Oktober 06, 2023
Home »
pesawat terbang
» pesawat terbang
pesawat terbang
Oktober 06, 2023
pesawat terbang
Pesawat terbang tipe MD-82 milik maskapai penerbangan Spanyol Spanair di Bandara
Barajas Madrid hari Rabu tanggal 20 Agustus 2008 sudah gagal untuk melakukan tinggal landas. Pesawat dengan nomor penerbangan JK 5022 rute Madrid-las Palmas Kepulauan Canary itu gagal tinggal landas keluar dari landasan pacu dan patah dan terbakar. Karban tewas 154 orang dari 166 penumpang dan 9 awak pesawat. musibah serupa sudah terjadi pada waktu jatuhnya pesawat terbang MD- 82 milik maskapai penerbangan Alaska Airlines bulan Januari tahun 2000 dalam penerbangan reguler MexicoSanfransisco. Musibah ini menunjukan risiko bahayanya perpanjangan waktu inspeksi dari 2000 jam menjadi 2500 jam dan sudah memicu tejadinya korosi hebat sebab alat penggerak stabilizer-nya tidak diberi pelumas (gemuk) tepat waktu sehingga poros penggerak itu patah dan pesawat terbang jatuh menukik ke Samudera Pasiflc dekat pantai Kota Los Angelos. Seluruh penumpang dan awak pesawatnya sebanyak 88 orang tewas. Saat ini, di negara kita masih ada 16 unit pesawat terbang tipe MD, yaitu 5 unit MD -80, 7 unit MD- 82, dan 4 unit MD- 90. Tanggal 23 Maret tahun 2009 suatu insiden pesawat terbang tipe Boeing MD -90 milik Lion Air mendarat darurat tanpa memakai roda depan di Bandara Hang Nadim Batam. , roda depan pesawat naas itu tidak dapat keluar sebab tersangkut patahan water deflector. Alat yang berfungsi untuk menghindarkan roda dari air itu
diduga patah pada saat pesawat baru lepas landas dari bandara Polonia Medan. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban yang tewas.
Sebetulnya masalah kecelakaan penerbangan baik insiden maupun kecelakan yang terjadi di
negara kita , hampir sebagian besar dialami oleh pesawat yang sudah berusia 20 tahun lebih
yang digolongkan ke dalam pesawat tua , Hasil pengolahan dari laporan Kl-JKT jumlah kecelakaan pesawat Boeing 737-200 di negara kita selama tahun 2001 sampai dengan tahun 2006 sudah terjadi 32 kali kecelakaan penerbangan. jawaban atas permasalahan mendasar antaralain :
Bagaimana metode perawatan dan pemeliharaan pesawat tua dipatuhi oleh operator penerbangan?
Kajian ini memiliki tujuan untuk menyusun rekomendasi pengoperasian pesawat tua aman dioperasikan selama memenuhi regulasi yang berlaku,Berapa tahun pesawat tua di negara kita dapat dioperasikan safe sesuai regulasi keselamatan penerbangan sipil CASR part 43.
Keluaran tahun berjalan terlayaninya rute penerbangan dalam negeri, keluaran jangka
panjang terpenuhinya persyaratan keselamatan penerbangan dengan memakai pesawat tua
maka lingkup kegiatan meliputi : Identifikasi batasan pesawat tua; Inventarisasi jumlah pesawat tua di negara kita ; Identifikasi keunggulan dan
kelemahan; Inventarisasi peraturan perundangan yang terkait dengan pengoperasian pesawat transpor dalam negeri; Evaluasi regulasi pemakaian pembatasan usia pesawat; Awal munculnya istilah aging aircraft, pertama kali terjadi pada tanggal 28 April 1988, saat pesawat 737 milik Aloha Airlines mengalami kecelakaan, dimana lepasnya sepertiga atap dibagian belakang kokpit pesawat yang diakibatkan oleh fatigue. Hasil investigasi NISB menemukan bahwa salah seorang penumpang melihat adanya retak sepanjang 15 cm didekat pintu depan pesawat sebelum take off Investigasi lanjutan NTSB mengatakan bahwa mekanisme kerusakan yang terjadi pada Alolm Airlines bukan masalah tunggal, melainkan akibat kelelahan struktur yang sudah meluas yang dinamakan widespread fatigue damage (WFD). Jadi semakin tua usia pesawat terbang, semakin besar kemungkinannya ditemukan WFD, sehingga keadaan inilah yang dinamakan aging aircraft atau pesawat tua. FAA
sudah mengkategorikan 11 tipe pesawat yang harus menjalani WFD yaitu ~707, ~727, ~
737 seri 100 dan 200, Douglas DCS, DC-9, DC-10, Lockheed L-1011, Bae BAC-111, F-28,
dan Airbus A-300. Klasifikasi muda dan tua pada pesawat terbang sebetulnya tidak ada dan kalaupun ada harus dilakukan pemilahan generasi dari teknologi yang dipakainya maka lebih populer orang menyebutnya contoh tipe Boeing 747 seri 300, 200, 100 dengan predikat B747-clasic
sekaligus yaitu euphemisme saat harus membedakannya dengan tipe 8747-400
yang sudah memakai teknologi glass cockpit. juga seperti dengan tipe Boeing 737 seri 200, 300, 400, 500 yaitu extreme bila dibandingkan dengan Boeing 737 seri 600, 700, 800 NG atau Boeing 737 seri 900 ER yang yaitu Boeing 737 generasi baru. Mengenai usia pesawat terbang ada banyak istilah dengan pengertian berbeda antara lain usia teknis yang diukur dengan jam terbang (flight hours) dan jumlah pendaratan ,dimana antara dua parameter ini sering dipakai ratio untuk menentukan kelayakan operasionalnya, Oleh sebab itu kita dapat memahami mengapa Singapore Intemational Airline (SQ) mempertahankan batas maksimum usia rata-rata armadanya 5 tahun saja. Mr. Earl Lawrence (VP for govemental and public affairs dari EAA) berkata bahwa sebab faktor-faktor yang dapat menetapkan apakah sebuah pesawat terbang sudah termasuk aging aircraft dilihat dari kelelahan material karat · (carrosion), dan penuaan (deterioration). Ketiga faktor itu bisa saja sudah ada pada pesawat terbang yang berusia 5 tahun namun mungkin juga belum ada pada pesawat terbang yang sudah berusia 70 tahun ini alasan mengapa banyak pihak yang melihat bahwa pembatasan usia kalender pesawat terbang yaitu sesuatu politik yang kurang bijak. Mengapa perusahaan penerbangan masih mau memakai aging aircraft ? Jawaban yaitu sebab keterbatasan modal dan ketersediaan pesawat terbang dipasar lagi pula pemesanan pesawat terbang baru ke pabrik harus antri dalam satuan waktu 2 hingga 5 tahunan, sebab itulah kita lebih memahami mengapa .pemakaian aging aircraft lebih marak di negara-negara berkembang seperti Eropa Timur, Afrika, Amerika Latin dan Tengah dan negara kita . Alasan lain yaitu adanya penawaran kerjasama yang menarik dari perusahaan besar yang hendak memphase out armada aging aircraft-nya seperti halnya pada tahun 1990an saat Lufthansa menawarkan off-set kepada IPTN sebagai imbal balik pembelian 23 pesawat terbang B737-200 yang bila terus dioperasikan harus dipasang huskit untuk memenuhi regulasi baru. Biaya pemasangan huskit kurang lebih satu juta US$1 juta per unit mesin. Jadi untuk tipe ~737 seri 200 bermesin ganda akan memerlukan biaya 2 juta US$ per unit pesawat, belum termasuk kerugian loss of use waktu pemasangan huskit. Terhitung sampai dengan Februari 2007, jumlah pesawat terbang yang terdaftar di negarakita berdasar Summary Ci'uil Aircraft Registration Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tercatat 1000 unit terdiri dari 980 unit pesawat bersayap tetap dan 206 unit pesayap bersayap putar Dari 1000 unit pesawat terdaftar, hanya 500 unit yang beroperasi, yaitu 200 unit dioperasikan oleh operator berdasar CASR 121 dan 200 unit dioperasikan oleh operator berdasar CASR 135, dan 103 unit dioperasikan oleh operator berdasar CASR 91. Pada tahun 2008 jumlah operator penerbangan dibawah CASR 121 ini sekitar 21 perusahaan (airlines), dan jumlah pesawat terdaftar sebanyak 313 unit dan yang siap beroperasi hanya 200 unit, namun jika digabungkan dengan jumlah pesawat yang beroperasi milik operator dibawah CASR 135 dan CASR 91, maka jumlah total pesawat yang beroperasi menjadi 650 unit. Perkembangan jumlah pesawat udara yang dioperasikan oleh 31 perusahaan angkutan
udara niaga berjadwal dari tahun 2005 sampai dengan 2009 relatif tetap dimana pada tahun 2009 jumlah armada keseluruhan mencapai 227 unit. lalu seiring dengan perjalanan waktu banyak operator penerbangan itu yang tidak beroperasi lagi, sehingga jumlah operator penerbangan niaga berjadwal yang masih beroperasi tinggal 16 perusahaan dengan jumlah armada sebanyak 227 unit pada posisi Agustus 2009. Hasil penelitian Boeing menemukan bahwa faktor manusia yaitu 80% pemicu kecelakaan penerbangan, sedang menurut Federal affilition Administration sebesar 90%, bahkan menurut Organisasi Penerbangan Sipil Intemasional ( ICAO) sebesar 100% sebab teknologi penerbangan baik sarana dan prasarana yang menentukan yaitu manusia juga. Gambaran kontribusi pemicu kecelakaan penerbangan, perjalanan waktu banyak operator penerbangan itu yang tidak beroperasi lagi, sehingga jumlah operator penerbangan niaga berjadwal yang masih beroperasi tinggal 16 perusahaan dengan jumlah armada sebanyak 227 unit pada posisi Agustus 2009. berdasar data dari KNKT dalam kurun waktu Januari 2007 sampai dengan April 2009, baik kecelakan maupun insiden dapat diketahui bahwa 50% kecelakaan terjadi pada pesawat terbang dengan rentang usia lebih besar dari 20 tahun, yaitu 55% untuk tipe B-737-200, 35% tipe B-737-300 dan 10% tipe MD-82. berdasar data Boeing menandakan bahwa angka kecelakaan penerbangan berdasar model pesawat termasuk kerusakan badan pesawat total mulai tahun 1959 sampai dengan 2007 mencapai 854 unit pemakaian aging aircraft dalam perusahaan penerbangan diperbolehkan namun perusahaan
harus mempertimbangkan kendala-kendala
meski ketersediaan pesawat terbang ini menjadi lebih banyak bahkan diantaranya
diparkir di gurun pasir Nevada-Arizona dan dapat diperoleh dengan harga yang relative semakin murah (baik sewa maupun beli), namun proses acceptance harus lebih jeli dan memakan waktu lama sebab harus memeriksa dengan cermat historical data yang pasti jumlahnya banyak terutama supplemental structural inspection documents. Pemeriksaan data ini menjadi lebih ruwet jika pesawat terbang itu terlalu sering berganti operator. Dan jika pesawat terbang ini pemah lama menganggur maka perlu dipastikan apakah program prolong nmintenance-nya dilaksanakan dengan baik. berdasar Seroice Bulletin (SB) yang dikeluarkan oleh pabrik dan diketahui oleh operator penerbangan dan disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (CA.SR Part 34 Maintenance Pn:mtiz:e and Altemtion), maka tipe perawatan pesawat udara yang berlaku pada perusahaan penerbangan yang lazim sebab
pemeriksaannya dilakukan disekitar pesawat maupun di hanggar, terdiri dari :
- Transit Check, dilaksanakan satu kali dalam 50 jam penerbangan untuk memeriksa sistem interior kabin dan penampilan pesawat. Lama pemeriksaan ada yang 40 menit atau sampai 80 menit.
- Safety Check, prosedur pemeriksaan keselamatan. manual ada disetiap kursi penumpang.
- Over Night Check, pemeriksaan dilakukan malam hari didalam hanggar, diutamakan pada landing dan sistem pengereman dan ada tidaknya foreign object damnuzge (FOO).
- Daily Check, dilaksanakan satu kali sehari dan diutamakan pada sistem tekanan udara kabin dan kualitas di sistem propulsi.
-. Preflight Check, pemeriksaan sekeliling pesawat sebelum pesawat diizinkan untuk terbang atau sebelum pesawat berangkat. Semua persyaratan operasional sistem dan keamanan diperiksa secara rinci dan melalui check list formal dan dokumentasi, biasanya memakan waktu selama satu jam.
- Engine Check, pemeriksaan berkala yang wajib dilaksanakan terhadap mesin pesawat seperti pemeriksaan seminggu sekali (weekly check) dan Letter Greek yang dilakukan berkaitan dengan jumlah jam terbang pesawat, seperti :
- B-Check, pemeriksaan sesudah pesawat menempuh 400 sampai 750 jam terbang
(tergantung dari jenis dan tipe pesawat).
-C-Check, pemeriksaan sesudah pesawat menempuh 3.000 jam sampai 4.000 jam (tergantung dari jenis dan tipe pesawat, namun untuk pesawat Boeing tipe-737-900 ER pemeriksaan C-Check dilakukan setiap 7500 jam terbang pesawat) dengan item pemeriksaan yang lebih banyak lagi dan memakan waktu 10 hari.
-A-Check, pemeriksaan sesudah pesawat menempuh 100 sampai 300 jam (tergantung dari jenis dan tipe pesawat), antara lain memeriksa kerangka pesawat, mesin, komponen pesawat, termasuk landing genr-nya. Pemeriksaan A-Clreck
butuh waktu 1 hari.
-0-0teck, pemeriksaan sesudah pesawat menempuh diatas 4.000 jam (tergantung dari jenis dan tipe pesawat) dan yaitu pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat dengan lama waktu pemeriksaan 32 hari. Keseluruhan pemeriksaan tipe perawatan pesawat ini dapat juga digolongkan pada transit check, daily clteck, heauy maintenance clteck, dan averhaul. Dalam perawatan pesawat tua kendala yang harus diperhatikan yaitu antaralain : :
-berdasar penjelasan General Manager dan Canida Maintenance Facilities dapat diinformasikan bahwa biaya C-Check untuk pesawat tipe B-737-200 mencapai dua kali lebih besar dibandingkan dengan tipe B-737-900ER dan B-737-800NG. sedang untuk biaya D-Check pada perawatan pesawat terbang tipe B-737 seri 200 tiga kali lebih besar dibandingkan dengan B-737-900ER dan B-737-800NG, juga seperti
perawatan pesawat tipe MD-82 lebih mahal dibandingkan biaya perawatan pesawat B-737-800 NG dan B-737-900ER. belum lagi dengan biaya dan kendala pengaturan sarana transportasi pulangpergi Masalah ini tentu menjadi lebih sederhana jika memakai pesawat terbang
baru dimana flight simulator ini dapat dinegosiasikan menjadi gratis pada saat pemesanan pesawat terbang dalam jumlah tertentu kepada pihak pabrik. Bahkan pihak pabrik malah
sering memakai ini dalam strategi pemasaran
-harus menerapkan Aging Aircraft Program yang tentu memerlukan biaya dan pengawasan yang lebih ketat dan AMO/ bengkel perawatan yang ditunjuk harus memiliki peralatan non destructif? testing/inspection danexpertise yang cukup sebab
corrosion control and inspection programs untuk pesawat terbang ini semakin kompleks.
- Perlu memperhatikan dan melakukan perencanaan yang lebih baik pada jadwal
maintenance dan pengadaan spare parts, bukan hanya pada komponen yang tergolong
consumable parts saja namun juga bagi komponen yang tergolong LLP (life limited parts) sesuatu hal yang nyaris tak perlu dipikirkan bagi pesawat terbang baru. Lagipula pengadaan spare-parts yang genuine sudah semakin langka bahkan mungkin sudah tidak diproduksi/ diawasi lagi oleh pabrik pembuat pesawat terbang itu sehingga peluang untuk tertipu memperoleh bogus-parts menjadi lebih besar.
Mac Donell Douglas MD-80 yaitu jajaran pesawat terbang berusia tua dan hampir tak terpakai lagi, namun secara keseluruhan terhitung aman meski terjadi kecelakaan fatal di Madrid Spanyol pada hari Rabu 20 Agustus 2008, yang menewaskan 153 orang. Pesawat MD-80 ini sebetulnya yaitu pesawat turunan dari OC-9 Super-80 yang lalu diberi nama menjadi MD-80/82/83/90 sesudah pabrik pesawat
Douglas mengadakan merger dengan pabrik pesawat Mc Donnel. Seri MD-80 dirancang oleh Mc Donnel Douglas dan dikomersilkan pada tahun 1980, dan diproduksi sebanyak 1.191 unit yang dipakai oleh 60 maskapai penerbangan, disamping itu masih ada 977 unit lagi dalam kondisi perbaikan. Pesawat MD-80 pemah ditarik dari peredaraan sebab konsumsi bahan bakar yang sangat boros. Pesawat MD-82 yaitu varian terdahulu dari seri MD-80, tipe MD-82 ini melakukan . terbang perdana pada tahun 1993 dioperasikan oleh Maskapai Penerbangan Spanair. Sekarang pabrik pesawat MC Donnel sudah diakuisi oleh pabrik pesawat Boeing sehingga
kadang-kadang tipe MD ini dipanggil juga Boeing MD-82. Di negara kita masih ada 16 unit pesawat terbang tipe MD yaitu 5 unit MD-80, 7 unit MD-82 dan 4 unit MD-90. Dalam tahun 2009 sudah terjadi lebih dari lima kali kecelakaan besar dan kecil pada pendaratan pesawat Tipe MD-90, seperti tergelincir ke luar landasan, ban roda depan pecah, kecelakaan di Solo dan di Soekamo-Hatta beberapa waktu yang lalu, Bahkan Departemen Perhubungan melarang terbang sementara
untuk pesawat tipe itu Dipertanyakan apakah pilotnya yang kurang trampil dan cuaca buruk atau landasan yang tergenang air atau ada sebab-sebab lain. Beberapa ciri khas dari pesawat OC-9/ MD-80/ 82/ 83/ 90, ini perlu memperoleh perhatian khususnya dari para pilot Pesawat terbang dilihat dari penempatan mesinnya terbagi dalam dua golongan besar, yaitu pesawat dengan mesin di bawah sayap (wing mounted engine) dan yang mesinnya dipasang di ekor pesawat (tail mounted engine). Khusus mengenai tehnik menerbangkan pesawat dengan mesin yang dipasang di ekor, ditemukan ciri khas dalam pendaratan antaralain : Pesawat tail mounted engine memiliki sifat berbeda dengan pesawat wing mounted engine,
khususnya dalam pendaratan ,ini dipicu sebab garis daya dorong mesin berada di atas Pusat Gaya Berat yang berada di sayap. sedang pada wing mounted engine garis ini berada
di bawah titik C of G. Keadaan ini memicu perbedaan dalam handling pesawat khususnya
pada kecepatan rendah waktu pendaratan
Pada pesawat wing mounted engine pesawat dirasakan terlalu rendah, maka penerbang secara
naluri (instinctive) akan memperbesar daya mesinnya dengan mendorong tuas lerelnya
ke depan dan momen yang dihasilkan oleh daya dorong mesin dengan C of G akan memicu hidung pesawat terangkat ke atas. Namun pada tail mounted engine, pada kecepatan rendah pada posisi approach and landing figuration, reaksi naluri tadi memperbesar daya mesin dengan maksud untuk menaikkan atau mengangkat hidung pesawat ke atas, jika angle of attack' tidak betul justru akan memicu hidung pesawat menukik ke bawah. sifat ini ditemukan sesudah terjadi beberapa kali kecelakaan pesawat OC-9 pada waktu hendak menyentuh landasan yaitu pesawat justru menukik ke bawah pada waktu penerbang
ingin menaikkan hidung pesawatnya. Garuda pemah mengalami kecelakaan pesawat OC-9
di Banjarmasin tahun 1970, tahun 1984 di Denpasar. Hasil penelitian menemukan
kekhususan cara mendaratkan pesawat OC-9. lalu tehnik baru ini dimasukkan dalam latihan terbang untuk type rating pesawat OC-9. Dari tiga pesawat prototype, pesawat pertama mengalami stall yang tak bisa diatasi. Pesawat terlalu berat ke belakang dipicu ke dua mesinnya berada dan sistim kemudi di ekor terlalu kecil, sehingga tidak kuat untuk mengangkat ekor pesawat untuk ke luar dari
stall. Pesawat ke dua patah jadi dua bagian sebab pendaratan yang terlalu keras Ouird landing akibat pesawat menukik keras saat akan menyentuh landasan Ouirdlanding,Pesawat ke tiga saat melakukan percobaan pendaratan tanpa sistem hidrolik melenceng tak terkendali ke luar landasan ·
Pada waktu itu terjadi perselisihan pendapat yang cukup serius antara FAA. Douglass dan ALP A (Airfme Pilot Associntion) mengenai keselamatan pesawat itu. ALP A sempat menyatakan
bahwa pesawat itu is less selfe oleh William Norris). Dalam pengalaman lalu ditemukan tehnik pendaratan yang khusus bagi OC-9/MD-80/82/83. Tehnik ini berupa 4 parameter yang harus secara akurat diperoleh pilot OC-9/MD-80/82/83/90, BAC 111, sekurang-kurangnya pada ketinggian 500 kaki (decision to land point) di atas landasan pacu, yaitu harus sudah mantap (established) Dalam rangka latihan terbang untuk memperoleh sifat yang khas ini disimulasikan dalam latihan terbang dan pilot diingatkan agar akurasi ke empat parameter itu memperoleh perhatian dan menjadi tehnik landing OC-9/MD-80/ 82/ 83/90. Ke empat parameter itu harus sudah tercapai dengan stabil pada ketinggian tidak kurang dari 500 kaki di atas titik sentuh landasan ,Kalau kondisi itu tidak tercapai maka tindakan pembatalan pendaratan (go around atau overs/wot) harus dilakukan. Jangan sekali-kali mengurangi posisi level jika pesawat terlalu tinggi. Kalau ini dilakukan maka pada waktu power leue/ didorong ke depan untuk mengurangi laju
penurunan hidung pesawat tidak akan terangkat namun justru malah menukik ke bawah, suatu reaksi yang bertolak belakang dengan sifat pesawat yang bermesin di bawah sayap. Jadi jika posisi pesawat terlalu tinggi pada final appronch dan tinggi pesawat kurang dari 500 kaki. maka langkah pembatalan pendaratan harus dilakukan. Pesawat udara kategori transport untuk angkutan udara penumpang yang dapat beroprasi di area Republik negara kita tidak boleh berusia lebih dari 35 tahun atau jumlah pendaratan tidak lebih dari 70.000 kali (etjcle). sedang pesaat udara yang dapat didaftarkan dan dioperasikan untuk pertama kali di area Republik negara kita harus berusia tidak lebih dari 20 tahnn atau jumlah pendaratan tidak lebih dari 50.000 kali (cycle). Saat ini tipe pesawat terbang yang berusia lebih dari 20 tahun yang masih beroperasi di negara kita terdiri dari B-
737-200, B-737-300, dan MD-82 dengan jumlah sebanyak 53 unit atau 28% dari total jumlah
pesawat terbang yang dioperasikan. Khusus terhadap pesawat terbang yang sudah digolongkan dalam pesawat tua (aging aircraft program) diharuskan melaksanakan metode perawatan pesawat meliputi structural modification program, structural maintenance program guidelines, corrosion pre-rentive control program (CPCP), repair asssessment progm111, supplementnl stnictuml inspection program (SSIP), jika aging aircraft program ini tidak dipatruhi oleh operator penerbangan, maka izin ACX-nya akan dicabut.
Aging aircraft sepanjang kondisinya dipertahankan dengan program perawatan yang tepat seperti itu di atas dan dioperasikan dengan benar, tidak memiliki masalah dengan keselamatan penerbangan, namun pemakaian aging aircraft untuk operasi penerbangan niaga memerlukan perhitungan kelayakan teknis dan ekonomis yang sangat cermat namun untuk jangka panjang dinilai tidak efisien dan tidak efektif apalagi nntuk
bersaing di pasar rute penerbangan intemasional.
penembakan pesawat ukraina
Rabu 8 Januari 2020, pesawat Ukraina ditembak oleh militer Iran. Ukraina Airlines flight 752. Pesawat dengan nomor penerbangan PS7522 dioperasikan oleh Ukraina Intemational Airlines
memakai Boeing 737-800. yaitu maskapai penerbangan berbendera dan maskapai terbesar Ukraina, yang sedang melakukan penerbangan terjadwal dari ibukota Iran Bandara Intemasional Teheran Imam Khomeini ke Bandara Intemasional Boryspil di ibukota Ukraina Kiev. Pesawat Ukraina itu membawa 176 orang di dalamnya, termasuk 9 anggota awak pesawat dan 15 penumpangnya yaitu anak-anak. mulanya , otoritas penerbangan Iran menyangkal bahwa pesawat Ukraina Airlines flight 752 terkena rudal dan mengatakan adanya kesalahan teknis atas jatuhnya pesawat Ukraina itu dan .penembakan Ukraina Airlines flight 752 di katakan sebagai kesalahan manusia. Sesudah berhari-hari menolak laporan intelijen Barat yang menunjuk pada Teheran
bertanggungjawab lalu Iran mengakui militemya melakukan kesalahan yang tidak termaafkan sudah menembak jatuh pesawat Jet Ukraina Airlines flight 752.Pembunuhan terhadap Komandan Pasukan Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Solaimeni memicu eskalasi konflik antara Amerika Serikat dan Iran. Di tengah situasi waspada, militer Iran secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat sipil komersil Ukraina Airlines flight 752. Para pengunjuk rasa di ibu kota Iran, Teheran menuntut
pengunduran diri para pemimpin senior Iran sesudah pengakuan oleh pihak berwenang bahwa pasukan militer Iran secara tidak sengaja menembak jatuh sebuah pesawat penumpang Ukraina. Meski awalnya membantah bertanggung jawab, militer Iran akhimya mengakui bahwa pihaknya secara salah sudah menembakkan rudal yang menewaskan 176 orang di dalam pesawat.
Pesawat penumpang Ukraina yang ditembak jatuh di Iran, masuk daftar panjang pesawat sipil yang ditembak oleh militer. Bukan kali pertama pesawat
penerbangan sipil yang tertembak pada saat perang, beberapa pesawat sipil yang pemah tertembak pada saat perang diantaranya:
4 Oktober 2001: Siberia Airlines
Flight 1812. Sebanyak 78 orang, sebagian besar dari mereka imigran Rusia ke Israel, meninggal saat penerbangan dari Tel Aviv ke Novosibirsk meledak dan jatuh ke Laut Hitam di lepas pantai Rusia. Empat menit sebelumnya, dua rudal anti pesawat jarak jauh ditembakkan selama latihan pertahanan udara Ukraina di lepas pantai Laut
Hitam. Presiden Ukraina lalu mengatakan bahwa dia menerima temuan penyelidik yang menyebut militer negaranya secara tidak sengaja menembak pesawat Rusia, 3 Juli 1988: Iran Air Flight 655 Hari itu, kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat di Teluk Persia menembak jatuh sebuah pesawat penumpang Iran yang menurut Angkatan Laut dikira sebagai pesawat tempur jet, menewaskan semua 290 orang di dalamnya. Iran Air Airbus A300 terbang di atas Selat Hormuz sementara
kapal perang, Vincennes, sebuah kapal penjelajah rudal seberat 9.600 ton, sedang dilibatkan oleh kapal-kapal perang Iran. Personil Amerika, yang mengikuti pembacaan radar, salah mengira mereka melihat pesawat tempur F-14 yang jadi musuh, dan menembak pesawat dengan rudal jenis surface-to-air missile, 1 September 1983: Korean Air Lines Flight 007. Sebuah jet tempur Soviet menembak jatuh KAL 007, sesudah pesawat itu menyimpang dari jalur dan di atas area Soviet. Menewaskan
269 penumpang dan kru dan memicu beberapa spekulasi pemicu . Uni Soviet berpendapat bahwa jet itu dalam misi mata-mata, teori yang ditolak oleh Amerika Serikat. Sementara Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Soviet mencari Lautan Okhotsk
untuk memperoleh perekam kotak hitam pesawat itu, namun mengatakan mereka tidak dapat menemukannya, 27 Juni 1980: Itavia Flight 870. Kecelakaan Itavia Flight 870, dikenal sebagai the Ustica affair, menewaskan semua penumpangnya. Ada 81 orang di atas kapal terbang nahas itu . Peristiwa ini memicu banyak teori konspirasi di Italia. Pesawat itu memasuki babak terakhir perjalanan rutin dari Bologna, Italia, ke Palermo, Sisilia dan tiba-tiba jatuh ke Laut Tyrrhenian dekat pulau kecil Ustica.Pada 2013, pengadilan tertinggi Italia memutuskan bahwa pemerintah harus
memberi kompensasi kepada keluarga teori yang paling banyak diterima di balik kecelakaan itu: bahwa sebuah rudal yang ditembakkan oleh sebuah pesawat sudah menabrak mesin kembar McDonnell Douglas DC-9. Pengadilan tidak mengatakan dari mana rudal itu berasal, 12 Februari 1979: Air Rhodesia Flight 827 dalam kejadian yang sama, pasukan pemberontak di area yang dahulunya Rhodesia, sekarang Zimbabwe, menjatuhkan dua pesawat dalam waktu 5 menit sesudah lepas landas dari Kariba. Keduanya ditabrak rudal pencari panas Strela buatan Soviet. lebih dari 100 orang meninggal dalam dua pesawat
nahas itu , 21 Februari 1973: Libyan Arab Airlines Flight 114. Saat itu sebuah pesawat Boeing 727-200 dalam perjalanan dari Tripoli, Libya, ke Kairo melalui Benghazi, Libya, ditembak jatuh oleh pesawat tempur Israel di atas Gurun Sinai. Hanya 5 dari 113 penumpang yang selamat. Pihak Israel mengatakan bahwa pesawat itu sudah terbang di atas konsentrasi militer Israel di sepanjang Terusan Suez dan di lapangan terbang militer Sinai, yang lalu diduduki oleh Israel, yang mengklaim pesawat itu ditembak untuk menggagalkan kemungkinan tindakan terorisme.
Banyaknya penembakan militer terhadap pesawat sipil, khususnya peristiwa Penembakan pesawat Boeing 747 Korean Air Lines pada tanggal 1 September 1983 yang menewaskan 269 jiwa yang dilakukan oleh pesawat pemburu Uni Soviet di
area udara Uni Soviet lalu melatarbelakangi dilakukanya amandemen terhadap Konvensi Chicago 1944 , dalam konsideran Protokol Montreal 1984 yang mengubah Konvensi Chicago 1944.Banyak negara mengutuk terjadinya penembakan terhadap pesawat Ukraina Airlines flight 752 yaitu akibat dari adanya peperangan. Presiden Ukraina yaitu Volodymyr Zelenskiy mengatakan sudah berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani terkait penembakan pesawat sipil yang menewaskan 176 penumpang. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy mengatakan sepakat dengan Presiden Iran Hassan Rouhani untuk sama-sama mengidentifikasi jasad korban. Zelenskiy
mengatakan Ukraina dan Iran akan menganalisa kotak hitam bersama dan menegaskan kedua belah pihak akan menyelesaikan insiden ini bersama.
Sekilas tentang Negara Ukraina, negara ini yaitu pusat terpenting bagi kebudayaan Slavia Timur, dihuni sejak tahun 32.000 SM. Sesudah terpecah pada abad ke-13, area Ukraina diperlombakan, dikuasai, dan dipecah-belah oleh beberapa
kukuasan, contohnya Lithuania, Polandia, Kesultanan Utsmaniyah, Austria-Hongaria,
dan Rusia. Pada abad ke-20, menjelang akhir Perang Dunia I dan yang kedua yaitu pada masa Perang Dunia II, namun dua periode ini berujung pada takluk dan menyatunya area -area Ukraina ke dalam sebuah republik Soviet, situasi yang
berlaku sampai tahun 1991, Ukraina meraih kemerdekaannya dari Uni Soviet, sesudah pada penghujung Perang Dingin. Keadaan geografis Ukraina terdiri dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Ukraina yaitu sebuah negara di Eropa
Timur yang berbatasan dengan Rusia di timur dan timur-laut; Belarus di baratlaut; Polandia dan Slowakia di barat; Hongaria, Rumania, dan Moldova di baratdaya; Laut Hitam di selatan; dan Laut Azov di tenggara. Ukraina dan Rusia saat ini sama-sama memperebutkan Semenanjung Krimea yang diambil oleh Rusia pada tahun 2014, walau demikian Ukraina dan banyak komunitas intemasional mengakuinya sebagai bagian dari Ukraina. bersama Krimea, Ukraina memiliki area
seluas 603.628 km², yang memicu nya sebagai negara terluas di Eropa dan terluas ke-46 di dunia. sedang populasi sejumlah 44,5 juta jiwa menjadikan Ukraina sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia.Sesudah kemerdekaan, Ukraina menyatakan diri sebagai negara netral, namun masih mempertahankan kemitraan militer terbatas dengan Federasi Rusia, negaranegara CIS lainnya dan kemitraan dengan NATO sejak tahun 1994. Pada dasawarsa 2000-an, pemerintah mulai condong kepada NATO, dan kerjasama yang mendalam dengan aliansi yang sudah disusun oleh Rencana Kerja NATO-Ukraina yang ditandatangani pada tahun 2002. lalu disepakati bahwa kehendak bergabung ke dalam NATO didahului dengan sebuah jajak pendapat nasional pada masa yang akan datang. Mantan Presiden Viktor Yanukovych memandang cukupnya taraf
kerjasama terkini antara Ukraina dan NATO tanpa perlu menjadi anggota NATO. Pada tahun 2013, protes melawan pemerintah Presiden Yanukovych terjadi di tengah kota Kiev sesudah pemerintah memicu keputusan untuk menghentikan Perjanjian
Asosiasi Ukraina-Uni Eropa dan menjalin hubungan ekonomi yang lebih akrab dengan Rusia. Keputusan ini memicu gelombang demonstrasi dan protes selama berbulan-bulan dinamakan Euromaidan lalu memuncak menjadi revolusi
Ukraina 2014 yang berujung pada tergulingnya Yanukovych dan pembentukan pemerintah baru. Peristiwa ini memicu pencaplokan Krimea oleh Rusia pada bulan Maret 2014, dan Perang di Donbass pada bulan yang sama; kedua-duanya
masih berlangsung hingga Mei 2016. Pada tanggal 1 Januari 2016, Ukraina bergabung dengan area Perdagangan Bebas Menyeluruh dan Mendalam dengan Uni Eropa. Ukraina yaitu negara kesatuan yang berbentuk republik yang menganut sistem
semi presidensial dengan trias politica: legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pusat negara dan kota terbesamya yaitu Kiev. Ukraina memiliki militer terbesar kedua di Eropa, sesudah Rusia. Negara ini yaitu rumah bagi 45. juta manusia (termasuk Krimea), 77% di antaranya yaitu bangsa Ukraina berdasar etnisitas, diikuti oleh bangsa Rusia yang menjadi minoritas dominan (17%) juga bangsa
Rumania/Moldova, Belarus, Tatar Krimea, dan bangsa Hongaria. Bahasa Ukraina yaitu bahasa resmi Ukraina; abjadnya yaitu aksara sirilik. Agama utama di negara ini yaitu Katolik Ortodoks, yang sangat memengaruhi arsitektur, sastra,
dan musik Ukraina.
Negara Iran
Iran yaitu sebuah negara Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Iran berbatasan dengan Azerbaijan (500 km), dan Armenia (35 km) di barat laut, dan Laut Kaspia di utara, Turkmenistan(1000 km) di timur laut, Pakistan (909 km), dan Afganistan (936 km) di timur, Turki (500 km), dan Irak (1.458 km) di barat, dan perairan Teluk Persia, dan Teluk Oman di selatan.Pada tahun 1979, sebuah Revolusi Iran yang dipimpin Ayatollah Khomeini mendirikan sebuah Republik Islam teokratis sehingga nama lengkap Iran saat ini
yaitu Republik Islam Iran. Iran yaitu negara multi-budaya yang memiliki banyak kelompok suku dan bahasa. Persia terbesar (60%), Azerbaijan (15%), Kurdi (11%) dan Lorestan (9%). Iran yaitu negara yang beragam, terdiri dari banyak kelompok agama
dan etnis yang bersatu melalui bahasa dan budaya bersama Iran. Populasi Iran tumbuh pesat pada paruh kedua abad ke-20, meningkat dari sekitar 19 juta pada tahun1956 menjadi sekitar 75 juta pada tahun 2009. Iran menjadi tempat tinggal salah satu
populasi pengungsi terbesar di dunia, dengan lebih dari satu juta pengungsi, sebagian besar dari Afghanistan dan Irak Sejak tahun 2006, para pejabat Iran sudah bekerja dengan UNHCR dan pejabat Afghanistan untuk repatriasi mereka. sekitar 6 juta warga Iran sudah beremigrasi ke negara-negara lain, terutama sejak Revolusi 1979. Menurut Konstitusi Iran, pemerintah wajib memberi setiap warga negara akses ke jaminan sosial yang meliputi pensiun, pengangguran, usia tua, cacat, kecelakaan, bencana, kesehatan dan perawatan medis dan layanan perawatan. Ini ditutupi oleh penerimaan pajak dan penghasilan yang diperoleh dari kontribusi masyarakat,
Penerbangan Ukraina Intemational Airlines 752 (PS752) yaitu penerbangan penumpang intemasional terjadwal dari Teheran ke Kiev yang dioperasikan oleh Ukraine Intemational Airlines (UIA). Pada Rabu, tanggal 8 Januari 2020, Boeing
737-800 ditembak jatuh sesudah lepas landas dari Bandara Intemasional Tehran Imam Khomeini. Semua 176 penumpang dan awak pesawat meninggal yaitu kecelakaan udara fatal pertama bagi Ukraine Intemational Airlines. Menurut data,
penerbangan pesawat Ukraine itu dijadwalkan lepas landas pada pukul 05:15 waktu setempat ( UTC + 3: 30 ), namun ditunda. Pesawat berangkat dari Stand 116 dan lepas landas dari runway 29R pada 06:12:47 waktu setempat dan dijadwalkan
mendarat di Kiev pada pukul 08:00 waktu setempat ( UTC + 2: 00 ). Data ADS-B terakhir yang diterima yaitu pada pukul 06:14:45, kurang dari 2 menit sesudah keberangkatan. Antara 06:14:20 dan 06:14:45 pesawat berbelok ke kanan 24 ° (dari pos
lepas landas 289 ° hingga 313 °). Ketinggian terakhir yang tercatat yaitu 2.416 meter (7.925 kaki) di atas permukaan laut dengan kecepatan gerak 275 knot (509 km / jam). Penerbangan naik tepat di bawah 3000 kaki / mnt saat catatan data penerbangan tiba-tiba berakhir di atas tanah terbuka dekat ujung utara Enqelab Eslami Boulevard di Parand, sesudah pesawat ditabrak oleh dua rudal jarak dekat yang diluncurkan.
Pesawat Boeing 737-800 dilengkapi dengan transponder radio yang berfungsi, dan trek radar yang dihasilkan oleh transponder memperjelas bahwa transponder bekerja dengan normal. Menurut laporan Asia Times, salah satu dari dua rudal menabrak pesawat jenis Boeing 737-800, saat sedang naik pada ketinggian 8.000 kaki.
, pesawat itu naik sekitar 2.000 kaki per menit, pesawat terbang sekitar 4 menit sebelum ditabrak, dengan dampak rudal terjadi sekitar pukul 6:16 pagi. Menurut Asia Times, salah satu dari dua rudal menabrak pesawat jenis Boeing 737-800 itu saat sedang naik pada ketinggian 8.000 kaki, pesawat naik sekitar 2.000 kaki per menit, pesawat terbang sekitar 4 menit sebelum ditabrak, dengan dampak rudal terjadi sekitar pukul 6:16
pagi.Pejabat Iran melaporkan bahwa 147 dari 176 orang di dalam penerbangan itu yaitu warga Iran, sementara 30 lainnya yaitu warga negara asing. Dewan Keamanan Ukraina mengkonfirmasi bahwa 11 warga Ukraina, termasuk 9 anggota awak, tewas dalam insiden itu . 11 Kementerian Luar Negeri Ukraina merilis manifes penumpang dan awak pesawat antaralain : : 82 warga Iran, 63 warga
Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, 4 warga Afghanistan, 3 warga Jerman dan 3 warga Inggris. Kementerian Luar Negeri Jerman menyangkal bahwa ada warga negara Jerman yang naik pesawat. 3 penumpang terdaftar sebagai pencari suaka di Jerman. Tiga orang itu berasal dari Afghanistan dan tinggal di Jerman sebagai
pencari suaka. Perbedaan dalam laporan sebab bahwa hampir setengah dari penumpang memakai warga negara ganda, dan Iran mengakui warga negara ganda sebagai warga negara Iran saja. Para penumpang harus memakai paspor Iran saat memasuki dan keluar dari negara itu, oleh sebab
itu mereka terdaftar sebagai warga negara Iran dengan otoritas perbatasan Iran.Penembakan pesawat Ukraine Airlines flight 752 terjadi dalam krisis Teluk Persia 2019-2020, yaitu intensifikasi ketegangan militer antara Republik Islam Iran dan
sekutu dan Amerika Serikat dan sekutu di area Teluk Persia.ketegangan 5 hari sesudah presiden AS Donald Trump memerintahkan serangan
pesawat tak berawak yang menewaskan jenderal besar Iran Qasem Soleimani di Irak sebagai pembalasan atas pelanggaran terhadap kedutaan AS di Baghdad oleh Kelompok Milisi Iran Kataib Hezbollah. Beberapa jam sesudah serangan balistik rudal balistik Iran. ini yang memicu Iran melakukan serangan balik terhadap Amerika Serikat namun salah sasaran. sebab temyata pesawat yang dikira yaitu pesawat Amerika (musuh) yaitu pesawat sipil milik Ukraina Airlines 572. mulanya , otoritas penerbangan Iran menyangkal pesawat Ukraine Airlines flight 752, terkena rudal dan mengatakan kesalahan teknis bertanggung jawab. Juru bicara Kementerian Transportasi Iran mengklaim bahwa seluruh badan pesawat terbakar sesudah mesinnya terbakar sehingga pilot kehilangan kendali dan pesawat
jatuh ke tanah. menurut pakar penerbangan Vadim Lukashevich, benar ada kebakaran di pesawat itu, namun mengesampingkan penembakan rudal akan menjadi prematur: Sebuah kebakaran mesin tidak mengecualikan kemungkinan bahwa itu dipicu oleh serangan rudal ,sumber pemerintah Iran dan Ukraina awalnya menyalahkan masalah mekanis atas kecelakaan pesawat, namun Pemerintah Ukraina lalu menarik kembali pemyataannya dan mengatakan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi, menolak untuk mengesampingkan bahwa pesawat itu terkena rudal. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan bahwa tidak boleh ada spekulasi mengenai pemicu kecelakaan itu .Pesawat Ukraina ditembak jatuh oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, yang mengaitkannya dengan kesalahan manusia, Investigasi dari badan-badan intelijen
barat dan masyarakat umum sudah mengungkapkan bahwa pesawat Ukraine
Airlines flight 752 ditembak jatuh oleh rudal darat-ke -M1 Tor-M1 yang diluncurkan oleh Iran. 3 hari lalu , pada tanggal 11 Januari 2020, Korps Pengawal Revolusi Islam mengatakan mereka sudah menembak turun pesawat sesudah mengira itu untuk rudal jelajah.Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran lalu mengakui
dalam sebuah pemyataan bahwa mereka sudah menembak jatuh pesawat, secara tidak sengaja mengidentifikasikannya sebagai target musuh.
Penembakan pesawat Ukraina terjadi, sesudah Iran menembakkan rudal balistik ke pangkalan pasukan Amerika Serikat di Irak, Garda Revolusi Iran cemas atas serangan balasan Amerika. saat radar mendeteksi pesawat tak dikenal, tentara Garda Revolusi Iran mencoba untuk mengontak pusat komando untuk memperoleh izin menembak namun gagal menghubunginya. Tanpa otorisasi dari pusat komando, dia menembak rudal anti-pesawat yang temyata menargetkan pesawat Ukraina Airlines
752 yang membawa 176 orang penumpang. Semua penumpang tewas sesudah pesawat
ditembak jatuh. Dalam beberapa menit, komandan tertinggi Garda Revolusi Iran menyadari apa yang sudah mereka lakukan. Dan berusaha menutupi penembakan itu . Selama berhari-hari, mereka menolak untuk memberi tahu bahkan saat
Presiden Hassan Rouhani, yang pemerintahnya secara terbuka menyangkal bahwa pesawat itu ditembak jatuh. saat mereka akhimya memberitahunya, dia memberi mereka ultimatum: berterus terang atau dia akan mengundurkan diri.16
Angkatan Bersenjata Iran mengakui sudah secara tak sengaja menembak jatuh pesawat penumpang milik maskapai Ukraina, yang menewaskan keseluruhan 176 penumpang dan kru. Militer Iran mengakui kesalahan itu dan mengatakan
bahwa pesawat Boeing 737 itu secara keliru dianggap sebagai target musuh di saat ketegangan dengan Amerika Serikat meningkat. beberapa pemyataan pengakuan militer Iran :
- Angkatan Bersenjata Iran sudah berada pada tingkat siaga tertinggi sesudah meluncurkan rudal ke dua pangkalan militer di Irak yang menampung
pasukan AS dan menyusul ancaman-ancaman oleh Amerika dan para komandan militer.
-Penerbangan militer Amerika Serikat di sekitar Iran sesudah operasi rudal dan menyusul adanya beberapa laporan terget udara bergerak menuju
pusat-pusat strategis Iran.
-Sesudah lepas landas, dari bandara intemasional Imam Khomeini Teheran, pesawat Ukraine dengan nomor penerbangan PS752 berputar balik. Mendekati sebuah tempat militer Garda Revolusi dan tampak terbang seperti target musuh. sebab kesalahan manusia pesawat itu tertembak, yang memicu kematian sejumlah rekan warga negara Iran dan kematian beberapa warga negara asing.
-Pemyataan juga menyampaikan belasungkawa dan simpati pada keluarga yang meninggal dan memberi jaminan bahwa tidak akan mengulangi
kesalahan seperti itu, dengan perubahan prosedur operasional. bahwa Angkatan Bersenjata akan segera menyerahkan pelakunya ke pengadilan.
- Bahwa pejabat-pejabat terkait dari Garda Revolusi harus segera memberi penjelasan terperinci di media nasional.Tertembaknya pesawat Ukraina Airlines flight 752 memicu tekanan dunia intemasional kepada Iran meningkat sesudah aksi saling balas serangan negara Iran dengan AS sebelumnya pada 3 Januari, serangan udara militer AS menewaskan pemimpin Korps Garda Revolusi Islam (IGRC) Iran, Qassem Soleimani, di Baghdad,
sehingga Iran berhati-hati terhadap pesawat yang melewati area nya dan mengira pesawat sipil Ukraina yaitu musuh. Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara dengan Presiden Iran, Rouhani.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan ia sangat marah dan menyampaikan pada Presiden Rouhani bahwa harus ada penyelidikan secara penuh dengan kejelasan bagaimana tragedi ini dapat terjadi. Kanada tidak akan berhenti sampai memperoleh pertanggungjawaban, keadilan, dan kesimpulan yang layak diperoleh keluarga korban, mereka terluka, marah, dan berduka dan mereka butuh
jawaban. Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky menuntut kompensasi dan permintaan maaf, dan semua orang yang terlibat dalam penembakan pesawat diseret ke pengadilan .Pada saat sesudah presiden AS Donald Trump memerintahkan serangan pesawat tak berawak yang menewaskan jenderal besar Iran Qasem Soleimani di Irak,
Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) memerintahkan semua pesawat sipil Amerika menghindari area udara Iran dan diikuti oleh perintah serupa oleh beberapa negara dan maskapai lain termasuk Ukraina. Para ahli mempertanyakan keputusan Iran untuk tidak menutup area udaranya sesudah meluncurkan rudal. Jenderal Amir Ali Hajizadeh mengatakan permintaan sudah dibuat untuk zona larangan terbang sebelum insiden itu namun sebab alasan yang tidak jelas permintaan ini ditolak. Akibat dari tertembaknya pesawat Ukraina Airlines flight 752, Otoritas keselamatan transportasi udara di Eropa mengeluarkan peringatan kepada maskapai
penerbangan global mengenai risiko terbang di area udara Iran. Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) memperingatkan bahwa pesawat-pesawat jet penumpang yang terbang melalui area udara Iran berisiko menjadi target yang tidak disengaja oleh sistem pertahanan udara negara Iran. sebab situasi keamanan yang berbahaya, dan koordinasi yang buruk antara penerbangan sipil dan operasi militer, ada risiko kesalahan identifikasi pesawat sipil. sebab adanya berbagai sistem pertahanan udara yang canggih, disarankan untuk berhati-hati. EASA yaitu Badan Uni Eropa yang berbasis Jerman, bahwa tingginya risiko tindak operasi untuk level penerbangan di bawah 250 atau 25.000 kaki (7.600 meter). Peringatan EASA disampaikan beberapa hari sesudah Iran mengakui sudah secara tidak disengaja menembak jatuh pesawat Ukraine Intemational Airlines Flight 752 tak lama sesudah lepas landas dari Bandara Intemasional Imam Khomeini di Teheran.Menurut Organisasi Penerbangan Sipil (CAO) Iran, satu unit pertahanan udara Iran yang lupa untuk menyesuaikan sistem radamya memicu rantai komunikasi dan human error yang memicu jatuhnya pesawat. Operator sistem pertahanan udara meluncurkan rudal pada apa yang dideteksi sebagai target bermusuhan tanpa respons dari pusat komando.Insiden yang terjadi pada 8 Januari 2020 itu menewaskan seluruh 176 penumpang di dalam pesawat. Decoding kotak hitam pesawat jet itu dimulai pada 20 Juli. Iran akan mengirim black box atau kotak hitam pesawat Ukraine Airlines
yang tak sengaja ditembak jatuh tentara Iran pada 8 Januari lalu kepada Ukraina. Sebelumnya, nasib akan dikemanakan black box masih menjadi pemyataan, atas permintaan Ukraina, kotak hitam Ukraine Airlines tidak akan dibaca di Iran, namun akan dikirim ke Ukraine untuk analisa,Keputusan Iran untuk mengirim kotak hitam ke Ukraina berselang satu hari sesudah Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau meminta Iran untuk bekerja dengan Perancis. Alasannya Perancis memiliki kemampuan teknis canggih dalam membaca
penerbangan dan perekam data kokpit. Iran mengakui bahwa kotak hitam itu rusak dan mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengekstraksi datanya. Duta Besar Ukraina untuk Kanada, Andriy Schevchenko, mengatakan negaranya menyambut
keputusan Iran untuk menyerahkan kotak hitam pesawat Ukraina dan jika keahlian tambahan diperlukan, perekam data penerbangan akan diteruskan ke Prancis untuk dianalisa .
Pengaturan hukum Udara Intemasional masalah Penembakan Pesawat Ukraina Oleh Militer Iran
Keamanan yaitu istilah yang menggambarkan perasaan orang bukan apakah mereka dibenarkan dalam merasakan cara mereka melakukannya dalam ini keamanan tergantung pada persepsi orang tentang posisi mereka di lingkungan mereka, bukan pandangan objektif tentang lingkungan itu,
Dalam kegiatan penerbangan, keamanan dan keselamatan penerbangan sangat di perlukan guna mencapai keadaan penerbangan yang di inginkan, yaitu sampai ke tempat tujuan dengan tiada kurang suatu apapun,Keamanan (security) berasal dari bahasa Latin securus bebas dari bahaya, terbatas dari ketakutan (free from danger, free from fear). berdasar susunannya kata securus dapat didefenisikan tanpa dan curus berarti uneasiness, bila digabungkan securus bermakna liberation from uneasiness atau apeaceful situation without any risks or threats. Dengan kata lain makna keamanan (securus) terkandung arti terbebas dari segala macam ancaman, bebas dari rasa takut
baik dari individu, kelompok dan negara, Dalam kegiatan penerbangan, keamanan penerbangan yaitu salah satu faktor penting selain keselamatan penerbangan. Banyak yang menafsirkan keamanan
dan keselamatan penerbangan yaitu dua hal yang sama. faktanya keamanan dan keselamatan penerbangan yaitu dua hal yang berbeda dan tidak
dapat dipisahkan sebab satu dan lainnya saling berkaitan.Pesawat udara Ukraina yang ditembak pemerintah Iran yaitu pesawat penumpang dengan penerbangan berjadwal, yaitu pesawat sipil yang
dioperasikan oleh Ukraine Intemational Airlines. Pasal 3 Konvensi Chicago 1944 tentang Penerbangan Sipil Intemasional menyatakan bahwa Konvensi Chicago 1944 berlaku bagi pesawat terbang sipil. maka berdasar ketentuan pasal itu , Status hukum penerbangan Ukrainian Airlines flight 752 yaitu penerbangan sipil yang tunduk pada ketentuan Konvensi Chicago 1944.
Penembakan Pesawat Ukraina, berkaitan dengan lebih dari satu negara, yaitu Iran sebagai negara yang melakukan penembakan dan area nya menjadi lokasi terjadi penembakan pesawat. Negara Kanada yaitu negara yang
warganegaranya menjadi korban terbanyak dalam masalah penembakan pesawat. Negara Ukraina sebagai negara pemilik pesawat Ukraine Airlines flight 752 dan negara tempat pesawat itu didaftarkan dengan nomor penerbangan PS752. Dan juga juga melibatkan Boeing sebagai perusahaan pembuat pesawat Ukraine Airlines
flight 752 itu .Kedaulatan negara di ruang udara, pengaturannya ada dalam Pasal 1 Konvensi Chicago 1944, tentang Penerbangan Sipil Intemasional berbunyi: bahwa setiap negara memiliki kedaulatan secara penuh dan khusus terhadap area udara yang ada di atas area negaranya. berdasar ketentuan pasal 1 Konvensi Chicago 1944 itu yaitu bahwa negara memiliki wewenang atas segala tindakan ataupun kejadian yang terjadi pada area udaranya. Seperti melarang pesawat dari negara tertentu untuk masuk
kedalam area udaranya, memperingatkan atau mengambil tindakan saat objek udara yang masuk ke dalam area nya saat dianggap sebagai suatu ancaman.Setiap negara berdaulat berhak menetapkan zona larangan terbang, dan melarang
segala bentuk penerbangan pada zona larangan terbang itu ,Dari ketentuan konvensi di atas sebetulnya tindakan Iran untuk melindungi
area udaranya dapat dibenarkan, namun selayaknya Iran menetapkan zona larangan terbang di area udaranya, penetapan zona larangan terbang di atas area udaranya seharusnya juga diumumkan kepada negara-negara bahwa dan
kepada Organisasi Penerbangan Sipil Intemasional (ICAO) bahwa negaranya menetapkan zona terlarang di area udara sebab situasi perang. Sebagaimana yang sudah diatur di dalam Pasal 9 ayat 1 Konvensi Chicago 1944: jika Iran menetapkan zona terlarang terbang sebab adanya situasi perang, harus meliputi lokasi area yang luas dengan batas-batas yang masuk akal sehingga tidak memicu gangguan terhadap penerbangan udara, dan penetapan zona larangan terbang ini harus disampaikan secepat mungkin kepada negara-negara dan Organisasi Penerbangan Sipil Intemasional, namun jika ini tidak dilakukan Iran, maka dapat dikatakan bahwa Iran sudah melakukan suatu pelanggaran hukum intemasional khususnya hukum udara. Ketentuan Pasal 1 Konvensi Chicago, tidak berarti membenarkan Iran menembak jatuh pesawat Ukraina itu , meski dianggap ancaman, dalam mukadimah Konvensi Chicago 1944, bahwa pembangunan penerbangann sipil intemasional di masa depan sangat membantu menciptakan dan melestarikan persahabatan dan saling
pengertian dikalangan bangsa-bangsa di dunia, penyalahgunaan penerbangan intemasional dapat menjadi ancaman bagi keamanan umum. bahwa perlu menghindari terjadinya perpecahan dan memajukan kerjasama antar bangsa dan rakyat yang menjadi syarat bagi perdamaian dunia, negara-negara yang menandatangani Konvensi sudah mencapai kesepakatan mengenai prinsip-prinsip dan rancangan-rancangan tertentu agar penerbangan sipil intemasional dapat dibangun
dengan berlandaskan kepada kesamaan peluang dan dijalankan secara sehat dan ekonomis. Dalam ini Iran harus menghormati ketentuan tujuan penerbangan sipil intemasional dalam rangka menghormati negara-negara lain guna menciptakan perdamaian dunia.
Penembakan rudal Iran kepada pesawat Ukraina Airlines flight 752 juga bertentangan dengan semangat keselamatan penerbangan yang ada di dalam Konvensi Chicago 1944, pasal 44 huruf (a), yang berbunyi : semangat dalam menjamin pertumbuhan yang aman dan tertib dari penerbangan sipil intemasional di seluruh dunia yaitu salah satu tujuan dari organisasi penerbangan sipill intemasional. Untuk itu, pemerintah Iran dapat dimintai pertanggungjawaban atas tertembaknya pesawat Ukraina Airlines flight 752. meski demikian, negara Ukraina selaku pemilik pesawat Ukraina Airlines
flight 752 pun harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada dalam Konvensi Chicago 1944, terkait dengan penerbangan berjadwal yang
dilakukan oleh pesawat Ukraina Airlines flight 752. Pihak Ukraina dalam ini Ukraina Airlines harus memperhatikan aturan-aturan intemasional tentang keselamatan penerbangan sebelum terbang, apalagi area udara yang akan dilalui
yaitu area perang. Pihak Airlines Ukraina dengan nomor penerbangan PS752 seharusnya dapat bekerjasama dengan ATC setempat guna memperoleh informasi pelayanan awal area udara yang akan dilalui. Pihak ATC (Air Traffic Services)
hendaknya dapat memberi informasi yang akurat atas area udara yang akan dilalui pesawat itu . Sebagaimana tujuan dari ATC selain mencegah tabrakan pesawat ATC juga bertujuan yaitu memberi informasi dan saran untuk keselamatan
dan efisiensi pesawat dalam penerbangan. Dan ini menjadi suatu yang penting untuk diketahui dan dilaksanakan pihak ATC yang memiliki tugas melakukan pengendalian area udara agar pesawat dapat terbang hingga ke tempat tujuan dengan selamat, dimana ATC memiliki andil dalam keselamatan penerbangan pesawat yang dilayaninya. Sebagaimana diamanatkan dalam Annex 11 ICAO yang mengatur tentang Air Traffic Services-Air Traffic Control Service, Flight Information and Alerting Service. sebab pesawat yang sedang melintas itu terbang harus
mengikuti instruksi ATC untuk melewati rute yang sudah yang ditetapkan oleh negara.Dapat menjadi catatan dalam kegiatan pemberian informasi penerbangan dari pihak ATC terkait pengendalian lalulintas penerbangan, pesawat yang akan melewati area udara negara yang sedang perang/konflik senjata, ATC dapat berkoordinasi dengan departemen terkait contoh nya departemen pertahanan keamanan atau angkatan udara negaranya guna memperoleh informasi area -area udara mana saja yang rawan untuk dilewati. Seperti juga informasi cuaca yang diberikan ATC
melalui kerjasama dengan BMKG negara setempat. Informasi area udara negara yang sedang dalam kondisi perang/konflik bersenjata juga menjadi penting untuk mencegah tertembaknya pesawat-pesawat udara sipil, seperti yang terjadi terhadap
pesawat Ukraina Airlines 752.Selain pelanggaraan terhadap hukum udara intemasional sebagaimana yang sudah dijelaskan dia atas, penembakan rudal Iran kepada pesawat Ukraina Airlines flight 752 juga melanggar ketentuan HAM sebab pesawat udara sipil tidak .dipersenjatai. Di dalam hukum perang atau hukum humaniter, pada Protokol
Tambahan I 1977 yang berkaitan dengan perang udara antara lain Pasal 52 ayat (2) yang menentukan bahwa serangan harus dengan tegas dibatasi hanya pada sasaransasaran militer. Obyek- obyek/sasaran-sasaran militer dibatasi pada obyek-obyek yang oleh sifatnya, letak tempatnya, tujuannya atau kegunaannya memberi
sumbangan yang efektif bagi aksi militer yang jika dihancurkan secara menyeluruh atau sebagian, direbut atau dinetralisir, di dalam keadaan yang berlaku pada waktu itu, memberi suatu keuntungan militer yang pasti 27 . Pasal 51 ayat (4) yang menentukan bahwa serangan yang tidak membedakan sasaran yaitu dilarang,
Serangan-serangan yang tidak membedakan sasaran yaitu serangan-serangan yang tidak ditujukan terhadap sasaran khusus militer seperti yang sudah dilakukan Iran terhadap pesawat udara Ukraina.Terkait dengan investigasi tertembaknya pesawat Ukraina ini, diatur dalam pasal 26 Konvensi Chicago 1944, yang menyatakan bahwa, jika terjadi kecelakaan pesawat di negara anggota organisasi penerbangan sipil intemasional dan
memicu korban meninggal atau luka parah, atau menandakan ada kerusakan pada pesawat udara atau sarana penerbangan udara, maka negara tempat terjadinya kecelakaan akan melaksanakan investigasi kecelakaan pesawat udara itu , sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan sepanjang hukum nasional negara itu mengijinkan prosedur yang direkomendasikan oleh organisasi
penerbangan sipil intemasional. Menelaah dari pasal ini, negara Iran dapat melakukan investigasi terhadap jatuhnya pesawat Ukraina 752, dan Ukraina sebagai negara tempat pesawat 752 didaftarkan wajib diberi kesempatan sebagai peninjau dalam investigasi kecelakaan pesawat Ukraina airlines 752. Pada masalah ini, Iran
mengirim black box atau kotak hitam pesawat Ukraine Airlines yang tak sengaja ditembak jatuh tentara Iran kepada Ukraina. ini dapat dibenarkan dan tidak melanggar ketentuan hukum. sebab di dalam Annex 13 ICAO membahas mengenai
kecelakaan pesawat dan investigasi, pembagian negara dibagi kedalam 5 kategori yaitu :
-State of Operators yaitu negara lokasi
tempat utama bisnis dari operator pesawat, jika tidak ada tempat utama bisnisnya maka yang dipertimbangkan yaitu lokasi tempat tinggal permanen dari operator.
- State of Registry yaitu negara tempat pesawat itu didaftarkan.
- State of design yaitu negara yang memiliki yurisdiksi atas organisasi yang bertanggung jawab terhadap desain tipe suatu pesawat.
- State of manufacture yaitu negara yang memiliki yurisdiksi atas organisasi yang bertanggung jawab atas pembuatan suatu pesawat.
-State of occurance yaitu negara yang di area
kekuasaannya terjadi kecelakaan pesawat.
Amerika Serikat terlibat dalam investigasi, mewakili negara tempat pembuat pesawat. Bureau d'Enquêtes et d'Analyses pour la Sécurité de l'Aviation Civile, organisasi asal Prancis akan ikutserta sebagai perwakilan dari negara tempat dibuatnya mesin pesawat terbang dan Kementerian Infrastruktur Ukraina akan ikutserta sebagai perwakilan negara tempat pesawat itu terdaftar. Swedia dan Kanada secara resmi diundang oleh tim investigasi untuk bergabung dalam penyelidikan pada investigasi kecelakaan pesawat Ukraina 752, sebab warga negara Swedia dan Kanada menjadi korban terbanyak dalam insiden pesawat Ukraina 752 itu , Atas permintaan Ukraina, kotak hitam atau black box pesawat tidak akan dibaca di Iran, namun akan dikirim ke Ukraine untuk analisa dan pembacaan, Keputusan Iran untuk mengirim kotak hitam ke Ukraine berselang satu hari sesudah Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau meminta Iran untuk bekerja dengan
Perancis. Alasannya Perancis memiliki kemampuan teknis canggih dalam membaca
penerbangan dan perekam data kokpit,Iran sudah mengirimkan kotak hitam pesawat penumpang Ukraina ke Prancis. Wakil Menteri Luar Negeri untuk urusan intemasional dan hukum Iran, Mohsen Baharvand menyampaikan bahwa kotak hitam sudah dipindahkan ke Paris kemarin
17Juli 2020 oleh pejabat organisasi penerbangan dan hakim, dan pembacaan akan dimulai pada hari Senin, 20 Juli 2020.Gholam Abbas Torki, Jaksa Militer Provinsi Tehran, mengatakan pada hari Senin 20 Juli 2020 bahwa kotak hitam pesawat
penumpang Boeing 737 milik maskapai penerbangan Ukraina sudah dipindahkan ke
laboratorium khusus di Perancis untuk segera dimulai proses pembacaannya oleh perwakilan dari Organisasi Penerbangan Sipil Iran yang dihadiri oleh perwakilan dari kantor kejaksaan militer. Menurut aturan Organisasi Penerbangan Intemasional (ICAO), negara-negara yang berkepentingan, termasuk Amerika Serikat
sebagai produsen pesawat, Ukraina, pemilik pesawat dan Kanada, Swedia dan Afghanistan, yang memiliki warga tewas dalam kecelakaan ini sudah diundang untuk membaca kotak hitam. Perwakilan ICAO, Organisasi Penerbangan Sipil Iran, bersama dengan perwakilan Kantor Kejaksaan Militer Tehran akan hadir pada proses pembacaan kotak hitam pesawat penumpang Boeing 737,Pembacaan kotak hitam dalam investigasi kecelakaan penerbangan sangat diperlukan, hal mana tujuan dari investigasi kecelakaan penerbangan yaitu untuk mencegah jangan sampai terjadikecelakaan pesawat udara dengan sebab yang sama, bukun untuk mencari siapa yang
salah dan siapa yang dapat dipertanggungjawabkan
ICAO sebagai organisasi intemasional yang secara khusus menangani penerbangan sipil, kecelakaan pesawat dikatakan yaitu saat memicu penumpang yang menaiki pesawat itu mengalami
cedera yang fatal dan serius, pesawat memperoleh kerusakan pada badan maupun kesalahan secara struktural, dan pesawat itu hilang ataupun tidak dapat diakses atau dihubungi sama sekali.
Dalam dunia penerbangan, ketentuan yang bersifat publik seperti Konvensi Chicago 1944 diatur dalam peraturan perundang-undangan bersifat publik, dan ketentuan yang bersifat perdata seperti Konvensi Warsawa 1929/1999 diatur dalam
peraturan perundang-undangan yang bersifat perdata. Menurut perjanjian Warsawa, pengangkut udara bertanggung jawab terhadap timbulnya kerugian. Pemberian ganti rugi dan santunan kepada korban pesawat Ukraina Airlines 752
yaitu masalah perdata yang tidak diatur di dalam Konvensi Chicago 1944 namun diatur di dalam beberapa ketentuan intemasional lainnya. Terkait dengan santunan yang diberikan kepada korban kecelakaan pesawat udara, diatur dalam Konvensi
Warsawa 1929, The Haque Protocol 1955, Montreal Agreement 1966, Guatemala City Protocol 1971, dan Montreal Protocol No. 1,2, 3 dan 5 tahun 1975. Masing-masing konvensi secara tegas mengatur jumlah santunan penumpang korban kecelakaan
pesawat udara, Konvensi Warsawa 1929 US$ 10.000.00; The Haque Protocol 1955 US$
20.000.00; Montreal Agreement 1966 US$ 58.000,00 tidak termasuk biaya pengacara,
atau US$ 75.000,00 termasuk biaya pengacara. Guatemala City Protocol 1971 US$
100.000,00 tidak termasuk biaya pengacara atau 1.500.000,00 gold Franc atau US$
120.000,00 termasuk biaya pengacara. Jumlah santunan penumpang korban kecelakaan pesawat udara itu yaitu jumlah maksimum tanggung jawab
pengangkut. Konvensi Warsawa 1929, lalu diganti dengan Konvensi Montreal 1999 Convention for the unification of certain rules for intemational carriage by air. Konvensi Montreal 1999 mengatur rezim hukum secara intemasional mengenai tanggung jawab pengangkut terhadap pengguna jasa penerbangan yang mengalami kerugian yang ditimbulkan oleh pengangkut. Baik pengangkutan penumpang, bagasi dan kargo dalam penerbangan intemasional dengan pesawat udara. Konvensi
Montreal 1999 berlaku sejak 4 November 2003 dan hingga saat ini sudah diratifikasi oleh kurang lebih 125 negara-negara anggota ICAO. 38 Ukraina sudah meratifikasi konvensi ini pada 6 Mei 2009, sedang Iran meratifikasi Warsaw Convention &
Hague Protocol. Ganti rugi dapat diberikan kepada korban kecelakaan pesawat. Ganti rugi berupa santunan untuk masalah pesawat Ukraina ini, pejabat dari Organisasi Penerbangan Sipil Iran Hassan Razaeefar menegaskan bahwa ganti rugi untuk keluarga korban pesawat Ukraina Intemational Airlines penerbangan PS752
tergantung pada penyelesaian antara Iran dan Ukraina ,pesawat itu diasuransikan oleh perusahaan Ukraina, yang biasanya akan
meliputi pesawat, penumpang, dan barang-barang mereka di atas pesawat. Biasanya perusahaan penerbangan membayar reparasi, namun dengan
mempertimbangkan fakta bahwa kecelakaan ini tidak normal, kedua negara perlu mencapai penyelesaian. Iran sudah menyatakan bahwa militer Iran yang sudah menembak rudal sehingga mengenai pesawat Ukraina secara tidak sengaja sebab pesawat Ukaraina itu di perkirakan yaitu musuh yang hendak menyerang. Dalam masalah ini, kesalahan ada pada negara Iran dan Iran harus bertanggungjawab penuh untuk melakukan ganti rugi sesuai dengan ketentuan penerbangan sipil
intemasional yang berlaku. namun jika hasil investigasi terhadap masalah ini bila terbukti bahwa yang dilakukan Iran yaitu ketidaksengajaan dan pesawat Ukaraina melanggar jalur penerbangan, maka pihak Ukraina dalam ini
perusahaan penerbangan Ukraina Airlines 752 dan Iran dapat memicu keputusan bersama terkait ganti rugi yang harus diberikan kepada korban. Sesuai pasal 17 Konvensi Montreal bahwa pengangkut bertanggungjwab atas kerugian yang timbul harus dipenuhi syarat-syarat antaralain : : Kerugian harus dipicu oleh suatu kecelakaan,Kecelakaan itu harus terjadi dalam pesawat udara, kecelakaan itu harus tejadi pada waktu embarkasi atau disembarkasi. Pengangkut dalam ini yaitu perusahaan Ukraina Airlines 572. Untuk lalu , permasalah tututan terhadap Iran selaku negara yang sudah melakukan penembakan rudal militemya peda pesawat sipil Ukraina Airlines 572 Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky menuntut kompensasi dan permintaan maaf, dan semua orang yang terlibat dalam penembakan pesawat diseret ke pengadilan .
PESAWAT LAYANG MODEL TERBANG BEBAS
Pesawat layang model terbang bebas Pelangi
yaitu pesawat layang model terbang bebas (free flight sail plane model) tidak bermotor yang dapat diterbangkan dengan cara dilemparkan tangan (hand launched) atau diluncurkan dengan ketepel (catapult lauched) atau bahkan diluncurkan dengan dorongan roket kecil (rocket boosted).Pesawat model Pelangi tersedia dalam bentuk kit yang dilengkapi dengan lem CA untuk merakit komponen pesawat yang terbuat dari kayu balsa dan kertas sampul dan lem PVAc (lem putih) untuk melapisi kerangka sayapnya.Dengan bentang sayap 50 Cm, berat siap terbang sekitar 40 gram pesawat layang model ini dapat melayang layang dengan baik di luar ruangan (out door flying field) hingga ke ketinggian sekitar 30 meter dan jarak
jangkau sekitar 50 hingga 100 meter dengan
waktu penerbangan hingga beberapa belas detik
Daftar Komponen
Kit Pesawat model Pelangi terdiri dari
- Bagian Badan dan Ekor,
Ekor Horizontal (stabilo) 1 buah,
Ekor Vertikal (fin) 1 buah ,
Badan Pesawat dari kayu balsa 5 mm 1 buah ,
-Aksesories Badan
- Sayap ,
Karet Gelang 2 buah ,
Pemberat Timbal 3 gr 2 buah ,
Lem PVa,
Dowel Bambu /kayu keras 3 mm 1 pasang ,
Dudukan Sayap dari kayu balsa 2 mm 1 pasang ,
-Lem CA 2 gr 1 buah,
-Petunjuk dengan Gambar Rencana skala 1:1 1 eksemplar,
-Bagian Sayap ,
Trailing Edge Dalam dari kayu balsa 2mm 1 pasang,
Trailing Edge Luar dari kayu balsa 2 mm 1 pasang,
Wing Tip dari kayu balsa 5 mm 1 pasang,
Wing Rib dari kayu balsa 1.5mm 9 pasang,
Kertas pelapis 10x55 cm 2 lembar ,
Jig Sayap 2 pasang ,
Leading Edge Dalam dari kayu balsa 5mm 1 pasang,
Leading Edge Luar dari kayu balsa 5 mm 1 pasang ,
Alat- alat yang diperlukan,antaralain :
Untuk merakit pesawat layang model Pelangi diperlukan alat-alat antaralain :
Penggaris logam, Pisau hobby atau heavy duty Cutter,Balok ampelas,
cara Perakitan Sayap, antaralain :
Dari dalam kit pesawat Pelangi , kita ambil Rib Sayap yang di dalam kit masih berbentuk persegi empat. Kayu bahan rib sayap yang berbentuk persegi empat ini sebetulnya yaitu 2 (dua) buah rib sayap berbentuk trapezium yang belum
terbelah. pakailah cutter untuk memisahkan dua rib sayap pada garis yang ada di tengah kayu bahan rib itu . lalu ambilah Leading Edge Sayap
(LE) yaitu kayu yang penampang lintangnya berbentuk seperti huruf D dan Trailing Edge Sayap (TE) yang penampang lintangnya berbentuk segitiga untuk dirakit menjadi 4 panel sayap yang
masing masing yaitu Panel Sayap bagian Kiri Luar, Kiri Dalam, Kanan Dalam dan Kanan Luar. Rakitlah Panel Sayap Dalam (inner wing panel) kiri dan kanan terlebih dahulu sebab panel ini memakai Rib Sayap yang ukuran panjangnya sama sehingga
lebih mudah untuk dirakit. Perakitan dimulai dengan meletakkan Leading Edge di bagian depan, Trailing Edge di bagian belakang dan 2 buah Rib di sisi kiri dan kanan paling luar sehingga panel
sayap membentuk kerangka persegi terlebih dahulu. lalu pasangkan ribrib yang lain sehingga seluruh rib sayap di panel sayap itu terpasang
dengan tepat, kuat dan rapi. Perakitan Panel Sayap Luar (outer wing panel) kiri dan kanan agak sedikit
berbeda dengan Panel Sayap Dalam (inner wing panel) sebab bentuk sayap mluar yang mengecil (taper) sehingga panjang Rib sayapnya juga semakin pendek ke arah tepi sayap. Untuk itu rib
sayap yang panjangnya sama di dalam kit harus kita potong sisi belakangnya sehingga ukurannya sesuai dengan dimensi yang terlihat di gambar rencana. pakailah pisau cutter untuk memotong
panjang rib sayap dengan cara langsung
mengukumya di atas gambar rencana.
Bagian persambungan Panel Sayap Luar dan Panel
Sayap Dalam masih terlihat tidak teratur sehingga
harus diratakan dan disesuaikan sisi-sisinya agar
tepat bertemu dengan sudut yang sesuai.
pakailah pisau Cutter dan balok ampelas untuk
meratakan setiap sisi persambungan Panel sayap
itu . lalu letakkan 4 buah jig sayap di atas
gambar rencana, masing masing di ujung tepi sayap kiri dan kanan ( wing tip) dan di persambungan panel sayap dalam dengan panel sayap luar kiri dan kanan. Sambungkan masing-masing Panel-panel sayap dengan disangga jig sayap di atas gambar rencana. Ketinggian Jig sayap akan membentuk sudut hedral sayap. pakailah lem CA untuk penyambungan hedral sayap ini. Pemasangan sudut hedral diperlukan untuk kestabilan terbang Bila di persambungan panel-panel sayap itu masih terlihat ada celah sehingga memicu persambungan itu kurang kokoh, maka sisipkanlah potongan kecil kayu balsa atau serbuk kayu hasil ampelasan ke celah persambungan itu dan kuncilah dengan tetesan lem CA ke persambungan itu . Hasilnya yang umumnya masih belum rata benar, kita ratakan dengan balok ampelas,Bagian sayap yang permukaannya masih kasar, tidak rata atau belum halus dan bentuknya masih tidak beraturan harus diampelas sehingga bentuknya streamline secara aerodinamis, khususnya dipersambungan rib dengan leading edge dan trailing edge, wing tip dan sambungan tengah dan sayap tepi.Sayap yang sudah selesai dirakit kita akan lapisi dengan kertas singkong atau kertas sampul. Untuk itu kita harus
melapisi sisi bawah sayap terlebih dahulu agar di akhir pelapisan, tepian kertas pelapis sayap atas nantinya tidak terlihat sebab berada di sisi
bawah sayap.Kerangka sayap yang akan dilapisi
kertas diolesi lem kertas atau lem putih PVA. lalu kertas dibasahi air melalui semprotan atau diusap dengan sapu tangan yang dibasahi air.Untuk melapisi permukaan sayap bawah pakai kertas pelapis yang panjangnya 52 Cm yaitu sepanjang
bentang sayap Pelangi Kertas itu direkatkan ke kerangka sayap dan usahakan agar tidak terjadi
banyak kerutan atau permukaannya kendor. Tariklah ujung ujung kertas ke arah luar agar kerutan di bagian tengah berkurang. Rapikan tepian kertas dengan pisau Cutter. Untuk pelapisan permukaan sayap atas pakailah 4 lembar kertas pelapis yang panjangnya sekitar 13 Cm yaitu sepanjang panel-panel sayap. Lapiskan kertas ini ke masing-masing panel dan pastikan ada overlap
sekitar 3 mm yang diberi lem PVA.Biarkan kertas mengering dengan cara dianginanginkan hingga permukaan kertas menjadi tegang dan rapi. Agar kertas pelapis sayap tidak mudah basah,
lapiskan cairan Dope atau waterproofing agent dari jenis sanding sealer atau vemis dengan cara dikuaskan atau disemprotkan ke permukaannya.
Rekatkan Ekor horizontal dan vertikal di bagian belakang badan pesawat dengan lem CA, perhatikan sudut pemasangan ekor horizontal yang tegak lurus dengan badan pesawat dan ekor vertikal.Rekatkan dudukan sayap pada badan
pesawat di celah yang disediakan. Pastikan dudukan sayap terpasang tegak lurus terhadap badan dan ekor vertikal. Letakkan sayap pada dudukannya pada badan, pakai 2 utas karet gelang untuk mengikat sayap ke badan. Di bagian hidung pesawat kita rekatkan pemberat dari timbal agar titik berat pesawat berada di tengah sayap atau sekitar 50% dari lebar sayap. Pesawat model Pelangi sudah siap di uji terbang. Untuk menguji
terbang, pesawat diluncurkan melawan angin. Carilah tempat yang agak terbuka dengan lapisan rumput tebal di bawahnya. Lapisan rumput ini akan mencegah rusaknya pesawat jika temyata setting titik berat dan posisi ekomya belum pas sehingga terbang melayang layang nya masih belum baik.
Pesawat yang melayang layang hingga sejauh lebih dari 6 meter dikatakan sudah layak terbang,
sedang pesawat yang masih menukik atau menanjak lalu jatuh berarti perlu di trim ekor horizontalnya dengan cara dibelokkan sisi belakangnya ke atas atau Pesawat layang yang sudah layak terbang dapat dilemparkan dengan tangan kuatkuat ke udara, di luncurkan dengan
ketapel atau di luncurkan dengan dorongan roket mini melalui peluncur yang panjangnya sekitar 1 meter. Pesawat layang model Pelangi akan menanjak hingga keketinggian 10 hingga 30 meter,
lalu melayang layang turun secara perlahan-lahan selama lebih dari 10 detik hingga mendarat.
Agar terbangnya tidak terlalu jauh, usahakan agar pesawat dapat terbang berputar ke kiri atau ke kanan dengan cara membelokkan ekor vertikalnya ke arah yang diinginkan, contoh nya kita ingin
pesawat berputar membelok ke kanan, maka ekor vertikal di belokkan sisi belakangnya 3 derajat ke kanan. Dilempar Memotong Arah Angin Untuk menerbangkan pesawat layang yang diset untuk terbang berputar kita perlu berlatih untuk melemparkan pesawat dengan lontaran
yang kuat memotong arah angin yang datang dari depan,Pesawat yang terbang melayang layang nya
berputar ke kanan perlu dilemparkan memotong angin sekitar 10-15 derajat ke arah kiri, sebaliknya pesawat yang diset untuk terbang berputar ke kiri, harus dilemparkan memotong arah angin ke
arah kanan. Perbaikan KerusakanJika sebab suatu hal pesawat layang Pelangi mengalami crash atau
menabrak benda atau sesuatu yang keras
sehingga mangalami kerusakan, maka perbaikan perlu segera dilakukan.Struktur pesawat Pelangi yang terbuat dari kayu balsa kalau patah atau terlepas dari sambungannya dapat direkatkan atau
disambung kembali dengan lem CA. Hal yang perlu diperhatikan yaitu sudutsudut dan dimensinya harus tepat seperti gambar rencana .