April 04, 2022
Home »
komputer 2
» komputer 2
komputer 2
April 04, 2022
komputer 2
halaman 2
tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.Berbeda dengan komputer destop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung
yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop yaitu ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan khusus asi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer
jinjing pun semakin mendekati destop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
UniverUniversal Serial Bus (USB) yaitu standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga dipakai di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA.
Sistem USB memiliki desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan memakai peralatan hub yang khusus.Desain USB untuk menghilangkan penambahan expansion card ke
ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan mainkan) dengan memperbolehkan komponen ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. saat USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini sudah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera
digital.Tablet PC yaitu laptop - atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pemakai komputer memakai stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer ,pemakai bisa memasukkan teks memakai program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (jika ada).
Banyak Tablet PC memakai digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.Tablet PC memakai layar LCD sentuh, dapat dipakai untuk menulis dengan tangan memakai sejenis pulpen khusus yang dinamakan stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas (lihat gambar 2 kiri). Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.
internet (kependekan 'interconnected-networking')
ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan memakai TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini
dinamakan internetworking.Pada awalnya Internet yaitu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi
dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk
jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar
yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Tujuan awal dibangunnya proyek itu yaitu untuk keperluan militer. Pada saat itu
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) memicu sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di area vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang jika terjadi perang dapat mudah dihancurkan.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka
membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama lalu proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara itu ingin bergabung, sehingga memicu ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
lalu disederhanakan menjadi Internet.
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan khusus asi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasar perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet
Architecture Board - IAB). Protokol-protokol internet yang sering dipakai yaitu seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, SSL. Beberapa layanan populer di internet yang memakai protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide
Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua
ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap dipakai , dan lebih banyak servis yang dibangun berdasar nya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pemakai atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasar sistem Tertutup(?)(Proprietary System), yaitu seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Jumlah pemakai Internet yang besar dan semakin berkembang, sudah mewujudkan budaya internet. Internet juga memiliki pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan
dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pemakai di seluruh dunia memiliki akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan informasi dan data secara ekstrim.
pertumbuhan Internet juga sudah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e government. Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% dibandingkan
penduduknya memiliki akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. ada dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di negara kita , seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendahlainnya sekita r 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet aksss seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet yaitu di kampus dan dikantor.
Disamping memakai PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) memakai Fasilitas yang dinamakan GPRS (General Packet Radio Service). GPRS yaitu salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas itu. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Simpati, Indosat, XL, 3) yang dipakai . Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
1957
Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara itu. Salah satu sasarannya yaitu teknologi komputer.
1962
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer itu mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun
ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.Awal 1960-anTeori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat
dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
1965 Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
1968 Jaringan Tymnet dibuat.
1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
1972
Sebuah kelompok kerja yang dinamakan dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga memicu standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya yaitu Internet.
Pembicara pertama dari organisasi ini yaitu Vint Cerf, yang lalu dinamakan sebagai "Bapak Internet"
1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial up.
1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan khusus asi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
1974
Bolt, Beranet & Newman (BBN), perusahaan kontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang yaitu layanan paket data publik pertama.
1977 Sudah ada 111 buah komputer yang sudah terhubung ke ARPANET.
1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
1979
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. sesudah itu, pemakaian Usenet pun meningkat secara drastis. Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup kita .Tahun ini tercatat ARPANET sudah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation
(NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan itu tanpa harus mengakses ARPANET.
1982
Istilah "Internet" pertama kali dipakai , dan TCP/IP diadopsi sebagai protokoluniversal untuk jaringan itu.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pemakai agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host ituTahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
internet populer di kalangan awam, yaitu sejak munculnya http sebagai landasan website,
masyarakat baru sekedar memakai internet untuk mencari berita atau komunikasi melalui e-mail. Namun segera sesudah itu, komunitas maya yang terdiri dari pemakai awam juga mulai
terbentuk. Komunitas maya bisa berupa mailing list, newsgroup, makcomblang, bulletin board.
Milis (kependekan dari istilah bahasa Inggris: mailing list) yaitu sarana untuk berkelompok memakai surel (e-mail). Saat ini, banyak situs besar yang menyediakan layanan milis secara gratis, contoh Yahoo! Groups dan Google Groups.Banyak pula situs yang mengkhususkan di bidang tertentu yang menarik banyak pemakai . Contoh: IMDB: situs yang mengkhususkan informasi menyeluruh tentang semua film yang pernah dibuat (saat ini baru film-film Amerika yang memiliki informasi lengkap, namun beberapa film negara kita juga sudah mulai dimasukkan) eBay: situs yang mengkhususkan lelang dan jual beli produk-produk apapun
Engadget:situs yang mengkhususkan informasi mengenai produk teknologi yang terbaru
Cute Overload:situs yang mengkhususkan gambar-gambar binatang lucu dari seluruh dunia
Pengirim pesan instan (biasanya dinamakan dengan IM atau Instant Messenger) yaitu perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih memakai teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, contoh Internet. sesudah pemakaian e-mail yang mengubah cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk
mengirim surat, teknologi pengiriman pesan singkat (instant messaging) diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang kadang kurang cepat dan tidak real-time.Pengiriman pesan instan memiliki beberapa fitur, di antaranya: Instant messages: mengirim pesan kepada orang yang sedang daring secara waktu nyata. Chat: Menciptakan chat room atau ruang diskusi dengan beberapa orang.
Web links: Berbagi pranala mengenai situs web favorit. Video: Berbagi video. Images: Berbagi gambar. Files: Berbagi berkas komputer. Talk: Berfungsi seperti layaknya telepon.Mobile capabilities: mengirim pesan instan melalui telepon genggam.
pertumbuhan pengirim pesan instan berbasis GUI diawali saat mulai maraknya orang memakai teknologi secara daring pada awal tahun 1990 saat banyak orang mulai meluangkan waktu untuk mengakses Internet. E-mail yaitu pertumbuhan komunikasi internet yang berkembang pesat pada saat itu, namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan, e-mail dirasakan kurang cepat dalam mengirim pesan dan tidak dapat diketahui apakah
orang yang dikirimi pesan melalui e-mail juga sedang daring dan membalas pesan secara cepat. Kebutuhan itu mendorong para pengembang perangkat lunak menciptakan sebuah program chat room, di mana grup atau perorangan dapat melihat dan mengirim
pesan kepada sertiap orang yang ada pada room itu. Aplikasi ini dimulai saat penyedia jasa daring Quantum Link (lebih dikenal dengan nama American Online) menawarkan fitur untuk dapat saling berkirim pesan dengan sesama pemakai komputer yang sedang daring. Penerapan pengiriman pesan instan ini memiliki dasar yang tidak jauh berbeda, yaitu sebuah chat roomyang ditujukan untuk dua orang.
Seiring dengan pertumbuhan nya, pengiriman pesan instan ini mulai meledak di Internet pada November 1996 saat Mirabilis mengenalkan ICQ yang yaitu sebuah program pengirim pesan instan gratis, dan diikuti oleh AOL Instant Messenger (AIM) pada tahun 1997. AOL lalu mengakuisisi Mirabilis. pemakaian pengirim pesan instan lalu berkembang dari hanya bisa diakses melalui komputer menjadi dapat diakses juga melalui telepon genggam sehingga memungkinkan para pemakainya mengakses layanan ini kapan saja dan di mana saja.
Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) yaitu kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang dipakai untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada khusus asi IEEE 802.11. Standar terbaru dari khusus asi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, khusus asi terbaru itu menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh
hingga kecepatan transfernya. Awalnya Wi-Fi untuk pemakaian perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak dipakai untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan
seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant
(PDA) untuk terhubung dengan internet dengan memakai titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Satelit yaitu benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Sisa artikel ini akan berkisar tentang satelit buatan. Berikut beberapa jenis satelit yang dipakai di Dunia:
Satelit astronomi yaitu satelit yang dipakai untuk mengamati planet, galaksi, dan objek angkasa lainnya yang jauh.Satelit komunikasi yaitu satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi memakai radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan satelit komunikasi memakai orbit geosinkron atau orbit geostasioner, walaupun beberapa tipe terbaru memakai satelit pengorbit Bumi rendah.Satelit pengamat Bumi yaitu satelit yang dirancang khusus untuk mengamati Bumi dari orbit, seperti satelit reconnaissance namun ditujukan untuk pemakaian non-militer seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, Satelit navigasi yaitu satelit yang memakai sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer yaitu GPS milik Amerika Serikat selain itu ada juga Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara satelit dan penerima di tanah
tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi di tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. Satelit mata-mata yaitu satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang dipakai untuk tujuan militer atau mata-mata.
Satelit tenaga surya yaitu satelit yang diusulkan dibuat di orbit Bumi tinggi yang memakai transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga suryakepada antena sangat besar di Bumi yang dpaat dipakai untuk menggantikan sumber tenaga konvensional.Stasiun angkasa yaitu struktur buatan kita yang dirancang sebagai tempat tinggal
kita di luar angkasa. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat angkasa lainnya oleh ketiadaan propulsi pesawat angkasa utama atau fasilitas pendaratan; Dan kendaraan lain dipakai sebagai transportasi dari dan ke stasiun. Stasiun angkasa
dirancang untuk hidup jangka-menengah di orbit, untuk periode mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan, Satelit cuaca yaitu satelit yang diguanakan untuk mengamati cuaca dan iklim Bumi.
Satelit miniatur yaitu satelit yang ringan dan kecil. golongan baru dibuat untuk menggolongkan satelit-satelit ini: satelit mini (500–200 kg), satelit mikro (di bawah 200 kg), satelit nano (di bawah 10 kg)
Banyak satelit dikategorikan atas ketinggian orbitnya, walaupun sebuah satelit bisa mengorbit dengan ketinggian berapa pun.
Orbit Rendah (Low Earth Orbit, LEO): 300 - 1500km di atas permukaan bumi.
Orbit Menengah (Medium Earth Orbit, MEO): 1500 - 36000 km.
Orbit Geosinkron (Geosynchronous Orbit, GSO): sekita r 36000 km di atas permukaan Bumi.
Orbit Geostasioner (Geostationary Orbit, GEO): 35790 km di atas permukaan Bumi.
Orbit Tinggi (High Earth Orbit, HEO): di atas 36000 km.Orbit berikut yaitu orbit khusus yang juga dipakai untuk menggolongkan satelit:
Orbit Molniya, orbit satelit dengan perioda orbit 12 jam dan inklinasi sekita r 63°.
Orbit Sunsynchronous, orbit satelit dengan inklinasi dan tinggi tertentu yang selalu melintas ekuator pada jam lokal yang sama.
Orbit Polar, orbit satelit yang melintasi kutub.
Televisi satelit yaitu televisi yang dipancarkan dengan cara yang mirip seperti komunikasi satelit, dan bisa disamakan dengan televisi lokal dan televisi kabel. Di banyak tempat di bumi ini, layanan televisi satelit menambah sinyal lokal yang kuno, menghasilkan jangkauan saluran dan layanan yang lebih luas, termasuk untuk layanan berbayar.Sinyal televisi satelit pertama disiarkan dari benua Eropa ke satelit Telstar di atas Amerika Utara pada tahun 1962. Satelit komunikasi geosynchronous pertama, Syncom 2 diluncurkan pada tahun 1963. Komunikasi satelit komersial pertama di dunia, dinamakan Intelsat I (dinamakan juga Early Bird), diluncurkan ke orbit pada tanggal 6 April 1965. Satelit jaringan televisi nasional pertama, Orbita, dibuat di Uni Soviet pada tahun 1967. Satelit domestik Amerika Utara pertama
yang memuat siaran televisi yaitu geostasiun Anik 1 milik Kanada, yang diluncurkan pada tahun 1872.
Sebuah radio satelit atau radio langganan yaitu sebuah radio digital yang menerima sinyal yang disiarkan oleh satelit komunikasi, yang mencakup area geografis yang lebih luas dari sinyal radio biasa.
Radio satelit berfungsi di tempat di mana ada garis pandang antara antena dengan satelit, dengan syarat tak ada rintangan besar, seperti terowongan atau gedung. Pendengar radio ini dapat mengikuti saluran tunggal tanpa melihat lokasi jangkauan.sebab teknologi ini memerlukan akses ke satelit komersial untuk penyebaran sinyal, jasa radio satelit yaitu sebuah bisnis komersial, yang menawarkan sebuah paket saluran sebagai bagian dari jasa mereka -- memerlukan sebuah langganan dari pemakai k akhir untuk mengakses saluran.Sekarang ini, penyedia radio satelit utama yaitu WorldSpace (Intl.), XM Radio & Sirius(A.S.). sebab sinyalnya memiliki hak cipta dan tidak-cocok satu sama lain, maka memerlukan
perlatan khusu untuk dekoding dan pemutaran. Mereka menawarkan saluran berita, cuaca, olah
raga, dan musik.3 karakteristk utama teknologi komunikasi yaitu ; Interaktivity, De-massified, dan Asynchronous.
A. Interactivity (Kemampuan untuk saling menyampaikan informasi)Dengan pertumbuhan teknologi baru tentunya proses penyampaian informasi dapat berlangsung semakin mudah dan cepat. sebab seiring dengan munculnya berbagai macam media komunikasi seseorang dapat dengan mudah mengakses berbagai macam informasi dari,
kapan, dan dimana saja sesuai dengan yang kita inginkan. Pada dasarnya komunikasi menuntut
adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan
berlangsung dengan baik, jika pihak-pihak yang terlibat berkomunikasi. Jadi adanya teknologi
komunikasi yang sifatnya interactivity sangat berperan dalam penyampaian informasi. contoh
seseorang ingin memperoleh informasi dari narasumber, jika sebelumnya seseorang harus
secara langsung menemui narasumber itu maka hal ini tidak perlu lagi, sebab dengan teknologi komunikasi baru yaitu telepon dan internet seseorang dapat secara cepat mengakses informasi tanpa harus menemui narasumber itu.
De-Massified (Penyampaian pesan tidak dapat dilakukan secara masal)Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang maksudnya bahwa para pedan atau pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus
hadir pada waktu dan tempat yang sama. Namun dalam pemakaian teknologi baru sebagai media komunikasi membatasi penyampaian pesan, hal ini sebab komunikasi hanya dapat berlangsung jika sesorang memiliki dan dapat memakai media teknologi komunikasi baru itu.
Asynchronous (kemampuan untuk mempertahankan pesan) Dengan adanya teknologi komunikasi baru contoh dalam komputer atau dalam sebuah
situs website baik yang dikelola instansi atau pun pribadi, informasi atau pesan yang disajikan dapat tersimpan dalam jangka yang panjang dan jika sewaktu-waktu ada perubahan dapat secara cepat direvisi dan segara diinformasikan lagi kepada para penerima dan pemakai informasi itu
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yaitu semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi Tercakup dalam definisi itu yaitu semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun (tele)komunikasi. Istilah TIK atau ICT (Information and Communication Technology), atau yang di kalangan negara Asia berbahasa Inggris dinamakan sebagai Infocom, muncul sesudah berpadunya teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya) dan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada paruh kedua abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi itu berkembang sangat pesat, jauh melampaui bidang-bidang teknologi lainnya. Bahkan sampai awal abad ke-21 ini, dipercaya bahwa bidang TIK masih akan terus pesat berkembang dan belum terlihat titik jenuhnya sampai beberapa dekade
mendatang. Pada tingkat global, pertumbuhan TIK sudah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan
kita . Intrusi TIK ke dalam bidang-bidang teknologi lain sudah sedemikian jauh sehingga tidak
ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK.
Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi dipakai untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal dipakai untuk reproduksi. Seiring dengan evolusi kehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang dipakai dalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawin pada ikan Pada binatang, selain untuk seks, komunikasijuga dilakukan untuk menunjukkan keunggulan, biasanya dengan sikap menyerang. Munurut sejarah evolusi sekita r 250 juta tahun yang lalu munculnya "otak reptil" menjadi penting sebab otak memungkinkan reaksi-reaksi fisiologis terhadap
peristiwa di dunia luar yang kita kenal sebagai emosi. Pada kita modern, otak reptil ini masih ada pada sistem limbik otak kita , dan hanya dilapisi oleh otak lain "tingkat tinggi". kita berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi kita termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan.Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami
oleh pihak lain. namun , komunikasi hanya akan efektif jika pesan yang disampaikan dapat
ditafsirkan sama oleh penerima pesan itu.
Bila dilacak ke belakang, ada beberapa tonggak pertumbuhan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap eksistensi TIK saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini lalu ditindaklanjuti dengan penggelaran jaringan komunikasi dengan kabel yang melilit seluruh daratan Amerika, bahkan lalu diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Inilah infrastruktur masif pertama yang dibangun kita untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terealisasi transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama (Lallana, 2003:5). Komunikasi suara tanpa kabel segera berkembang pesat, dan lalu bahkan diikuti pula oleh transmisi audio-visual
tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943, yang lalu diikuti oleh tahapan miniaturisai komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. pertumbuhan teknologi elektronika, yang yaitu soko guru TIK saat ini, memperoleh momen emasnya pada era perang dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (eks Uni Sovyet) justru memacu pertumbuhan teknologi elektronika lewat usaha miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer, dan terus berevolusi sampai saat ini.
Di lain pihak, perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat mulai menerapkanya teknologi digital menggantikan teknologi analog yang mulai menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi lalu berkonvergensi dengan komputer yang dari awal yaitu perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi inilah kandungan isi (content) berupa multimedia, memperoleh tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasi-multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‗otot‘ kita maka revolusi digital (sebab konvergensi telekomunikasi-komputasi-multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau meningkatkan kemampuan) ‗otak‘ kita .
negara kita pernah memakai istilah telematika (telematics) untuk maksud yang sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mengartikan telematics sebagai
telecommunication+informatics (telekomunikasi+informatika) walaupun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan penyebaran nya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan kita , termasuk bidang pendidikan. Ide untuk memakai mesin-belajar, memicu simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan, sangat menarik minat praktisi
pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu
dan tempat, juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon
berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library dan sebagainya. Awalan
e- bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.
Selama 25 tahun sudah menerbitkan 3.500 panduan penelitian dari difusi dan inovasi sehingga menimbulkan ide baru. Penelitian difusi dipimpin oleh para sarjana seperti bidang antropologi,
komunikasi, pendidikan, geografi, marketing, dan sosiologi pedesaan, sosiologi, dan lain-lain. walaupun
penelitian yang multidisipiner ini dilaksanakan pada berbagai ilmu pasif (seperti produk konsumen baru,
tehnik pertanian dan obat medis yang baru) seperti yang mereka sebarluaskan ditengah-tengah audien
yang beragam, studi difusi semuanya dibangun oleh sebuah teori umum. Teori difusi yang dapat
dipakai secara luas menjelaskan, mengapa banyak penelitian difusi sering dilakukan (M.c Anany,
1984). Disini kita meringkas unsur pokok dalam kerangka ini, dan mendiskusikan penerapannya pada
teknologi komunikasi yang baru. Unsur pokok dalam difusi yang baru yaitu: Sebuah inovasi, hal itu dikomunikasikan melalui chanal tertentu, . Kerja Lembur diantara anggota sistem masyarakat. Inovasi yaitu sebuah ide, latihan atau objek yang dirasakan sebagai yang baru atau unit lain yang diadofsi.
Karakterisitik dari sebuah inovasi seperti yang dirasakan oleh sistem masyarakat, menentukan nilai yang di adofsinya. Ciri-ciri inovasi ada lima yaitu: menguntungkan kesesuaian . Kerumitan tahan uji dapat diobservasi. Sebuah chanal komunikasi yaitu arti dimana pesan diterima dari seseorang terhadap orang lain. Chanel media masa yaitu bentuk efektif dalam menciptakan pengetahuan dari inovasi. Dimana chanal interpersonal lebih efektif dalam membentuk, dan mengubah, sikap terhadap ide yang baru, dan secara langsung mempengaruhi keputusan untuk mengambil atau menolak ide baru. Sebagian individu menilai sebuah inovasi yang mereka ambil, tidak berdasar penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli namun melalui penilian subjektif dari teman dekat yang sudah mengambil inovasi yang sudah mengambil inovasi sebelumnya. ATM (mesin kasir otomatis) yaitu penghilangan yang yaitu alat bantu elektronik otomatis yang dapat dipakai untuk mengeluarkan uang seperti transaksi keuangan rutin deposito atau transper diantaranya pengecekan dan penyimpanan rekening, lalu penempatan khusus
kartu bank (banking card). ATM-ATM itu menggambarkan jenis pada komunikasi quasi Interaktif, bahwa interaksi pemakai dengan program komputerisasi kasir bank yaitu responnya sangat terbatas.Kemungkinan kemudahan penyebarluasan pemakaian ATM menggambarkan persepsi publik
terhadap komputer seperti tergantikannya pelayanan yang dilakukan oleh kita . Fungsi sosio emosional pada interaksi dengan manajer bank bis dikatakan sangat penting terhadap fungsi transaksi keuangan.
E-Mail yaitu usaha penelitian dan pengembangan divisi dan seterusnya organisasi penyebarannya sangat cepat. Khusus pemakai pengirim kira-kira dapat mengirim dua pesan setiap hari dan penerima memperoleh jumlah yang sama kira-kira pada 20 menit setiap sehari biasanya beberapa orang pemakai sangat ramai, jika pesan itu hilang kira-kira pada dua pesan setiap hari akan drop berkurang satu pesan.
E-yaitu personil bebas untuk kemungkinan setiap pemakai dan polis ini tidak diragukan lagi
dan diharapkan pemakai semakin meningkat. percobaan dimana usaha manajemen untuk
non-tes-relasi komunikasi faktanya pengaruh nya sangat besar terhadap sosio-emosional pemakai .
dan waktu pengembangan yang lama. Teknologi terrestrial seperti wirelines sudah menunjukkan kinerja yang sangat bagus dalam mengakomodasikan pelayanan umum. Sejak tahun 1990, teknologi satelit dipandang sebagai salah satu teknologi yang sesuai untuk menyediakan solusi yang memadai di beberapa negara. Pada masa yang lalu, aplikasi-aplikasi satelit kebanyakan dipakai untuk komunikasi jarak jauh (trunk to trunk) dan sejak tahun 1990 sistem-sistem aplikasi satelit sudah mampu diperbaiki secara dramatik disebabkan oleh kemajuan dalam teknologi satelit, dan pada akhirnya sudah mengubah situasi bisnis satelit. Semua perubahan itu terjadi sebab didorong oleh meningkatnya permintaan para konsumen untuk hidup dengan kualitas yang lebih baik dan lebih praktis. Berbagai aplikasi satelit jenis baru sudah tersedia di pasaran seperti : Satellite Mobile Communication, aplikasi multi media, aplikasi
transaksi, dan berbagai aplikasi khusus (penginderaan jarak jauh, meteorologi, GPS,
kedaruratan/emergency). Saat ini teknologi satelit komunikasi menyediakan kapasitas yang sangat besar baik untuk percakapan telepon maupun untuk transmisi video. Stasiun bumi (ground station) sudah berkurang dalam hal ukuran maupun harga bahkan sudah memungkinkan untuk ditempatkan di tempat
pelanggan. menyediakan pelayanan dalam
cakupan skala regional maupun skala global. Pada dasawarsa yang lalu, ukuran stasiun bumi masih
berupa antena besar dengan diameter 10-20 meter, namun saat ini ukurannya hanya sebesar telepon
genggam. Sebaliknya ukuran dan berat satelit menjadi jauh lebih besar dan sangat canggih. Sebagai
gambaran, pada dasawarsa 1970-an, satelit dengan 12 transponder memiliki berat sekita r 200 kg,
namun sekarang berat satelit bisa mencapai lebih dari 2 ton dengan muatan 10 kW. Kemajuan teknologi
dalam bidang elektronik dan teknologi pesawat peluncur satelit memungkinkan kemajuan yang pesat
dalam teknologi satelit.Komunikasi satelit akan memainkan peranan yang sangat penting dalam infrastruktur informasi global dalam menyediakan pelayanan global, personal, dan mobile, melalui akses langsung atau bergabung dengan sistem komunikasi terrestrial melalui apa yang dinamakan sebagai gateways. Dengan kemajuan teknologi pemroses digital berkecepatan tinggi untuk video memakai teknologi kompresi video digital (digital video compression), transmisi radio menghadapi perubahan dalam berbagai aspek industri penyiaran (broadcasting). industri komunikasi global cenderung untuk mencari berbagai kesempatan bisnis komunikasi satelit guna menyediakan cakupan telekomunikasi penuh skala global. Diantara proyek-proyek yang sekarang sedang berjalan antara lain: Iridium, Teledesic, Globalstar, Odyssey, ICO. Sedang proyek-proyek yang berskala regional antara lain seperti : ACeS dan AMPT. Kesempatan kesempatan lain dalam bisnis satelit yaitu menyediakan penyebaran video skala global secara penuh, komunikasi-komunikasi data berkecepatan tinggi, dan Internet berkecepatan tinggi. Pasar penyebaran video atau satelit penyiaran langsung (DBS, direct broadcasting satellite) tumbuh
dengan sangat pesat. Di Amerika pelanggan sistem DBS akan meningkat dari 2 juta sampai sekita r 4
juta. Trend dan pertumbuhan pasar DBS di Amerika secara otomatis akan mempengaruhi pasar global.
Sebaliknya pemakaian Internet sudah tumbuh secara dramatis hanya dalam waktu 2 tahun terakhir ini.
Keterbatasan lebar pita (bandwidth) masih yaitu masalah utama. penundaan dan gangguan yang sering memicu frustasi yaitu masalah umum yang sering timbul, dan pemanfaatan satelit diharapkan dapat membantu mengatasi hal itu. Teknologi satelit saat ini menjadi sangat menarik bagi para pelaku bisnis telekomunikasi baik yang berskala global maupun yang berskala regional. Dalam teknologi satelit, semakin tinggi kemampuan yang dimiliki, semakin rendah biaya yang dikeluarkan, dan meningkatnya permintaan permintaan pelanggan sudah menciptakan berbagai kesempatan baru yang luar biasa. Pada akhirnya celah orbit (orbital slot) dan pita-pita frekuensi pada GEO, MEO, maupun LEO menjadi aset yang sangat berharga. Koordinasi frekuensi antara para operator menjadi sangat sulit dilakukan dan hal ini akan menjadi ancaman yang membahayakan bagi bisnis satelit itu sendiri.
Ukuran stasiun bumi saat ini semakin kecil tergantung pada frekuensi yang dipakai . Pada tahun 1975, ukuran antena berdiameter antara 10 - 13 meter atau bahkan lebih, namun saat ini ukurannya hanya berdiameter 60 cm atau bahkan kurang. Pada dasarnya kecenderungan pasar satelit sekarang yaitu untuk menyediakan pelayanan telekomunikasi langsung ke pelanggan. Para pelanggan dapat menikmati pelayanan percakapan telepon, faksimil ataupun komunikasi data sambil dalam waktu yang bersamaan juga menikmati siaran TV. sebab keunggulan yang dimiliki sistem satelit FSS seperti contoh : tidak tergantung pada jarak dan
dapat menyediakan layanan untuk semua cakupan wilayah, sehingga sangat menarik bagi negara negara dengan luas wilayah yang besar, berpulau-pulau dan tingkat kepadatan penduduknya rendah.
Kemajuan-kemajuan teknologi multimedia sudah meningkatkan permintaan-permintaan berbagai pelayanan multimedia interaktif jenis baru. Beberapa pelayanan multimedia itu antara lain seperti : Image viewers, full motion video players, Audio players, high quality document readers. Dalam beberapa kasus, jenis-jenis pelayanan multimedia harus dipilih disesuaikan dengan keterbatasan lebar pita dan permintaan pasar. Permintaan-permintaan pelayanan multimedia tumbuh dengan pesat, namun dalam
beberapa kasus ada kalanya sangat sulit untuk memenuhi permintaan itu sebab kesulitan
yang dihadapi dalam menyediakan infrastruktur multimedia. Pengembangan infrastruktur
multimedia memerlukan biaya investasi sangat besar dan waktu yang lama. Di negara-negara maju, pengembangan infrastruktur multimedia tidak akan menghadapi berbagai masalah sebab mereka biasanya sudah memiliki infrastruktur-infrastruktur jaringan telekomunikasi yang sudah mapan. Mereka bisa dengan mudah meningkatkan kemampuan jaringan dengan berbagai cara. Sebaliknya kebanyakan negara-negara berkembang masih menitik beratkan pada pengembangan infrastruktur telekomunikasi. Mereka tidak memiliki dana yang mencukupi untuk diinvestasikan pada jaringan
multimedia seperti itu. Sistem satelit multimedia dapat menjadi solusi untuk mengatasi pemakaian
biaya investasi yang luar biasa besar, dan masalah kelangkaan pendanaan dan lamanya waktu
yang diperlukan untuk proyek itu sehingga baik negara maju maupun negara berkembang
dapat menyediakan pelayanan multimedia Televisi sudah menjadi bagian yang sangat penting pada kehidupan modern. Secara tradisional, pelayanan penyiaran TV memakai transmisi terrestrial dan sistem analog langsung ke rumah-rumah. Guna meningkatkan nilai tambah penyiaran TV, beberapa negara memiliki CATV atau Pay TV (televisi berlangganan) untuk menyalurkan program TV memakai jaringan kabel fiber optik langsung ke
pelanggan. Dewasa ini ada kecenderungan bahwa para pelaku bisnis penyiaran TV skala global ingin
menyalurkan program TV ke seluruh penjuru dunia dalam jangka waktu implementasi yang singkat. Itulah kenapa mereka memakai teknologi Direct To Home (DTH) sebagai infrastruktur TV Link untuk mengirim beratus-ratus program langsung ke rumah rumah melalui jaringan satelit. Ditinjau dari sisi pelanggan, DTH memiliki beberapa keuntungan, di antaranya : para pelanggan dapat memilih berbagai macam program, berbagai layanan dapat dilayani di manapun dan kapanpun selama masih pada sistem satelit yang sama. pelayanan yang ditawarkan oleh para provider meliputi : program TV gratis (program lokal, regional, maupun internasional bedan iklan-iklannya), TV pendidikan, Pay TV dan Video on
Demand (VOD) atau Pay Per View. Pengiriman program dalam sistem DTH memakai teknologi kompresi video digital, contoh berbasis program MPEG-II/III dengan kecepatan data bervariasi dari 1,5 sampai 6 Mbps per channel. Pada sisi penerimaan, para pelanggan dilengkapi dengan antena parabola kecil (berdiameter 60 - 180 cm), boks antarmuka (receiver dan decoder) ke pesawat penerima TV, dan
kartu pintar (smart card) yang berkemampuan untuk mengakses sistem. Beberapa perusahaan global dan sejumlah negara sekarang sudah menerapkan
sistem ini, di antaranya : DirectTV from Japan, Thaicom, Koreasat, Multimedia Asia negara kita ,
Measat Malaysia dan beberapa provider di Amerika dan di negara-negara a untuk memenuhi
permintaan pasar. Karakteristik Komputer dari Setiap Generasi
1. Generasi Awal Tahun 1980-An
- Hanya bisa menangani teks dan grafik
- Data hanya diketik terbatas huruf-huruf yang ada pada keyboard- Hasil data yang ditampilkan pada layar dan printer terbatas- Layer hanya bisa menampilkan dua warna (hitam dan hijau) ataupun ada yang empat warna- Komputer generasi ini tidak dapat menanpilkan gambar dengan warna yang baik
- Cara satu-satunya untuk menanganinya yaitu menbuat garis-garis dan kotak-kotak dan
memasukkan karakter teks yang dimaksud dalam kotak dan garis-garis itu
2. Generasi Akhir Tahun 1980-An
- Komputer ini bisa menampung banyak hal pada layarnya- Dapat menampilkan 16 warna yang berbeda dalam satu waktu- Tidak hanya menampilkan teks dan grafik, namun juga gambar sebuah subjek yang sudah secara hati-hati dipilih dengan warna yang terbatas, atau dikenal dengan VGA - Tampilan pilihan memungkinkan pemakai untuk mengubahnya menjadi super VGA (S VGA) yang dapat menampilkan 256 warna berbeda dalam satu waktu walaupun
ukurannya luas.- pemakai dapat menambahkan kapasitas audio digital pada komputernya (komputer
dapat merekam dan memainkan suara, siswa bicara lewat mikrofond)
3. Generasi Pertengahan Tahun 1990
Pada pertengahan tahun 1990-an banyak komputrer didisplay sampai 256 warna dan juga memilki audio digital cavabilyti, CD-ROM, drives, video kamera, video kaset rekorder (VCR)
4. Generasi Berikutnya
Seiring dengan pertumbuhan jaman dari generasi kegenerasi berikutnya multimedia komputer hardware semakin berkembang dan memiliki processor yang semakin fastermengenai dari referensi lain :
Pada tahun 1931 Vannevar Bush memicu sebuah kalkulator besar untuk menyelesaikan persamaan differensial yang kompleks dan rumit Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba memicu komputer elektrik yang menerapkan aljabar
Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boolen (1815-
1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematika dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry memicu komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti sebab kehilangan sumber pendanaan.
a. Komputer Generasi Pertama
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, yaitu ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacuum-tube) dipakai sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti:
mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC. Pada komputer itu ada 17486 tabung hampa udara, 7200 dioda kristal, 1500 pemancar,
70000 resister, 100000 kapasitor, 5 juta sambungan solder tangan. Begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan ruangan kelas tersendiri yakni seluas 167 M2. Komputer ENIAC, yang yaitu komputer elektronik pertama di dunia yang memiliki bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2,4 M dan lebar 0,9 M dan mengkonsumsi energi
sebesar 160 KW (160000 Watt).
b. Komputer Generasi Kedua
Transistor yaitu ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emitter". Transistor yaitu singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan
demikian, fungsi transistor yaitu sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, transistor
memiliki banyak keunggulan seperti contoh : tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan maka komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah. Beberapa contoh komputer generasi kedua yaitu : IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV
dan Honeywell Model 800. Pada tahun 1957MARK IV yang yaitu komputer pertama yang diproduksi di- Jepang. Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan dipakai secara
luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat yaitu salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
c. Komputer Generasi Ketiga
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yang memiliki ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang dinamakan sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang yaitu ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh komputer generasi ini yaitu : Apple
Computer dan TRS Model 80 dan IBM S/360.
d. Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang yaitu pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Istilah chip dipakai untuk menunjukkan lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu
(integrated circuits). LSI lalu dikembangkan dalam VLSI (Very Large Scale Integration). pertumbuhan berikutnya juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. industri yang memicu micro-processor diantaranya yaitu : Intel
Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor
dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 yang lebih dikenal dengan
nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan
lainnya.
e. Komputer Generasi Kelima
Perwujudan komputer generasi kelima, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), sekarang ini masih dalam perencanaan, namun walaupun demikian, fungsinya sudah banyak dipakai dalam dan terwujud; seperti: Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar kita .
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing
Komputer generasi ke lima nantinya mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja serempak dan teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa hambatan. Kemajuan inilah yang nantinya mempercepat kecepatan informasi Komputer dapat digolongkan berdasar :
I. berdasar Bentuk Fisiknya
a. Mainframe,Mainframe memerlukan ruangan khusus di mana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan sebab nilai komputer dan nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik. Mainframe yaitu istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya dipakai oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang terkoneksi dengan memakai terminal. . Kecepatan
kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi per detik (1 Giga operations per-seconds = 1 GOPS).
Contoh Komputer MainFrame
IBM System/360, IBM System/390,Honeywell-Bull DPS 7,Cray-1 dari Cray Research
b. MiniComputer
Komputer mini memiliki kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan sebab micro-processor yang dipakai untuk memproses data memang memiliki kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan
microprocessor yang dipakai pada personal komputer. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari
kecil.Komputer mini biasanya dapat dipakai untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi
pemakai ). Dalam sistem multi pemakai ini, pada akhirnya personal komputer banyak dipakai sebagai
terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400
c. Super-komputer
Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi dan memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar jika dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satu contoh super komputer yaitu Cray-2. pemakai super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun industri yang sangat besar, seperti contoh industri pesawat terbang Nurtantio.
Disebab kan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/ menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan negara kita pernah ditolak oleh presiden Amerika saat Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.
d. Personal komputer
Personal komputer (PC) diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (personal) dengan Kemampuan memory yang dimiliki pada awalnya hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). namun dalam pertumbuhan nya hingga kini memory sudah mencapai 3 GB (Giga Byte). Komputer personal model Apple II yaitu pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.
sebab harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki dianggap sudah
memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya dipakai oleh perorangan namun pada akhirnya banyak dipakai oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada di perusahaan. biasanya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang
pemakai (single-pemakai ), namun dalam pertumbuhan nya dengan memakai konsep LAN
(Local Area Network) personal komputer juga dapat dipakai untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi pemakai ). Dan dewasa ini kemampuan Personal Komputer sudah mampu menandingi Main Frame. Personal Komputer terdiri atas monitor, keyboard, mouse dan CPU. PC dapat berbentuk Tower (berdiri) dan desktop (tidur)
e. Komputer Portable
Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau power book) yaitu komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan khusus asi laptop itu.Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat dipakai untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop biasanya dapat bertahan sekita r 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, khusus asi, dan ukuran baterai. Sebagai komputer pribadi, laptop berfungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) biasanya . Komponen yang ada di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan memakai layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang ada pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi
dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus
tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia. Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang
didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama
yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop yaitu ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan khusus asi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
Komputer Menurut Data Yang Diolah
Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berwujud gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. , tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa
mengolah suara, ataupun hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan
angka saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara
bersama-sama.
a. Digital Komputer yaitu jenis komputer yang bisa dipakai untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang berarti tertentu, contoh : simbol alphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.
b. Komputer Analog.
yaitu jenis komputer yang bisa dipakai untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan yaitu simbol, namun masih yaitu keadaan. Seperti
contoh : keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan yaitu keadaan yang oleh komputer lalu ditetapkan sehingga menjadi
ukuran. Analog banyak dipakai di pabrik-pabrik yang tujuannya untuk mengendalikan ataupun
menghasilkan produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.
c..Hibrid Komputer
yaitu jenis komputer yang bisa dipakai untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak dipakai oleh pelbagai rumah sakit yang dipakai untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer
bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
Sebuah komputer dapat bekerja dengan melibatkan tiga hal utama, yakni:
Hardware, Perangkat Keras. Software, Perangkat Lunak. Brainware, pemakai atau sumber daya kita .
HardwarePerangkat keras terbagi atas tiga :
Input Unit, Processing Unit, Output Unit
1. Input Unit terdiri atas:
Keyboard (konektor PS2, USB atau wireless). Seperti papan Ketik dan terbagi atas: Function
Key, Special key, Alpha Numeric Key dan Numeric Key. Keyboard memilki 101 atau 104 tombol.
Mouse (konektor PS2, USB, Wireless) Untuk memilih atau menggambar program aplikasi grafis. ada tombol kiri, kanan dan tengah atau penggulung
Scanner untuk menyalin gambar ataupun tulisan, sama seperti Photo Copy namun hasilnya
disimpan ke komputer sebagai file. Alat-alat tambahan lainnya seperti: Camera CCTV, Barcode Scanner, Web Camera, Monitor Touch Screen, Optical Mark Reader, CD-ROM Driver, Digital Mark Reader, DVD-ROM Driver, Digital Card Reader, Joystick untuk permainan Game, Finger scan, Microphone, Retinal
Scan (biometric), 3D Touch Probe Scanner, 3D Laser Scanner, Intelligent Character recognition (ICR), CT-SCAN (Computed Temography), MRI-Scanner (Magnetic Resonance Imaging), Camera Digital, Camera Video
2. Processing Unit
Processing Unit kadang dinamakan dengan CPU (Central Processing unit) yang yaitu jantung dari komputer. CPU melakukan pekerjaan utama seperti Proses, perhitungan, logika, kontrol, pengaturan hubungan kinerja antar komputer dan mengalokasikan tempat penyimpanan
sementara maupun permanen. CPU ini dibagi atas tiga komponen: Aritmatis dan Logical Unit (ALU), tugas utamanya yaitu melakukan perhitungan
yang bersifat aritmatika dan melakukan keputusan dari operasi logika dan manipulasi bit sesuai dengan instruksi program. Control Unit, berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada
pada sistem komputer dan mengatur kapan alt input menerima data dan kapan alat output menampilkannya ke monitor (Instruction cycle)
Main Memory (Main Storage)yaitu tempat atau media yang dipakai untuk menyimpan data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem komputer Main Memory dibagi atas 2 bagian : ROM (Read Only Memory): yaitu memory permanen yang ada dalam sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh
pabrik, biasanya tidak untuk diubah oleh pemakai komputer. Contohnya BIOS (Basic Input/Output System), BASIC dan Bootstrap Loader.
ROM sekarang sudah memakai teknologi CMOS sehingga pemakai bisa mengubah sistem BIOS.
RAM (Random Access Memory) Semua data yang dimasukkan melalui alat input terlebih dahulu masuk ke RAM dan jika komputer dimatikan data akan hilang.
3. Output Unit
Berfungsi untuk menyajikan output dari proses yang sedang bekerja pada komputer. Contoh dari perlengkapan output yaitu : Monitor, Printer, Projector, Speaker, Plotter,Pengertian Multimedia Hardware (Perangkat Keras Multimedia) Perangkat keras multimedia yaitu alat pengolah data (teks, gambar, audio, video, animasi) yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Perangkat keras multimedia dapat bekerja jika ada elemen kita yang mengerti tentang alat itu dan dapat bekerja memakai alat itu.
Sistem perangkat keras multimedia terdiri dari empat elemen utama dan satu unsur tambahan yaitu :
1. Input Unit 2. Central Processing Unit (CPU)
3. Storage/Memory 4. Output Unit 5. Dan unsur tambahan yaitu communication link
1. Unit Masukan (Input Unit/ Input Device)
Unit masuikan yaitu peranti tempat untuk memasukan data dan program yang akan diproses
didalam computer multimedia. Fungsi input yaitu :
Tempat memasukan data dan program yang akan diproses. Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input kedalam kode-kode yang dikenal
computer multimedia (diubah menjadi binary digit/bit)
Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit kedalam storage.Untuk memaukan data kedalam computer multimedia dilakukan dengan memakai sepuluh cara : melalui keyboard, alat petunjuk (point device), alat pembaca optis, alat pembaca suara, system vision input, kamera digital, scanner, camcorder, snappy dan kamera web.
Keyboard,Keyboard yaitu unit input yang paling banyak dipakai terminal atau computer multimedia. Ada dua bentuk dasar dari keyboard, yaitu
Alphanumerik dan Special Function Keyboard.
Kebanyakan dari alphanumeric keyboard memakai tipe 102 key yang terdiri dari function key, sebuah key pad, sautu variasi special function keys dan cursor control key. Ada juga yang terdiri dari 124 key, yang menambahkan function key tambahan dan extra unlabled key yang dapat diprogram untuk membentuk susunan pemakai defined keystroken (macro).
Alat petunjuk terdiri dari mouse, joystick, trackball, trackpad, touchscreen, dan unit remote control.
Mouse yaitu alat kecil dan ringan sebesar tikus yang pas dengan telapak tangan, memiliki bola
kecil dibawahnya dan memiliki tombol satu, dua atau tiga, dihubungkankekomputer multimedia denan
kabel kecil. Dengan menggeser mouse akan memutar bolanya, dan kursor aikan bergerak sesuai dengan
gerakan tangan. Sekarang mouse sudah ada yang tanpa kabel, contoh Ultra Cordless Optical Mouse
yang dapat dipakai sampai jangkauan 25 kaki dan masih banyak lagi mouse terbaru yang lebih canggih.
Joystick yaitu alat seperti tongkat yang menggerakan kursor sesuai dengan arah gerak
tongkat. Joystick biasanya dipakai dalam bidang multimedia, khususnya game. Trackball yaitu alat yang serupa dengan mouse, namun bolanya terletak diatas. Untuk menggerakan kursor, pemakai cukup memutar bola tanpa harusmemindahkan alat itu.
Trackpad yaitu alat yang serupa dengan trackball, namun tidak memakai bola. Untuk menggerakan kursor cukup dengan menggerakan jari anda diatas pad sentuh sensitive. Touchscreen yaitu alat yang memungkinkan anda memasukan data atau intruksi dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan memakai jari atau objek tidak transparan lain.
Cara yang paling umum untuk menentukan likasi bagi computer multimedia yang disentuh dengan memakai sinar inframerah. Berkas sinar diproyeksikan diseluruh permukaan layardengan pola
kotak-kotak. Unit Remote Control yaitu alat yang serupa dengan remot control pada TV, anda memakai remote control genggam untuk mengatur komputer multimedia anda.
Alat input otomatis data sumber membantu mempercepat input data kedalam computer
multimedia, sebab kecepatan input kita lewat keyboard atau alat petunjuk lebih lambat. Kecepatan
input kita diukur dalam jumlah karakter perdetik, sedang pemprosesan input internal diukur dalam jutaan intruksi per detik (MIPS). Alat pembaca optis (scanner) yaitu alat yang membaca data dengan menyinari memakai sinar terang diatas data dan lalu menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada matriks sel-sel fotoelektrik.
Macam-macam alat pembaca optis :
Optical Mark Reader yaitu mesin khusus berkemampuan tinggi dalam menerjemahkan
goresan-goresan pensil pada kertas menjadi informasi yang dimengerti kompoter. Alat ini
dapat membaca segala jenis formulir dengan teknik pembacaan secara optic, langsung dari
dokumen sumber lalu mengirim datanya kedalam computer untuk lalu diolah. Interpretasi data dan pemasukan data secara otomatis akan mempersingkat waktu pengolahan data, dan tentunya akan dapat menghemat dana.
Optical Character Reader bekerja secara optis, yaitu huruf-huruf ditulis dalam bentuk pola titik-titik yang dibaca secara optis, ( memakai sinar).
Hand-held scanner bentuk sdari alat input hend held berupa sebuah computer kecil yang memiliki keyboard yang terbatas, display seperti kalkulator, kemampuan optical character recognition dan menyimpan data non volatile random access memory.
Flatbad scanner dapat men-scan baik teks, grafik dan warna. Path-trough Scanner bekerja sebaik flatbed scanner, namun memiliki kendala yaitu hanya
dapat men-scan halaman tunggal. Pada flatbed dapat meletakan buku terbuka kebawah dan men-scan halaman tanpa harus memicu salinan dari yang pertama. Film Scanner yaitu scanner yang memiliki slot untuk dimasuki film 35mm. untuk menghasilkan sebuah gambar bipmap dan menscan slide, contoh Nikon Super Coolscan 8000 yang mampu menscan berbagai macam format film.
Alat pembaca magnetis yang pertama kali diperkenalkan yaitu Magnetic Ink character
Recognation (MICR). alat ini hanya dapat membaca huruf-huruf yang ditulis p[ada kertas yang dibuat
dengan tinta magnetis, dapat membaca tulisan kita maupun tulisan mesin. Alat ini banyak dipakai untuk mengecek transkrip berharga agar sukar dipalsukan. Banyak dipakai bank-bank.
Alat input pengenal suara ( Speech Recognation ) dapat menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk digital untuk diproses. walaupun prototypenya dibuatnya pada akhir tahun 1950an, baru pada tahun 1970an produksi secara masal dilakukan. Alat input pangenal suara terdiri dari dua jenis yaitu :Speaker Dependent System dan Speaker Independent system. Speaker Dependent system hanya mengenali satu suara saja, sedang speaker Independent System dapat mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya dilakukan. System Vision-Input yaitu alat yang memungkinkan input visua;l terbtas ke sistem computer. System Vision-Input paling sesuai dipakai pada tugas-tugas khusus yang hanya sedikit citra ditemui. Contoh pemakaian alat ini pada pembuatan SIM. Kamera digital yaitu kamera yang merekam citra secara digital. Kamera digital banyak dipakai pada album foto keluarga dan ahli penyakit kulit.
Camcorder yaitu alat perekam elektronik yang portable yang memiliki kemampuan video live-motion dan audio lalu dimainkan divideo Cassete Recorder ,TV dan computer multimedia. Snappy video Napshot yaitu modul penangkap gambar yang menghubungkan parallel port bagian belakang desktop atau laptkop PC. Snappy dapat menangkap gambar diam dari beberapa sumber video, snappy dapat menangkap gambar diam dari beberapa sumber video.Kamera Video Konferensi yang juga dikenal kamera web (Webcam) yaitu kamera yang
dirancang pemakaian nya pada World Wide Wab.
Output device yaitu piranti tempat mengeluarkan hasil proses computer multimedia. Fungsi dari
output Device : Tempat keluarnya hasil proses
Menerjemahkan bit-bit kedalam kode yang dikenal media output Pada computer multimedia unit output dapat berbentuk tampilan, cetakan grafik, suara, video dan animasi.
Alat Input Tampilan yang sering diguanakan yaitu monitor atau Visual Display Unit (VDU) atau Cathode Ray Tube (CRT) atau layer tampilan. Alat ini termasuka alat input sekaligus output . output yang dihasilkan dapat berupa karakter-karakter atau gambar-gambar, bergantung pada jenis alatnya.
Monitor digolongkan berdasar
Graphics Adapter yaitu alat pengontrol monitor. Kebanyakan alat ini disisipkan dalam slot
ekspansi pada motherboard, dan beberapa menyatu dengan motherboard. graphic Adapter biasa nya memiliki RAM sendiri yang dinamakan video RAM (VRAM). Untuk menjalankan software yang kompleks disarankan minimal VRAM sebesar 2MB. Untuk multimedia professional mkinimal 8 MB.
Ukuran Layar Monitor dari 5 samp;ai 30 inci.pada desktop PC dari 9 inci sampai 15 inci dan
sekarang sebagian pengembang multimedia memakai 17 inci. Output pada layer monitor
dinamakan soft copy, artinya hanya bersifat sementara pada pada saat output ditampilkan pada
layer. Resolusi Monitor yaitu kualitas output pada monitor. Resolusi monitor tergantung pada
jumlah titik-titik secara individual yang diproyeksikan ke layar. Titik-titik itu dinamakan pixel. Resolusio monitor dinyatakan juga dalam dot pitch.
Warna Monitor terdiri dari monitor monochrome dana monitor berwarna. Monior monocrome menampilkan gambar dalam warna tunggal.Alat output cetakan dapat menghasilkan salinan kertas (hard copy) dari output. Printer menghasilkan output salinan kertas. Alat ini dapat mencetak hasil pengolahan
maupun program pada output, yaitu padaelembar kertas. Kualitas cetakan dari printer biasanya dinyatakan dalam dots per ink (dpi). Semakin besar dpi-nya semakin tinggi kualitasnya.