pembajak pesawat 11 September
pada Minggu, 11 September, para pembajak menabrakan dua pesawat Boeing 767 dengan nomor penerbangan United 175 dan American 11 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan United Airlines dan American Airlines . ke menara kembar World Trade Center yang ada di pusat kota New York, AS, rekaman audio juga beredar di YouTube,rekaman suara menjelaskan detik detik kejadian pada rekaman suara terdapat rekaman percakapan radio antara pesawat American 11 yang hilang dari radar dengan petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston , pukul 08.19, atau 30 menit sebelum pesawat American 11 yang dibajak ditabrakkan,Betty Ong sebagai pramugari American 11 dengan Airfone yang tersedia di pesawat menghubungi pusat reservasi maskapai , Betty berkomunikasi dengan Nydia Gonzales sebagai pegawai reservasi maskapai, betty mengungkapkan bahwa pilot dan kopilot di dalam kokpit American 11 tidak dapat dihubungi, 2 penumpang di kelas bisnis ditusuk, 1 penumpang meninggal ,1 penumpang kritis, setelah mendapat informasi dari Betty Ong lalu Nydia pegawai reservasi maskapai mengirim informasi ini ke pusat kendali krisis American Airlines,
petugas pusat kendali krisis American Airlines lalu melacak profiling pesawat American 11 , hasilnya petugas pusat kendali krisis American Airlines mengetahui bahwa radar transponder pesawat dimatikan , akibat transponder mati, maka petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston tidak mengetahui ketinggian dan kecepatan pesawat, inilah percakapan Betty Ong sebagai pramugari American 11 dengan petugas penanganan krisis maskapai American Airlines,
Betty Ong : " saya pramugari nomor 3 di belakang, kokpit tidak menjawab, penumpang di kelas bisnis telah ditusuk ,sepertinya pesawat dibajak,"
petugas: "anda berada di penerbangan yang mana,"
Betty Ong : " penerbangan 11"
petugas: "bisa dijelaskan siapa yang ada di kelas bisnis"
Betty Ong : " saya duduk di belakang, sebentar ada yang baru dari kelas bisnis"
lalu Betty bertanya ke rekannya :" ada yang tahu siapa menusuk siapa"
suara lain di belakang: " aku tidak tahu, namun Bobby pramugara dan Karen purser telah ditusuk,"
Betty Ong : "Awak kabin nomor 1 , purser kami ditusuk, tidak tahu siapa yang menusuk, kami tidak berani ke depan, awak kabin nomor 5 juga ditusuk,kami tidak bisa masuk ke kokpit"
petugas : "mereka tidak menjaga agar kokpit steril?"
Betty Ong : " pembajak ada di dalam sana, sepertinya mengganjal pintunya, Tidak ada yang bisa masuk atau menelepon kokpit,"
Betty Ong : "Pesawat kembali terbang tidak menentu"
kemudian tidak ada lagi suara rekaman dari Betty , selanjutnya awak pesawat tidak sadar bahwa pesawat sedang diarahkan ke salah satu menara gedung WTC,
petugas : " betty, bicara kepadaku... betty, kamu masih di sana? Oke kami menunggu, saluran ini tetap terbuka... kurasa kita kehilangan dia ,"
ketika ditanya oleh Nydia, tentang siapa yang ada di kokpit saat itu, Betty menjawab bahwa mereka adalah penumpang di kursi 2B dan 2A ,
pada pukul 08.24, pembajak American Airlines 11 diketahui dari daftar manifes bernama Mohammad Atta secara tidak sengaja berkomunikasi dengan petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston , Mohammad Atta tidak menyadarinya , terdengar, bahwa Atta seolah ingin berkomunikasi dengan penumpang,namun ia menekan tombol yang salah sehingga suaranya terkirim ke saluran radio petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston ,
Mohammad Atta : "Kami menguasai pesawat, tetap tenang, dan kita akan baik-baik saja, kita akan kembali ke bandara,"
mendengar itu petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston
bertanya pada pilot American 11 : "American 11, kalian baru saja memanggil?"
ketika itu petugas ATC tidak sadar bahwa yang di ajak berbicara adalah pembajak,
Mohammad Atta : "jangan ada yang bergerak, semua akan baik-baik saja, bila ada yang bergerak, kalian semua akan mencelakakan diri kalian sendiri dan pesawat ini, duduk diam saja,"
pukul 08.34 pagi, petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston , memerintahkan American 11 be rute Boston Los Angeles guna naik ke ketinggian 35.000 kaki, tetapi , tidak ada jawaban dari American 11 ,kemudian petugas pengontrol udara ( air traffic controller) Boston mengulangi perintah itu berkali kali ,namun tetap saja American 11 tidak menjawab ,
petugas penanganan krisis maskapai American Airlines, kemudian menyadari bahwa itu adalah pembajakan ,kemudian petugas menghubungi komando pertahanan Amerika, NORAD,
FAA memerintahkan NORAD untuk meluncurkan (scramble ) F-16 guna mengejar American 11 yang hilang dari radar, tanpa transponder yang terdeteksi, NORAD kesulitan melacak American 11, tanpa data ketinggian, kecepatan,
American 11 hanya terdeteksi oleh radar primer, yang hanya menampakan posisi di layar beberapa saat saja,
ketika perwira di NORAD mendapat informasi dari FAA , NORAD mengira itu hanya latihan,
saat kesalah pahaman masih berlangsung pada pukul 08.47 pesawat pembajak menabrak salah satu menara gedung WTC,
bersamaan dengan itu , petugas ATC New York dan Boston kehilangan jejak radar primer American 11 ,
ATC Boston: "boston kehilangan kontak, frekuensi kami menunjukkan ada pembajak."
ATC New York: "Konfirmasi, New York kehilangan kontak, kami mendapat sinyal ELT di area itu."
ELT adalah emergency locator transmitter merupakan pemancar sinyal dari kotak hitam pesawat, yang mengirimkan data lokasi ketika mengalami benturan pesawat,
Petugas ATC New York memperoleh laporan dari petugas ATC Bandara Kennedy bahwa mereka melihat bola api di gedung WTC,
petugas ATC New York : "Kalian serius, Itu area kami kehilangan jejak pesawat,"
petugas ATC Bandara Kennedy: "United 175 menabrak menara selatan"
Pukul 09.01, FAA mendapat laporan bahwa ada pesawat kedua yang hilang, yaitu United 175. Boeing 767 yang dioperasikan oleh United Airlines, rute Boston-Los Angeles,
FAA memerintahkan militer mengirim jet tempur guna mencari pesawat yang hilang,
pukul 09.02, petugas menara pengawas terminal radar approach control (tracon ) di New York melihat pesawat menabrak menara selatan gedung WTC,
petugas menara pengawas tracon : " lihat ke luar jendela, lihat di ketinggian 4.000 kaki arah timur bandara."
petugas menara pengawas tracon lain : "Ya, aku lihat, ia turun dengan cepat... 4.500 kaki sekarang. pesawat turun 800 kaki dengan cepat."
petugas menara pengawas tracon lain : "Ada yang tahu tipe pesawatnya?"
ada suara di belakang yang mengatakan ada satu pesawat lagi yang menabrak gedung,
petugas menara pengawas tracon lain : "Satu lagi menabarak kencang, satu pesawat lagi menabrak World Trade Center,"
Pukul 09.03 pagi, pesawat United 175 menabrak menara selatan WTC,
ketika itulah warga New York menyaksikan siaran langsung gedung WTC yang ditabrak pesawat lewat televisi ,
1 jam kemudian, 2 pesawat diketahui hilang. yaitu B757 United Airlines nomor penerbangan 93 dan B757 American Airlines nomor penerbangan 77 ,
pukul 09.38 pagi American 77 diketahui ditabrakkan di markas angkatan bersenjata Amerika Serikat, Pentagon,
berkat perlawanan semua para penumpang di dalamnya pesawat United 93 akhirnya gagal menuju Gedung Putih yang dituju pembajak, sehingga pesawat jatuh di padang di Shanksville Pensylvania, 240 mil barat laut Washington,
setelah peristiwa itu FAA mengeluarkan perintah untuk menggrounded semua pesawat yang ada di wilayah udara Amerika Serikat,
pesawat pesawat yang sedang menuju ke Amerika Serikat saat itu pun dipaksa untuk mengalihkan pendaratan ke bandara terdekat,
monumen dibangun di ground zero bekas gedung WTC, guna mengenang peristiwa itu ,
juga membangun menara baru bernama One World Trade Center,