live MatchMoving. Maya Fur memudahkan Anda
untuk memicu bulu binatang, rambut, wool dan rumput realistis berbagai permukaaan atau model
polygonal.
Maya Fluid Effects yaitu efek-efek yang mencakup cairan dan gas yang dapat dibuat model,
dianimasikan dan render secara cermat di Maya Unlimited.
Maya Live Matchmoving yaitu feature yang yaitu teknologi matchmoving
canggih yang mengkombinasikan 2D live-action dengan elemen 3D.
Maya yaitu solusi ynag paling popular dipakai sebagai tool untuk feature produksi
film. Tujuan utama perusahaan memakai perangkat lunak modelling, animasi dan efek visual
dalam film yaitu untuk menghasilkan film yang baik tanpa terbunuhnya pemain (actor/aktris)
selama proses produksi.
Dalam bidanh ilmu pengetahuan, pendidikan dan militer yang memerlukan visualitas
fenomena dunia nyata yang sulit untuk dilihat secara cermat, maka Maya membantu Anda untuk
melakukanvisualisasi itu sehingga dapat membawa fenomena itu menjadi hidup. Maya juga di
set-up untuk membaca aliran data secara real-time untuk mengendalikan setiap atribut dalam sistem.
Setiap adegan dalam Maya dapat dianimasikan termasuk efek-efek visual seperti warna dan
transparan.
Maya dikenal atau sinonim dengan perangkat lunak 3D yang dipakai dalam film, video
dan game. Maya Complete menyediakan Web3D untuk animasi dan efek-efek visual dari konsep
awal yang benar sampai gambar akhir dirender. sedang Maya Unlimited untuk tingkat lanjut
yang menekankan pada tool yang inovatif untuk industri. Tersedia pula Web3D Plug-Ins ynang
memungkinkan ekspor ke Shockwave dengan kualitas yang tinggi.
Maya Cq plug-in sekarang sudah tersediaste. Plug-in mengintegrasikan pembuat bayangan
rela-time tingkat lanjut dalalm Maya memakai kemampuan rendering perangkat keras tingkat
lanjut dari NVIDIA Graphics Processing Units. Tersedia pula ArtistPack untuk Maya sebgai tool
produksi real-time yang membantu desainer game 3D dan programmer 3D untu memahami waktu
modelling, bagaimana nilai seni akna dibentuk dalam game bagian akhir.
Perangkat lunak Video dan Audio yang terkenal yaitu :
. Windows Media Player
Windows Media Player yaitu perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto)
buatan Microsoft. Windows Media Player yaitu bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, yaitu Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang untuk
mengalirkan data multimedia digital dengan memakai teknologi multimedia streaming.
biasanya Windows media player sudah terinstal jika komputer kita memakai sistem operasi windows.
Winamp yaitu salah satu perangkat lunak untuk memutar musik dan video hampir sama
dengan windows media player hanya ada sedikit perbedaan dalam operasi playback.
Untuk mendengarkan musik di komputer, kita harus memiliki perangkat lunak (software)
dan perangkat keras (hardware). Perangkat lunaknya yaitu software untuk menjalankan musik
itu. Saat ini sudah banyak software yang bisa menjalankan berbagai format file musik,
salah satunya yaitu WinAmp
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring yaitu aplikasi komputer yang memberi peluang kepada pemakai
untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek
multimedia tanpa harus mengetahui pemakaian dan pemahaman bahasa pemrograman, contoh
Macromedia Authoring, sedang aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman
contoh Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring
berbasis icon dan authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman yaitu authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku
dengan mengorganisasi elemen-elemen dalam halaman atau buku itu. Contoh dari
aplikasi ini yaitu HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon memakai konsep flowchart untuk memicu aliran elemen elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus
menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya yaitu Microsoft
Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu yaitu pengembangan paket multimedia sebagai
pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut lalu
ditampilkan kembali kepada pemakai . Contoh aplikasi yang memakai cara ini yaitu
Macromedia Director.
Authoring DVD yaitu aplikasi yang dipakai untuk menampilkan menu interaktif movie,
contohnya yaitu Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
6. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk untuk mendesain web antara lain yaitu Adobe Flash yang dipakai untuk memicu animasi grafis pada web, Adobe Dreamweaver untuk mendesain, Just Button untuk memicu tombol-tombol, CofeeCup untuk memicu halaman web, AllWeb Menus berfungsi untuk memicu sebuah menu pada halaman web, JAlbum yaitu program generator photo untuk halaman web. dan Microsoft Front Page. Selain itu ada juga sofware web yang
sederhana (blog) seperti wordpress, web page maker, dan tendyflash. Software ini kita hanya
memasukkan artikel yang akan menjadi isi.
Contoh gambar tampilan Adobe Dreamweaver:
Dari segi pemakaian nya perangkat lunak aplikasi dibagi ke dalam beberapa bagian, yaitu:.
-Perangkat Lunak Bisnis
Pemrosesan informasi bisnis yaitu area aplikasi perangkat lunak yang paling luas.
Siste diskrit sudah mengembangkan perangkat lunak sistem informasi management(MIS) yang
mengakses satu atau lebih database besar yang berisi informasi bisnis. Aplikasi dalam area ini
menyusun kembali struktur data yang ada dengan cara tertentu untuk memperlancar
operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen. Aplikasi perangkat lunak bisnis
meliputi penghitungan klien/sever dan penghitungan interaktif.
- Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan memiliki jangkauan aplikasi mulai dari
astronomi sampai vulkonologi, analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang
angkasa, dan dari biologi molekuler sampai pabrik yang sudah di otomatisasi.
-Perangkat Lunak Personal Computer
Perangkat lunak yang dipakai untuk pengolah kata, spreadsheet, gradik komputer, multimedia, hiburan, manajemen database, aplikasi keuangan dan bisnis personal,
-Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan
Perangkat lunak sistem kecerdasan buatan memakai algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan analisis secara langsung.
Ukuran kualitas perangkat lunak dilihat dari atribut antara lain :Maintainability, yaitu tingkat kemudahan perangkat lunak itu dalam mengakomodasi
perubahan-perubahan. Dependability, ketidakbergantungan perangkat lunak dengan elemen-elemen sistem lainnya atau sistem secara keseluruhan. Artinya kegagalan elemen lain tidak mempengaruhi performansi perangkat lunak.
Efficiency , menyangkut waktu eksekusi.
Usability, yaitu atribut yang menunjukkan tingkat kemudahan pengoperasian perangkat lunak.
Pengukuran kualitas perangkat lunak, yaitu apa yang sebetulnya mau kita ukur. Kualitas perangkat lunak dapat dilihat dari sudut pandang proses pengembangan perangkat lunak (process) dan
hasil produk yang dihasilkan (product). Dan penilaian ini tentu berorientasi akhir ke bagaimana
perangkat lunak dapat dikembangkan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemakai . Hal ini berangkat
dari pengertian kualitas (quality) menurut IEEE Standard Glossary of Software Engineering Technology yang dikatakan sebagai: The degree to which a sistem, component, or process meets customer or pemakai needs or expectation (derajat dimana sebuah sistem komponen atau proses bertemu customer atau kebutuhan pemakai atau permintaan) Dari sudut pandang produk, pengukuran kualitas perangkat lunak dapat memakai
standard dari ISO 9126 atau best practice yang dikembangkan para praktisi dan pengembang
perangkat lunak. Taksonomi McCall yaitu best practice yang cukup terkenal dan diterima banyak
pihak, ditulis oleh J.A. McCall dalam technical report yang dipublikasikan tahun 1977.