makanan dari tepung, atau jagung bakar, yang dicampur dengan air atau susu.
Pakaian mereka juga sama sederhananya dengan menu makanan mereka, yaitu jubah
panjang yang dilengkapi dengan ikat pinggang dan busana atas yang modelnya sudah
dikenal luas. Kepala mereka ditutup dengan sebuah penutup kepala yang diikat
dengan sutas tali. Mereka jarang mengenal celana panjang dan alas kaki.
Selain itu, orang badui memiliki keteguhan pendirian dan kesabaran
kelihatanya sudah menjadi nilai luhur yang mereka pegang, sehingga mereka mampu
bertahan ditempat yang membuat orang lain tidak sanggup bertahan. Bagi mereka,
bersikap pasif dalam menanggung beban muncul lebih penting dibandingkan berusaha
mengubah kondisi yang ada, tidak peduli seberat apa pun beban kemuncul an yang
mereka tanggung. pribadi isme, karakteristik lain orang badui, sangat berakar kuat,
sehingga mereka tidak pernah bisa mengangkat dirinya sejajar dengan penduduk
sosial menurut stamdar internasional. Disiplin, bentuk penghormatan terhadap
ketertiban dan otoritas, bukan nilai yang populer di tengah kemunculan gurun.
maraknya peristiwa pembegalan, atau
perampokan terhadap kafilah, atau perkemahan suku lain. Ghazw serbuan kilat, atau
razia , bila tidak dipandang sebagai organisasi bandit liar, dibentuk berdasarkan
kondisi sosial-ekonomi kemuncul an gurun hingga menjadi semacam institusi sosial.
Razia dan perampokan adalah fondasi struktur ekonomi penduduk badui pengembala. Di kawasan gurun pasir, tempat semangat peperangan dianggap sebagai
kondisi mental yang kronis, serbuan kilat adalah salah satu dari beberapa
pekerjaan laki-laki. Seorang penyair pada masa Umayyah, al-Qutami,
mengungkapkan prinsip yang menuntun kemuncul an semacam itu dalam dua bait
syairnya: Pekerjaan kita yaitu menyerbu musuh, tetangga, dan saudara kita
sendiri, jika kita tidak menemukan orang lain untuk kita serang kecuali saudara kita
sendiri .
Kondisi alam dan pola hubungan antara penduduk yang terjalin di kawasan
ini sangat mempengaruhi pemikiran dan gagasan mereka tentang junjungan tinggi , kepercayaan , dan
spiritual. Dasar-dasar kepercayaan Semit berkembang di oasis-oasis, bukan di
dataran berpasir, namun berpusat di area yang berbatu dan bermata air, dalam
arab diwakili dengan simbol Hajar Aswad dan sumur Zamzam, dan dengan Bethel
dalam kitabsakral Bagi orang badui, kepercayaan hanya sedikit terlintas dalam
hati mereka. Bahkan hingga saat arab menyebar, mereka hanya melantunkan pujipujian, dan menghormatas kepada junjungan , tidak ditambah kepercayaan dalam hati.
Dilihat dari puisinya, orang Badui pagan pada masa jahiliah hanya memiliki
sedikit kepercayaan . Mereka tidak antusias, terhadap tradisi, Demikian pula tidak ditemukan sedikit pun
gambaran tentang pengabdian sejati kepada dewa yang mereka sembah. orang
Arab pagan tidak merencanakan sebuah mitologi, teologi atau kosmologi seperti
yang dikembangkan oleh orang Babilonia.
kepercayaan orang Badui, seperti halnya berbagai bentuk kepercayaan primitif,
pada dasarnya yaitu kepercayaan animisme. Perbedaan yang tegas antara oasis dan
gurun memberi mereka konsep penting paling awal tentang dewa yang memiliki
peran penentu. Roh pemilik tanah yang subur lalu dipandang sebagai dewa
yang memberi karunia, sedang roh pemilik tanah yang gersang dipuja sebagai
dewa jahat yang harus ditakuti.
Kepercayaan orang Badui terhadap benda-benda langit berpusat pada
bulan, yang dibawah cahayanya mereka menggembalakan ternak mereka di padangpadang rumput. Tradisi penyembahan bulan mengisyaratkan sebuah penduduk
penggembala ternak, sedang tradisi penyembahan matahari menjelaskan tahap berikutnya, yaitu penduduk pertanian. Selain mempercayai beberapa dewa atau
junjungan tinggi , mereka juga mempercayai keberadaan roh halus atau jin yang dapat
mempengaruhi jalan kemuncul an mereka. orang Badui memenuhi gurun pasir
dengan jin atau
roh jahat. Bagi kepercayaan orang Badui, kedudukan jin tidak jauh berbeda
dengan dewa dari sisi karakteristik dan hubungannya dengan manusia.
penduduk Arab Utara di area hijz dan Nejed disusun atas dasar clan
qaum sebagai suatu dasar. Secara berurutan struktur penduduk Arab ini terdiri dari
keluarga, hayy, clan, dan suku qabilah . Kemah adalah satu keluarga. Satu
komponen dari kemah-kemah membentuk sebuah hayy, dan anggota sebuah hayy
menyusun sebuah clan. Sebuah clan yang memiliki tali perhubungan darah
membentuk sebuah suku qabilah . Semua anggota clan menganggap dirinya
bersaudara, sehingga „ashabiyah semangat kesukuan adalah jiwa dari clan. Jadi
kekuatan semangat dan ikatan kesukuan memunculkan satu jenis semangat yang
dikenal dengan sebutan „ashabiyah. Ia mengisyaratkan loyalitas suka rela dan tanpa
syarat kepada anggota clannya dan seperti biasa mirip dengan patriotisme yang yang
bersifat fanatik dan chauvanistik.
Setiap clan dipimpin oleh seorang kepala yang dinamakan syaikh. Senioritas dari
segi usia dan kualifikasi pribadi menjadi acuan utama dalam penentuan seseorang
layak menjadi syaikh atau tidak. Kewajiban seorang syaikh yaitu memelihara adat
kebiasaan dan ketertiban penduduk nya, menjaga kehormatan clan, dan memimpin
perang tidak wajib . Dalam persoalan hukum, militer, dan kepentingan bersama,
seoarang syaikh bukan pemilik otoritas , karena ia harus berkonsultasi
dengan dewan suku yang terdiri atas kepala keluarga. sedang itu, jabatan seorang
syaikh berlangsung selama dikehendaki oleh para anggota suku. Jadi seorang syaikh
dapat jatuh dari kedudukannya jika dewan ini tidak lagi memberikan kepercayaan
kepadanya.
Dalam usaha menjaga ketertiban penduduk nya yang berarti juga
mempertahankan kelanjutkan muncul sukunya, seorang syaikh bertindak sebagai
hakam arbiter dalam setiap perkara yang dajukan kepadanya. Vonis yang
dijatuhkan yaitu didasarkan atas adat kebiasaan yang sudah berlaku secara turun-temurun. Ketaatan anggota penduduk untuk melaksanakan keputusan yang
diberikan oleh seorang syaikh terhadap perkara-perkara yang diajukan para pihak
yang berperkara, termasuk suatu pembunuhan, yaitu mutlak diperlukan. Jika tidak,
akan muncul kegoncangan dalam penduduk , yang dapat juga berakibat runtuhnya
suku itu dikarenakan saling berbunuh-bunuhan dengan alasan penentuan balas
dendam darah.
Vonis yang paling berat dirasakan oleh seorang terhukum yaitu pengusiran
ke luar suku. Setiap pengusiran berarti pula tercabut hak untuk mendapat
perlindungan. Jika dia tidak memperoleh perlindungan dari suku lain, maka akan
menemukan ajalnya secara tersiksa tanpa ada orang yang menuntut balas atas
kematiannya.
Syaikh juga berkewajiban untuk mencari penyelesaian atas sengketa yang
terjadi antar suku demi keselamatan dan kehormatan sukunya. Jika anggota sukunya
yang terbunuh maka syaikhlah yang berkewajiban untuk mengajukan tuntutan
pembalasan dendam darah yang tertumpah yang harus dibayar dengan darah, atau
cukup dengan ganti rugi darah diyat . Hal ini tergantung pada kuat lemahnya suku
yang dihadapi atau berdasarkan pertimbangan lain seperti adanya hubungan
persahabatan dan lain sebagainya. Demikian pula sebaliknya, syaikh berkewajiban
untuk menawarkan cara penyelesaian dengan syaikh dari suku yang dirugikan.
Seorang budak yang dibebaskan masih menggantungkan diri pada
keluarga bekas tuannya, maka dia bersetatus sebagai klien mawla . Seseorang asing
dapat juga meminta perlindungan pada satu suku. Dalam hal perlindungan ini dapat
juga satu suku yang lemah secara kesemua an meminta perlindungan pada clan yang
lebih kuat yang pada akhirnya mereka masuk terabsorbir ke dalam suku yang kuat
itu . Barang-barang yang dimiliki secara pribadi hanya kemah dan isi
perabotannya. Air, ladang tempat beternak, dan tanah pertanian yaitu milik bersama
semua anggota clan yang harus dipertahankan secara bersama pula.
Kepercayaan penduduk hijz dan Kedudukan Ka’bah
Di tengah penduduk perkotaan hijz, yang jumlahnya hanya sekitar 15 persen dari penduduk hijz, tahap pemujaan terhadap benda-benda langit muncul sejak lama. Al-„Uzaa, al-Latta, dan Manat tiga anak perempuan junjungan tinggi
memiliki tempat pemujaannya masing-masing yang disakralkan di area yang
lalu menjadi kelahiran arab .
Al-Lat dari kata Ilahah, yang berarti junjungan tinggi perempuan memiliki tempat
pemujaan sakral di dekat tif , tempat berkumpul orang maca dan lainnya
untuk beribadah umumnya dan menyembelih binatang korban. Di sekitar area itu
tidak dibolehkan menebang pohon, memburu binatang dan menumpahkan darah.
Hewan dan tanaman di sekitarnya tidak boleh diganggu karena di sanalah junjungan tinggi
yang diagunggkan tinggal.
Al-Uzza yang paling agung, Venus, atau bintang pagi dipuja di Nakhlah,
sebelah timur maca . Ia adalah berhala yang paling diagungkan oleh orang Quraisy. Tempat pemujaannya terdiri atas tiga batang pohon. Korban
manusia menjadi ciri khas pemujaannya. Ia yaitu permaisuri Uzzay-an yang
menjadi junjungan tinggi orang Arab Selatan. Pada masa menjelang kelahiran arab ,
banyak penduduk Arab yang menamai anaknya dengan Abd al-„Uzza.
Manah berasal dari kata maniyah, pembagian nasib yaitu dewa yang
menundukan nasib, dan kemudian merepresentasikan tahap kemuncul an
kekepercayaan an yang lebih awal. Tempat sakral besarnya yaitu sebuah batu hitam di
qud , di sebuah jalan antara maca dan madine . Dewa Nasib ini sangat
populer di kalangan suku Aws dan Khazraj. Dewa lainnya, yaitu Hubal dari
bahasa Aramaik, yang berarti roh , yang kelihatanya adalah dewa tertinggi di
tempat ibadah , direpresentasikan dalam bentuk manusia. Di samping patung representasi
Hubal disediakan busur dilengkapi anak panah yang dipakai untuk mengundi
nasib oleh para peramal.
tempat ibadah pra_arab , yang lalu menjadi tempat sakral arab yaitu
bangunan bentuk bangunan sederhana, yang awalnya tidak beratap, yang menjadi
tempat penyimpanan meteor yang dipakai sebagai benda penting . Pada
masa kemunculan arab , bangunan itu dipugar tahun 610 M oleh orang
Abissinia memanfaatkan bahan-bahan material dari sisa-sisa kapal Bizantium atau
Abissinia yang hancur di Laut Merah.Tradisi arab menyebutkan bahwa ibadah awalnya dibangun oleh adamovic
yang meniru bentuk aslinya di alambaka , dan sesudah banjir besar, tempat ibadah dibangun
kembali oleh penganut junjungan tinggi . saat sedang melakukan renovasi, esm
diberi batu oleh pasukan junjungan tinggi , yang kini masih ditempatkan disudut sebelah
tenggara tempat ibadah , dan termasuk dalam rangkaian ibadah-ibadah umumnya . sesudah masa
keduanya, pemeliharaan tempat ibadah tetap berada di tangan keturunan esm hingga
akhirnya Bani Khuza‟ah, yang memperkenalkan penyembahan berhala, mulai
menundukan nya. Lalu datang suku Quraisy, yang melanjutkan jalur keturunan
esm .
Salah satu konsep kekepercayaan an penting yang dikenal di kawasan hijz
yaitu konsep tentang junjungan tinggi . Bagi penduduk hijz, junjungan tinggi junjungan tinggi , penciptaan
junjungan tinggi yaitu yang paling utama, meskipun bukan satu-satunya. Besarnya
penghormatan orang maca pra-arab kepada junjungan tinggi sebagai pencipta dan
pemberi nikmat, dan wujud yang diseru saat tertimpa musibah,
digambarkan dalam kitabsakral . Namun, fakta junjungan tinggi yang
dikenal saat itu yaitu junjungan tinggi arab
Karena orang badui sering datang ke kota hijz untuk melakukan
barter, terutama selama masa gencatan senjata, yaitu pada empat bulan yang
disakral kan , akhirnya mereka terbiasa dengan kepercayaan orang perkotaan
yang lebih maju, lalu mereka mulai melakukan ritual di sekitar tempat ibadah dan
menyembelih kurban. Unta dan domba adalah hewan persembahan utama di
kota maca , dan keduanya disembelih di atas batu-batu yang dianggap sebagai
altar persembahan. Praktek ziarah ke beberapa tempat sakral
penduduk perkotaan Arab menjadi praktik ibadah yang paling penting bagi
penduduk nomad. Gencatan senjata di bulan sakral mencakup bulan kesebelas,
keduabelas, pertama, dan keempat Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab .
Tiga bulan pertama dikhususkan untuk pelaksanaan ritual kepercayaan , dan bulan
keempat untuk melakukan aktivitas dagang.
Kota-kota Utama hijz: tif , maca , dan madine hijz, sebuah dataran tandus yang berfungsi seperti penghambat antara
dataran tinggi Nejed dan area pesisir yang rendah, yaitu tihn dataran
rendah , hanya memiliki tiga kota: tif , dan dua kota yang bertetengga, maca
dan madine .
Kota tif ada di sekitar area yang ditumbuhi pepohonan lebat
dengan ketinggian sekitar 6.000 kaki di atas permukaan laut dan digambarkan
sebagai sepotong tanah Suriah, adalah penginapan musim panas bagi
kalangan aristokrat maca sejak dulu hingga kini. Diceritakan, bahwa kota ini
pada tahun 1814 sebagai area yang paling memberikan ispirasi dan
mengegumkan. Buminya yang subur menghasilkan beberapa komoditas seperti,
semangka, pisang, ara, anggur, kenari, persik, delima, dan juga madu. Bunga
mawar yang dibudidayakan di kota ini dijadikan parfum yang terkenal di maca .
Dari semua tempat di Semenanjung Arab, tif yaitu tempat yang paling
mendekati gambaran kitabsuci tentang alambaka .
Kota berikutnya yaitu maca . Nama maca , dinamakan macarob oleh
Ptolemius, diambil dari bahasa Saba, Makuraba, yang berarti tempat sakral . Kata
itu menandakan bahwa kota ini didirikan oleh suatu kelompok kekepercayaan an,
sehingga bisa dikatakan bahwa sejak dulu, jauh sebelum kelahiran perintis keagamaan
, maca sudah menjadi pusat kekepercayaan an. maca ada di tihn ,
sebelah selatan hijz, sekitar 48 mil dari Laut Merah, di sebuah lembah gersang
dan berbukit, yang digambarkan kitabsakral sebagai tanah yang tidak bisa
ditanami. Jauh berbeda dengan tif , panasnya suhu udara di maca hampir tak
tertahankan.
Jauh sebelum kota maca dilintasi jalur rempah-rempah dari selatan ke
utara, maca sejak lama sudah menjadi tempat persinggahan dalam perjalanan
antara Ma‟rib dan Gazza. orang maca yang progresif dan memiliki
naluri dagang sudah berhasil mengubah kota ini menjadi pusat kemakmuran.
Kemakmuran kota ini bisa digambarkan dari sebuah kafilah dagang maca yang
terlibat dalam Perang bads . Saat kafilah itu kembali dari Gazza, rombongnnya
terdiri atas seribu ekor unta dan membawa barang dagangan senilai 50.000 dinar. Di bawah kepemimpinan orang Quraisy, pemelihara tempat sakral , posisi
maca berhasil dipertahankan.
Kota penting ketiga di hijz yaitu madine . Kota yang dulu dikenal
yats ini ada sekitar 510 km sebelah utara maca , dan secara geografis
jauh lebih baik dari kota tetangganya di sebelah selatan. Di samping ada di
jalur rempah-rempah, yang menghubungkan Yaman dengan Suriah, kota ini
adalah sebuah oasis subur dalam arti yang sebenarnya. Tanah di area ini
sangat cocok untuk ditanami pohok kurma. Di tangan penduduk Yahudi, tempat
Banu Nadhir dan Banu Quraidzah, kota itu menjadi pusat pertanian yang
terkemuka. Dilihat dari namanya dan kosakata Aramaik yang dipakai dalam
aktivitas pertanian mereka, orang Yahudi ini tak pelak lagi kebanyakan
adalah suku Arab keturunan Aramaik yang sudah menganut kepercayaan Yahudi,
meskipun mulanya yaitu orang Israel yang lari dari Palestina saat
ditaklukkan Romawi pada abad pertama masehi. sedang itu, dua suku utama
non-Yahudi di kota itu yaitu Aws dan Khazraj yang berasal dari Yaman.
orang Arab Selatan kebanyakan yaitu orang perkotaan, yang
tinggal di Yaman, Handramaut, dan sepanjang pesisirnya. Mereka memakai
bahasa Semit kuno, Sabea atau Himyar, yang dekat dengan bahasa Etiopia di Afrika.
orang selatan ini memiliki unsur pesisir yang cukup tegas, yaitu brachycepalic
berkepala bulat , dengan rahang yang besar dan hidung membengkok, pelipis yang
datar, dan berambut lebat. orang Arab Selatan yaitu orang yang pertama
mencapai kemajuan dan merencanakan peradaban mereka sendiri.
Arab selatan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Mesir. Daya tarik
utama area Arab Selatan bagi orang Mesir yaitu pohon gaharu, yang
bernilai sangat tinggi untuk acara ritual di kuil dan proses pembangunan mumi, dan
negeri Arab Selatan itu dikenal sangat kaya dengan produk ini. Handramaut,
, area ini yang pada masa kuno area nya meliputi bagian pesisir, yaitu
Mahrah dan Syir, adalah kawasan yang terkenal sebagai produsen gharu. Zafar adalah pusat kotanya. Kota Zafar inilah yang menjadi pusat perdagangan pohon
gharu.
Selain itu, di Arab Selatan, orang Saba yaitu orang arab pertama
yang melangkah menuju pintu peradaban. orang Saba yaitu orang Phoenisia
dari laut selatan. Mereka mengenal rute perjalanan, karang dan pelabuhannya,
menundukan pergantian musimnya yang tidak stabil dan memonopoli perdagangan
selama satu seperempat abad terakhir sebelum masehi.
Saba
Saba, disamping juga Minea, yaitu kerajaan pertama yang berhasil diketahui,
yang berdiri di Arab selatan pada zaman kuno. Kedua kerajaan itu pada awal
berdirinya adalah kerajaan teokrasi dan lalu berubah menjadi kerajaan
sekuler.
orang Saba menurunkan semua keluarga Arab Selatan. Tanah Saba,
yang ada di sebelah Najran di area Yaman, adalah tanah air mereka.
orang Saba muncul dari 750-115 SM, sedang tetangganya muncul dari 700 SM
sampai abad ke-3 M. Pada masa kejayaannya, raja-raja Saba memperluas hegomoni
mereka ke semua kawasan Arab Selatan dan menjadikan kerajaan tetangganya, yaitu
Minea, sebagai kota protektoratnya. Sirwah yaitu ibukota Saba, sedang
bangunan besarnya yaitu Kuil Almaqah, Sang Dewa Bulan. Rerunjunjungan tinggi
bangunannya yang paling penting, kini dinamakan al-Kharibah, bisa menampung tak
kurang dari 100 orang.
Pada masa masa kedua kerajaan Saba sekitar 610-115 SM , penguasa kelihatanya
mulai menghilangkan karakteristik kependetaannya. Ma,rib, yang berjarak sekitar
enam mil di sebelah timur San‟a, dijadikan ibukotanya. Kota ini adalah titik temu
berbagai rute perjalanan dagang yang menghubungkan negeri-negeri penghasil
wewangian dengan pelabuhan-pelabuhan di Medeterenia, terutama Gazza.
Kerajaan Minea, Qataban, dan Handramaut
Kerajaan Minea berkembang di Jawf, Yaman, dan pada masa kekemasannya
area kerajaan itu meliputi sebagian besar kawasan Arab Selatan. Ibukota orangorang Minea yaitu Qarnaw. Kota metropolis kekepercayaan an, Yatsil, yang berada di
sebelah selatan Jawf, ada di sebelah barat laut Ma‟rib. orang Minea
berbahasa sama dengan orang Saba, dengan sedikit perbedaan dialek. Beberapa
tulisan yang dinamakan tulisan Minea meliputi dokumen kerajaan orang Qataban
dan beberapa kecil teks Handramaut.
Selain kerajaan Minea dan Saba, dua kerajaan penting lainnya di area ini
yaitu Qataban dan Hadramaut. Negeri Qataban ada di sebelah timur Adan, yang
kini berada di sekitar Hadramaut. Kerajaan monarki Qataban, yang beribukota di
Tamna, berdiri sekitar tahun 400-50 SM, sedang kerajaan Hadramaut, yang
beribukota Syabwah, berdiri dari abad ke-5 SM hingga akhir abad ke-1 M. Kerajaankerajaan ini selama beberapa waktu berada di bawah kekuasaan kerajaan Saba dan
Minea. Dari tahun 115 SM dan seterusnya, semua area itu jatuh ke tangan
penguasa baru yang datang dari dataran tinggi sebelah barat daya, yaitu suku Himyar.
Sejak itu, peradaban di area itu dinamakan dengan peradaban Himyar, meskipun gelar
raja mereka tetap sama.
Himyar
orang Himyar yaitu kerabat dekat orang Saba dan menjadi
pewaris tradisi dan peradaban Saba dan Minea. Bahasa mereka praktis sama dengan
orang Saba dan Minea. Zhafar, kota di bagian dalam semenanjung, sekitar
seratus mil sebelah timur laut Mukha di atas jalan menuju Shan‟a, yaitu ibukota
Dinasti Himyar. Kota ini menggantikan posisi Ma‟rib, kota orang Saba, dan
Qarnaw, kota orang Minea.
Pada masa Himyar inilah pasukan Romawi yang bernasib sial di bawah
pimpinan Aelius Gallus berhasil masuk hingga area Mariama. Raja dari masa masa
Himyar pertama ini yaitu seorang raja yang tinggi di puri, memiliki tanah luas dan
mencetak uang emas, perak, dan perunggu dengan menampilkan gambar wajahnya
pada salah satu sisinya dan seekor burung hantu lambang orang Atena atau
kepala banteng di sisi lainnya. Beberapa uang logam yang lebih tua memuat gambar
raja Atena, sihingga menandakan ketergantungan Arab Selatan kepada model-model Atena sejak abad ke-4 SM. Di samping uang logam, ditemukan juga beberapa patung
perunggu karya pengrajin Yunani dan Sasaniyah dalam penggalian di Yaman.
Organisasi sosial kependuduk an Saba-Himyar menampilkan percampuran
yang aneh antara sistem kesukuan kuno, stratifikasi kasta, dan aristokrasi dan
monarki feodal. Semua gejala ini menampilkan fenomena peniruan berbagai hal dari
berbagai sumber sehingga akhirnya menciptakan sesuatu yang unik.
PERSIA
Kekaisaran Persia adalah kekaisaran bersejarah yang
berkuasa di Dataran Tinggi Iran, tanah air asal orang Persia, dan sekitarnya
termasuk Asia Barat, Asia Tengah dan Kaukasus. Saat ini nama Persia dan
Iran sudah menjadi kebiasaan; Persia dipakai untuk isu sejarah dan
tradisi sedang Iran dipakai untuk isu politik.orang Arya hijrah ke Iran dan mendirikan kekaisaran pertama Iran
yang bernama Kekaisaran Media (728 – 550 SM). Kekaisaran ini sudah
menjadi simbol pendiri orang dan juga kekaisaran Iran. lalu disusul
dengan Kekaisaran Akhemeniyah (546 SM) yang didirikan oleh Koresh yang
Agung (Cyrus yang Agung).
Cyrus Agung menjadikan Persia sebagai pusat kerajaan baru yang
perkasa. Cyrus memimpin pasukan penunggang kuda dan pemanah ulung, ia
juga menundukan kerajaan yang memiliki kekuasaan di sekitar Laut Mediterania. Cyrus Agung juga terkenal sebagai pemerintah pertama yang
mewujudkan undang-undang mengenai hak-hak kemanusiaan. ini tertulis
di atas artefak yang dikenal sebagai Silinder Koresh. Ia juga merupakan
pemerintah pertama yang memakai gelar Agung dan juga Shah Iran. Di
zamannya, perbudakan dilarang di area taklukannya (jsebagai Kekaisaran Persia).
Perluasan kekuasaan ini lalu
diteruskan oleh Raja Cambyses (531-522 SM) yang berhasil menguasai Mesir
dan penggantinya, Darius I (Darius Agung 522 SM – 486 SM) yang
memperluas area hingga India dan Yunani. Di bawah pemerintahan Cyrus
yang Agung dan Darius yang Agung, Kekaisaran Persia menjadi sebuah
kekaisaran yang terbesar dan terkuat di dunia pada zaman itu. Pencapaian
utamanya ialah sebuah kekaisaran besar pertama yang mengamalkan sikap
toleransi dan menghormati tradisi -tradisi dan agama-agama lain di area
jajahannya.
Di bawah pemerintahan Darius I pada tahun 520 SM, Persia berhasil
mendirikan kota Persepolis dekat Pasargade. Darius I memusatkan
administrasi di kota ini. Selain itu, ada monument dinasti ini. Kota ini
pula yang dijadikan sebagai simbol kemewahan dari Kekaisaran Persia, dimana ada tiang-tiang yang besar dan tinggi pada sisa-sisa puingpuing kota ini pasca dibumi hanguskan oleh Alexander Agung dalam
penaklukkannya lalu .
Raja terakhir dinasti ini, Darius III Codamanus (336-331 SM)
ditundukan oleh orang Macedonia di bawah pimpinan Alexander Agung.
Alexander pun tidak menikmati kekuasaannya sebab ia meninggal beberapa
tahun sesudah nya (323 SM). sesudah kematian Alexander, terjadilah
perpecahan diantara para panglima militernya. Mereka pun mulai membagi
area kekuasaan yang sudah ditundukan Alexander. area Persia sendiri
pada akhirnya menjadi milik panglima Seleucid, salah seorang Jenderal
Alexander. Dibawah kekaisaran Seleucid, Persia mengalami babak sejarah
yang cemerlang. Kekaisaran ini berhasil menyatukan Asia Kecil, Syam,
Irak, dan Iran menjadi satu kesatuan area . Kekuasaan dinasti Selukida
(Seleukus, Seleukid) ini tidak berumur panjang pula.
sesudah kekaisaran Selukida, muncul kekaisaran Parthia. orang
Parthia adalah suku pengembara yang berasal dari Asia dan hijrah ke selatan
menuju Persia sekitar tahun 1000 SM. lalu suku Parni bergabung pada
tahun 300 SM. Orang Parthia dan Parni tinggal di utara Iran di bawah
pemerintahan orang Persia yang lalu di bawah kaum Seleukid, Yunani.
Pemimpin Parni lalu menjadi Gubernur Seleukid di Parthia. Pada
tahun 238 SM, ia menyatakan kemerdekaan dan mengangkat dirinya menjadi
raja tertinggi. Parthia menjadi semakin makmur berkat perdagangan Jalur
Sutera dari Cina.ada dua bersaudara pemimpin yang terkenal di Parthis yang
dipanggil Mithradates. Tidak banyak hal yang diketahui tentang Parthia,
kecuali bahwa orang Parthia menundukan Babilonia dan Baktria (Afganistan)
dan bersahabat dengan Cina Han. Mereka secara teratur berperang dengan
orang Romawi dan menghentikan perluasan area Romawi ke timur.
pasukan mereka kuat dan terorganisir dengan baik. Terkenal sebagai prajurit
penunggang kuda, mereka dapat melakukan gerakan kilat dengan menerobos
hujan anak panah dalam pertempuran . Dengan cepat, mereka mampu mengatasi
semua perlawanan bersenjata. pertempuran panjang antara orang Parthia dan
Romawi sehingga kerugian besar dan menguras kekuatan. sesudah
menguasai Persia selama 450 tahun, orang Parthia menjadi lemah. Arthabanos
IV, raja Parthia terakhir sedang terlibat perseteruan dinasti dengan saudaranya
di Mesopotamia. Dengan memakai peluang yang tercipta sebab
terjadinya perseteruan itu , Pabag yang pada awalnya adalah penguasa
kota kecil bernama Kheir dan anak tertuanya Shapur berhasil memperluas
kekuasaan mereka ke seluruh Persis.. Ia berhasil menggulingkan Gocihr, raja
terakhir dinasti Bazrangid (yaitu penguasa lokal Pars yang merupakan sekutu
dari Parthia) dan mengangkat dirinya sendiri menjadi penguasa baru pada
tahun 205.54 Pabag meninggal tahun 220, Ardashir yang saat itu adalah
gubernur Darabgird terlibat dalam perebutan kekuasaan melawan kakaknya
Shapur. Shapur meninggal pada tahun 222 M, ini memberikan kesempatan
pada Ardashir untuk menguasai pemerintahan. Ardashir lalu
membangun dinasti Persia yang baru dengan nama dinasti Sasanid (Sasania)
pada tahun 226 M. Nama dinasti ini sendiri berasal dari nama kakek pihak
ayah Ardashir, yaitu Sassan, seorang pendeta besar Kuil Anahita. Ia
menjadikan agama Parsee (Zoroastrianisme) sebagai agama negara Persia.
Raja Ardashir membawa orang Persia ke masa keemasan baru dengan dinasti
Sasania.
sesudah membangun kekuasaannya atas Persis, Ardashir dengan cepat
meluaskan area nya, menuntut upeti dari para penguasa lokal Fars, dan
berhasil memperoleh kendali atas kabupaten -kabupaten sekitarnya, di antaranya
adalah Kerman, Isfahan, Susiana, dan Mesene.
Perluasan area kekuasaan
ini segera saja menarik perhatian Artabanus IV (216–224), yaitu penguasa
atasan Ardashir. Pada awalnya, Artabanus IV memerintahkan gubernur
Khuzestan untuk menyerang Ardashir (224 M), namun Ardashir mampu
kemenangan. Artabanus sendiri akhirnya memimpin penyerangan kedua atas
Ardashir pada tahun yang sama di Hormizdeghan. Dalam pertempuran ini
Artabanus IV tewas terbunuh. Ardashir terus meneruskan menyerangdan
menguasai area kekaisaran Parthia. Tahun 226 M, Ardashir diangkat
sebagai penguasa tunggal Persia di Ctesiphon dengan gelar Syahansyah, atau
"Raja Segala Raja", Dengan demikian, dimulailah pemerintahan Sassania
yang akan berlangsung selama 4 abad.Pemerintahan Ardashir tidak langsung berjalan mulus, sebab
ada kudeta lokal di beberapa tempat sehingga perhatian hanya
terfokus pada area itu . sesudah dapat melalui kudeta itu ,
Ardashir meneruskan memperluas kekaisaran barunya itu ke arah timur
dan barat laut. Ia menundukan kabupaten -kabupaten Sistan, Gorgan, Khorasan,
Margiana (sekarang di Turkmenistan), Balkh, Khwarezmi, Bahrain dan Mosul
ke dalam kekuasaan Sassania. Selain itu, ada pula beberapa prasasti
Sassania yang mengklaim menyerahnya para raja Kushan, Turan, dan Mekran
kepada Ardashir..
lalu Shapur I (241–272), putra sekaligus pengganti Ardashir,
meneruskan ekspansi kekaisaran dengan menundukan Baktria dan bagian
barat dari Kekaisaran Kushan, dan melakukan beberapa penyerangan
terhadap Romawi. saat menyerbu bagian Mesopotamia yang dikuasai
Romawi, Shapur I berhasil merebut Carrhae dan Nisibis, namun jenderal
Romawi Timesitheus tahun 243 M mengalahkan pasukan Persia di Rhesaina
dan memperoleh kembali area -area yang hilang. Selain itu, Kaisar Romawi Gordian III (238–244) yang lalu bergerak untuk menguasai
hilir sungai Eufrat, juga berhasil dikalahkan di Meshike (244 M). Kekalahan
ini memicu Gordian III dibunuh oleh pasukannya sendiri. Shapur I
berhasil memperoleh perjanjian perdamaian dengan kondisi yang sangat
menguntungkan dari kaisar baru Romawi Philip (244–249 M). Shapur
memperoleh pembayaran sebesar 500.000 denari bedan pembayaran
bulanan lalu . Shapur segera saja meneruskan perang dan
mengalahkan pasukan Romawi pada Barbalissos (252 M), lalu menyerbu
Syria dan menundukan Antiokhia (253 atau 256 M). Serangan balasan
Romawi dibawah Kaisar Valerian (253–260 M) berakhir dengan kehancuran,
pasukan Romawi dikalahkan dan dikepung pada Edessa dan Valerian secara
licik ditangkap oleh Shapur I pada perundingan perdamaian, dan menjadi
tawanan Shapur I sepanjang hidupnya.
Kemenangan dan kesuksesan luar biasanya menangkap seorang
kaisar Romawi diabadikannya dalam relief-relief batu di Naqsh-e Rostam dan
Bishapur, dan prasasti monumental dalam bahasa Persia dan Yunani di
area sekitar Persepolis. Ia terus bergerak menuju Anatolia (260 M), namun berakhir dengan kemunduran sebab kekalahannya di tangan pasukan
Romawi dan sekutunya Palmyra, yang dipimpin oleh Odaenathus. Selir-selir
Shapur tertangkap, dan seluruh area Romawi yang sebelumnya dikuasainya juga terlepas kembali.Shapur I merupakan penguasa Sasanid
yang terkenal. ada hal-hal yang dapat dilakukan oleh Shapur I ini selain
melakukan penaklukkan di Armenia, Suriah, Sogdiana (Afganistan) dan
Lembah Indus (Pakistan), ia juga mendukung tradisi Persia dan
membangun Persia menjadi pusat agama Zoroaster. Shapur I juga
melaksanakan berbagai rencana pembangunan secara intensif. Ia mendirikan
banyak kota, yang sebagian penduduknya adalah imigran yang berasal dari
berbagai area Romawi. Di antara para imigran ada kaum Kristen,
yang memperoleh kebebasan menjalankan ajaran agamanya di bawah
pemerintahan Sassania.60 Shapur I secara khusus mendukung Manikheisme.
ini dibuktikannya dengan melindungi Mani (yang juga mendedikasikan
salah satu kitabnya, Shabuhragan, untuk Shapur I) dan mengirimkan banyak
misionaris Manikheisme sampai ke luar area nya. Selain itu, Shapur I juga
menjalin persahabatan dengan Rabbi Babilonia yang bernama Shmuel.
Persahabatan ini memicu komunitas Yahudi setempat memperoleh
sedikit kelonggaran dari penerapan berbagai hukum yang menekan, yang
dikenakan kepada mereka.61 Istana mereka menjadi pusat tradisi . Para
Shah (raja) Sasanid menjalankan tradisi lama Persia kuno dengan harapan
bahwa mereka dapat merebut kembali negeri yang pernah dikuasai Dariussebelum direbut oleh Alexander Agung. Kekaisaran kaya ini menjadi saingan
utama Romawi.Raja-raja lalu menerapkan kebijakan yang berkebalikan dari
Shapur I mengenai toleransi agama. Penerus Shapur I, Bahram I (273–276 M)
menghukum Mani dan para pengikutnya berdasar desakan dari pendeta
Magi Zoroaster. Bahram I memenjarakan Mani dan memerintahkan untuk
membunuhnya. Pemerintahan lalu adalah di bawah pimpinan Bahram
II (276–293 M) yang meneruskan kebijakan ayahnya dalam masalah agama.
Di masa pemerintahannya, ibukota Sassania Ctesiphon mengalami
penghancuran oleh Romawi, bahkan sebagian besar area Armenia, yang
selama setengah abad berada dalam penguasaan Persia, pada masa
pemerintahannya diserahkan kepada Diocletian (284–305 M).Bahram III hanya memerintah secara singkat (293 M), dan
penerusnya Narseh (293–302 M) lalu kembali mengobarkan
pertempuran terhadap Romawi. sesudah mengalami kesuksesan awal terhadap
Kaisar Galerius pada pertempuran di dekat Callinicum di Sungai Euphrates
tahun 296 M. Namun Narseh berhasil dikalahkan dalam penyergapan saat ia
sedang bersama haremnya di Armenia tahun 297 M. Dalam perjanjian yang
mengakhiri perang ini, Sassania setuju menyerahkan lima kabupaten di sebelah
timur Sungai Tigris dan bersedia untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri Armenia dan Georgia. Narseh mengundurkan diri tahun 301 M dan meninggal
dalam kesedihan setahun lalu . Putra Narseh, Hormizd II (302–309 M),
lalu naik tahta. Meskipun ia berhasil menekan kudeta di Sistan
dan Kushan, Hormizd II juga seorang penguasa yang lemah dan tidak mampu
mengendalikan para pejabat . Ia terbunuh oleh serangan suku Badui saat
sedang berburu pada tahun 309 M.
Kondisi sosial pada masa dinasti Sassania tidak lebih baik dari
beberapa tahun lalu, saat masih memakai sistem pemerintahan kerajaan.
Pembagian kelas pada masa dinasti Sassania, amatlah tajam. Kaum aristokrat
dan para pendeta berkedudukan jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.
Semua jabatan dan lowongan penting dicadangkan untuk mereka. sedang para pengrajin dan petani tidak memiliki hak sosial dan hak
perdata. Mereka harus membayar pajak dan ikut dan dalam berperang. Para
pengrajin dan petani menjalani kehidupan yang sangat sengsara. Mereka
dipandang hina dan tak berharga seolah-olah perbudakan abadi yang sudah
ditakdirkan untuk mereka. Mereka bekerja tanpa memperoleh upah atas
pekerjaan yang mereka kerjakan.
Pada masa itu, hanya anak-anak orang kaya dan pejabat yang
berhak menerima pendidikan. penduduk umum dan menengah tidak memperoleh pengetahuan dan kehormatan. ini menunjukkan bahwa
mayoritas penduduk tidak memiliki hak untuk menjadi orang terpelajar
ataupun pecinta kearifan dan keadilan. Tradisi mempertahankan penduduk
untuk tetap bodoh sangatlah penting pada saat itu. ini dipicu agar
segala keinginan yang tak semestinya dan tak pantas dari kaum minoritas
yang manja dapat dipenuhi.
Masa pemerintahan keluarga Sasania pada abad
ke enam sangat buruk sekali, keadaannya sangat dipengaruhi oleh keadaan
para raja-raja yang berkuasa pada saat itu yang berkuasa secara turun temurun.
Mereka beranggapan bahwa mereka lebih mulia dari manusia dan
menganggap mereka sebagai keturunan dewa (junjungan tinggi ). Maka seringkali penduduk
tidak menyebut nama asli raja mereka, sebab dianggap sebagai anak junjungan tinggi .
Seluruh harta kekayaan Negara menjadi milik raja. Mereka sudah
sampai pada puncak kegemaran pada kesenangan dan kemewahan dan
persaingan untuk menonjolkan kekayaan dan kebesaran sampai pada batas
daya khayal manusia, bahkan ahli syiir tidak sanggup membayangkannya.
Keadaan raja yang seperti itu berbanding terbalik dengan keadaan penduduk yang
amat sengsara dengan adanya pajak dan upeti yang sangat tinggi. penduduk
Persia sangat sengsara dan memilukan. Mereka terbelenggu layaknya binatang
ternak. Banyak diantara mereka yang meninggalkan kehidupannya untuk masuk ke kuil agar tidak ada tanggungan untuk membayar pajak dan tugas
militer.Agama resmi dinasti ini adalah agama Zaratustra. Dalam bahasa
Yunani dinamakan Zoroaster. Agama ini merupakan agama suku Persia kuno
yang dibawa orang Asia Tengah. Mereka menyembah satu dewa, yaitu Ahura
Mazda, yang diyakini ikut dalam pertempuran suci melawan Ahriman
(mewakili sikap diam) dan setan (mewakili kejahatan). sebab
pemerintahan ini berdiri atas bantuan dari para rohaniawan. ini
memicu para pendeta dan pemuka agama ini memperoleh kedudukan
yang tinggi dan kekuatan yang besar dalam dinasti. Para penguasa Sassania
hanyalah sebagai satelit dari para pendeta, dan jika mereka tidak menaati
kaum rohaniawan maka mereka akan memperoleh perlawanan yang keras
yang dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu, para penguasa lebih
memperhatikan kaum pendeta dibandingkan kaum yang lainnya.
Dalam bidang keagamaan, dinasti ini tidak jauh berbeda dengan
kondisi keagamaan pada kerajaan Romawi. Pada akhirnya, penduduk memahami
bahwa agama yang mereka anut adalah agama yang penuh dengan kekerasan.
ini dapat dilihat degan adanya penguasaan penuh dan mutlak dari para
penguasa dan para pendeta. penduduk yang semula dipaksakan untuk diam dan
menerima apa yang ada di hadapannya saat itu, mulai memberontak. Mereka menciptakan agam-agama baru, yaitu mencampur agama yang ada dengan
agama yang berasal dari luar dinasti Sassania.
Raja-raja dinasti Sassania, biasanya gemar akan kemewahan
dan kerakusan. Hal itu dapat dilihat pada istana-istana dinasti Sassania
yang memiliki banyak permata dan barang mewah lainnya. Terutama pada
salah satu permadani besar yang terbentang di balai salah satu istana yang
bernama “Babaristani Kisra” yang dibuat dengan tujuan untuk sehingga
gairah saat berpesta ria dan selalu dapat melihat pemandangan indah musim
semi yang menggairahkan.Di antara raja-raja Sassania itu , yang paling gemar akan
kemewahan adalah Khosru Parvez yang memiliki ribuan istri, budak wanita,
penyanyi dan pemusik di istananya. Hamzah Isfahani menggambarkan dalam
bukunya Sani Mulukul Arz (raja-raja besar di dunia) bahwa “Khousru Parvez
memiliki 3.000 istri, 12.000 penyanyi perempuan, 6.000 pengawal, 8.500 ekor
kuda sebagai tunjangannya, 960 gajah dan 12.000 keledai untuk membawa
bagasinya dan 1.000 unta.” Bahkan Thabari pun menambahkan, “Raja ini
lebih gemar akan permata dan piring-piringan yang mewah ketimbang
apapun.”Kedatangan itu dan pengangkatan hamid sebagai junjungan (611
M) bertepatan dengan masa pemerintahan Khousru Parvez (590-628 M) di kerajaaan Persia.
Pada masa itu, dunia yang beradab dikuasai oleh dua
kekuatan yang besar, yaitu Romawi di Barat dan Persia di Timur. Kedua
kerajaan ini selalu berperang dalam waktu yang lama untuk mendominasi
pemerintahan dunia.
Kaisar Khosru Parvez memiliki beberapa nama lain, misalnya Kaisar
Ebrewez dan Khousru II. Ia adalah putra kaisar Murmuzad IV, putra dari
Kaisar Khosru I atau Kaisar Anusyirwan yang terkenal dengan keadilannya. Ia
dinobatkan menjadi raja sesudah terbunuh pada tahun 590 M. Namun, salah
seorang keluarganya, Bahram Gaubin tidak menyetujuinya dan berusaha
menggulingkan pemerintahannya. Kekuasaan Khousru II yang diambil pun
dapat direbut kembali sesudah ia meminta bantuan pada Kaisar Romawi Timur,
Kaisar Maurice. Khousru II juga mengirimkan bala pasukan nya ke Romawi
Timur untuk meyingkirkan Kaisar Phocas yang sudah mengambil tampuk
kekuasaan Kaisar Maurice yang dulu sudah membantunya. namun
penyerbuan itu tidak berhenti hingga Phocas terbunuh. Kaisar Khousru II
meneruskan penyerbuan hingga ke pusat kerajaan Romawi Timur dan
merebut kerajaan itu . Ia berkuasa sampai Heraklius berhasil mengusirnya
pada tahun 615 M.73 Khousru II memerintah kerajaan Persia selama 37 tahun.
Pada akhirnya, ia dibunuh putranya sendiri, Syiraweh atau Shairuwaihi sebab
berusaha kabur saat pasukan Romawi Timur menyerang Persia. Syiraweh pun menjadi raja menggantikan ayahnya. Peristiwa ini terjadi tepat seperti
ucapan junjungan saat junjungan mengetahui bahwa surat yang beliau berikan
memperoleh respon yang tidak baik dari Khousru II.Mesopotamia terletak di antara dua aliran sungai Tigris dan Eufrat,
kurang lebih 170 mil dari teluk Persia. Sungai-sungai itu mengalir dari
area pegunungan Asia minor sebelah barat daya Mesopotamia. Negaranegara awal di Mesopotamia berupa negara-negara kota di lembah
bagian bawah. Masing-masing mungkin sudah memiliki tanggung jawab secara
independen dalam memicu irigasi dan pemeliharaannya. Bagaimanapun
terkadang terjadi konflik dan menolak adanya hegemoni atau kepemimpinan
seseorang atau yang lain Peradaban superior pertama dimulai dari orang Sumeria pada
masa neolitik. Orang-orang Sumeria ini diperkirakan datang dari area
perbukitan sebelah timur laut Mesopotamia sebelum tahun 4000 SM,
penduduk Semit sudah ditemukan di sana. Raji al Faruqi menyebutkan
bahwa terjadinya imigrasi orang-orang Sumeria dari area pegunungan
ke lembah Tigris-Eufrat ini dipicu adanya badai yang melanda area
itu area semenanjung Arabia, Tigris-Eufrat
dan Syria besar yang secara umum dinamakan dengan area Timur dekat,
secara terusmenerus memiliki kesatuan tradisi , bukan politik. Asia dekat secara
umum memakai bahasa semit. ini dapat diidentifikasi melalui akar
bahasa. Orang-orang Sumeria mulai memimpin dan membangun proyek
irigasi guna memajukan kehidupan perkampungan. Sekitar tahun 3500 SM
mereka sudah menghasilkan peradaban yang maju, dengan perkembangan
kota-kota, sistem organisasi politik, etika religius dan pemerintahan negarakota dengan menekan pada aspek peradaban yang baik , Pemakaian logam dan sistem penulisan sudah dipakai pada masa
ini. sedang di area selatan sudah berkembang negara-negara kota
di bawah pemimpin komandan perang, pendeta atau penasehat irigasi.
Kondisi semacam ini tidak memungkinkan adanya sentralisasi kekuasaan dengan pemerintahan pusat yang kuat. Akibatnya pertempuran sering terjadi
untuk memperebutkan pengaruh di masing-masing area yang dikuasai
Pada abad ke-26 SM orang Somit dari Akkadia menguasai Mesopotamia
selama dua abad yaitu 2500-2300 SM. Mereka menguasai mulai dari Teluk
Persia sampai masuk Mesopotamia. Meskipun mereka menguasai kota-kota
yang dibangun oleh orang Sumeria, namun mereka tidak merusak tradisi
yang ada, bahkan mengambil nya mulai dari tulisan, sistem kalender dan
cara bisnis, sehingga terjadi asimilasi tradisi yang kondusif. Tahun 2300 SM
merupakan kebangkitan orang-orang Sumeria yang ditandai dengan munculnya
raja Shirar yang menamakan dirinya sebagai raja Sumeria-Akkadia, tetapi
supremasi ini hanya berlangsung sangat singkat. Akhir milenium ketiga,
orang Sumeria-Akkadia ditundukan oleh orang Semit lainnya yaitu Syria.
saat dipimpin oleh raja Hammurabi (1943-1905 SM). Mereka memperluas
ekspansinya sampai ke area Assyria dengan Babylon dijadikan ibu kota
kerajaan. sesudah berdirinya emperium orang Semit yang kedua ini, orang
Sumeria tidak pernah muncul lagi dalam sejarah politik, tetapi bagaimanapun
peradaban yang sudah mereka bangun merupakan pondasi bagi peradaban
seluruh penakluk di lembah Tigirs-Eufrat Kota-kota yang dibangun oleh orang Sumeria merupakan kota-kota kecil
di atas bukit buatan dengan dikelilingi tembok-tembok sebagai pertahanan.
Dinding-dinding dikonstruk dari batu merah, sedang rumah-rumah
penduduk berada di sebelah selatannya. Di tengah-tengah setiap kota atau
desa ada pusat kegiatan konstitusi dan bangunan kuil yang dianggap
sakral sebagai pusat ritual keagamaan.
Pertanian merupakan landasan kegiatan ekonomi, di samping itu orang
Sumeria membangun irigasi dan dapat menghasilkan panen dalam jumlah
yang besar, sehingga memungkinkan adanya industri kebujunjungan tinggi keseharian.
Secara umum, mereka sudah memakai bajak sebagai alat untuk mengolah tanah pertanian. Sistem transportasi dengan memakai kereta dan
kereta tempur sudah dipakai. Pemberian kredit juga sudah diperkenalkan pada
masa kekuasaan orang Sumeria, kegiatan perdagangan orang-orang Sumeria meliputi area yang sangat luas, para kafilah mengadakan perjalanan ke utara,
barat sampai area timur Mediterania dan Mesir. ada indikasi bahwa
mereka sudah mengadakan kontak dagang dengan India. sedang dalam
bidang organisasi sosial secara umum hampir sama dengan Mesir, ada
hubungan tertutup dengan agama. Para penguasa diperlakukan sebagai dewa
dan absolut. Perkembangan sosial didasarkan pada pengaturan kemakmuran
bagi seluruh area yang dikuasai ,Dalam bidang arsitektur, orang-orang Sumeria memakai bahan
batu bata sebagai bahan pokok bangunan, sebab di area Mesopotamia
tidak ada batu-batu besar sebagaimana di lembah Nil Mesir. Seluruh
bangunan dan rumah-rumah hampir memakai batu bata ini. Bangunanbangunan penting orang Sumeria adalah kuil-kuil dengan menara-menaranya
yang menjulang tinggi atau dinamakan dengan ziggurat. Ziggurat
ini terdiri dari loteng-loteng, setiap tingkat lebih kecil dari yang sebelumnya.
Struktur bangunan kuil dengan menara-menaranya yang tinggi seolah
menghubungkan antara bumi dan langit Pada satu
sisinya ada tangga berbentuk segitiga sebagai jalan masuk. Setiap tingkat
diberi warna-warna simbolik, hitam merepresentasikan sesuatu di bawah bumi,
merah melambangkan bumi itu sendiri, sedang biru merupakan simbol
linggit atau surga. Di kuil itu ada taman yang bertingkat-tingkat
menjulang tinggi di atas dataran lembah. Warna-warni yang bervariasi
pada kuil yang berderet jika terkena sinar matahari akan tampak
keindahan ,Seni pahat yang diekspresikan dalam bentukbentuk relief memberikan pesan dan gambaran tentang figur-figur mereka,
dan memberikan kabar tentang sistem pemerintahan, peralatan perang,
lencana pakaian dan hewan-hewan kesukaan , Agama
orang Sumeria adalah politeisme dengan memiliki dewa-dewa sesuai dengan
kebujunjungan tinggi mereka, seperti dalam perang, dan kehidupan keseharian. Mereka
tidak memiliki konsep yang jelas tentang hari akhir , Agama
bagi mereka merupakan tuntutan dan kendali bagi kegiatan mereka di dunia
agar terhindar dari kekacauan ,tradisi yang ditinggalkan oleh orang Sumeria lebih menonjol dibandingkan di Mesir. Syair yang menceritakan tentang penciptaan dan banjir mirip dengan
cerita dalam agama Yahudi. Cerita-cerita lain lebih bersifat mitos, seperti
legenda tentang Etana seorang pengembala yang menelusuri surga untuk
mencari obat atau ramuan sumber kehidupan bagi seorang nelayan. Adapa
adalah seorang seperti adamovic yang kehilangan pakaian di kehidupan abadinya
sumbangan lain orang Sumeria terhadap peradaban
adalah teknik pertempuran , dalam bidang matematika mereka sudah memicu
kemajuan yang sangat panting, yaitu sistem bilangan yang didasarkan pada
60 unit geometri yang diwujudkan dalam bentuk-bentuk bangunan. Sistem
pemerintahan, organisasi bisnis, dan hukum international adalah paling awal
di dunia ,mengenai tradisi Semit pasca kekuasaan orang Sumeria yang paling
menonjol adalah pada masa pemerintahan Hammurabi dengan menjadikan
Babylon sebagai ibu kota. Dia adalah penguasa terbesar pertama di dunia
yang memicu hukum-hukum dan aturan-aturan yang konkrit sebagai kode
hukum tertua yang hidup , Sebagai contoh adalah
“mata untuk mata”, bagi orang yang mencederai mata orang lain, maka dia
dihukum dengan hukuman sejenis. Bagi seorang anak yang menyakiti atau
memukul orang tuanya, maka hukumannya adalah potong jari. Demikian
halnya bagi para koruptor. Seorang yang membangun rumah, sedang
bangunannya tidak kokoh sehingga roboh dan menimpa pemiliknya,
jika sampai mati, maka hukuman bagi yang membangun rumah itu
adalah hukum mati. Meskipun kode hukum ini lebih ditujukan untuk
dunia laki-laki, namun status wanita agak dijunjung tinggi. Selain itu
ada perkembangan yang sangat penting dalam prosedur bisnis dengan
memakai transkrip ,sesudah tahun 1800 SM, Babylonia mengalami masa kemunduran
atau masa transisi di area Mesopotamia, yaitu masa disintegrasi dan
mengalami perjalanan yang sangat panjang selama enam abad dengan
ditandai oleh berdirinya banyak dinasti-dinasti kecil. Emperium Hittite
merupakan kelompok yang semi independen dengan seorang raja yang kuat,
pemerintahannya bersifat otokrasi. Emperium ini tidak banyak dicatat dalam sejarah, sebab asal mereka misterius ,namun masa
ini sudah menghasilkan kode hukum yang bersilat kosmopolit yang dinamakan
dengan kode Hittite. Kode ini mirip dengan kode-kode hukum Asia timur
,Negara kecil lain adalah Lydia, muncul di area
Asia minor, kemakmuran mereka berasal dari emas dan komersial. Uang
koin sudah dipakai dalam emperium ini. Tidak seperti negara-negara kecil
lain, Lydia secara independen sudah mampu melawan Assyria, yang akhirnya
ditundukan oleh kekuatan dari Persia di abad keenam SM. Selain Lydia adalah
Phoenicia. orang ini memiliki kelebihan perdagangan dan navigasi. Mereka
terampil dalam bidang manufaktur, tekstil, barang-barang logam, kaca dan
memiliki area perdagangan yang luas. Dalam bidang tradisi , mereka
sangat tertinggal. sumbangan yang cukup berarti adalah pengenalan alfabet.
orang lain yang semacam dengan Phoenicia adalah orang Aramean yang
menguasai sekitar Damaskus. Mereka tidak banyak memberikan sumbangan
dalam peradaban
orang Semit yang sedikit banyak sudah memberikan sumbangan dalam
bidang peradaban adalah orang Yahudi atau Israel, khususnya dalam bidang
etika religius, tetapi mereka lemah dalam bidang politik. Tradisi turun temurun
mereka adalah memicu rumah di area bawah sungai Eufrat. Ibrahimovic
(Abrahamovic ) merupakan orang pertama peneliti sistem patriarki bagi orang
Yahudi. Dari tahun 1400-1200 SM, mereka masuk ke dataran Kanaan yang
sekarang dikenal dengan Palestina. sedang kelompok lain diperbudak
oleh orang Mesir. lalu mereka dikeluarkan dari perbudakan oleh
seorang pahlawan national mereka, yaitu Mose dengan membawa
perintah junjungan tinggi dan konsep baru tentang junjungan tinggi .
Sekitar tahun 1025 SM, orang Yahudi dipimpin oleh soul , seorang
penguasa yang paling terkenal di Palestina dengan memicu kerajaan,
lalu diambil alih oleh Davi (1000-960 SM). Ia sudah memicu
Yerusalem menjadi kuat dan sebagai pusat kekuasaan di Palestina dan Syria.
sesudah itu diteruskan oleh anaknya yaitu Solom dengan gaya
hidup yang mewah yaitu membangun kuil megah di Yarussalem. Pengaruh
kekuasaannya, ia mampu memperistri putri Firaun. Kekuasaan shulai berlangsung singkat, sebab sudah mengambil pajak dari penduduk nya terlalu
berat ,Pada awalnya orang Yahudi adalah penganut
politeisme, namun sesudah kedatangan para junjungan di tengah-tengah mereka,
mereka menjadi penganut monoteisme. Periode baru bagi area bulan sabit
yang subur adalah sesudah kedatangan orang Assyria. orang ini merupakan
kekuatan baru yang mampu menundukan area Timur dekat. Pada tahun
910 SM mereka menguasai Babylonia, 860 SM Mediterania sudah dikuasai dan
mengendalikan Syria, tahun 722 terbentuklah dinasti baru bagi orang Assyria
dengan raja pertamanya adalah Sargon 11. Program utamanya adalah menguasai
seluruh area subur bulan sabit. Bagaimanapun dia dan keturunannya
adalah sebagai arsitek emperium terbesar bagi dunia Barat sebelum abad 6
SM. Rahasia kesuksesannya adalah dukungan kekuatan militer yang tiada
bandingnya, meneror terhadap siapa saja yang berani melawan penguasa
Assyria, dan sistem administrasi kabupaten yang lebih maju.
Pasukan kavaleri dengan jumlah yang besar marupakan pasukan
pertama yang memakai senjata dari besi, seperti busur dan peradaban panah ditambah lagi dengan pasukan berkuda dan kereta. Kekejaman
pasukan sangat mewarnai setiap kali menundukan area baru dengan
membumihanguskan area taklukan dan membakar siapa saja yang
ditemui. Faktor ketiga dari kesuksesan orang Assyria adalah sistem
koordinasi yang baik dalam administrasi politik. Kondisi semacam ini
membentuk peradaban menjadi lebih kosmopolit. Secara keseluruhan
Assyria membuka babak baru dalam sejarah politik dengan memakai
agen-agen baru dalam organisasi internal dan sistem sentralisasi. Para
pembantu raja secara terusmenerus mengirimkan perintah-perintah raja kepada
para gubernur di kabupaten , sehingga sistem jasa post sudah dipakai pada masa
ini Dalam bidang seni dan arsitektur para raja Assyria membangun istana
megah, istana Sargon dibangun dalam tembok-tembok kota yang tebal seperti
benteng, kuil-kuil dan ziggurat juga dibangun dengan megah. Pintu gerbang
istana dibuat dengan tanduk-tanduk banteng dan patung kepala manusia
sebagai ciri khasnya. Di istana dihiasai relief-relief batu yang diberi warna-warna yang cemerlang. Dari relief-relief itu mengekspresikan tentang
figur-fugur mereka, pertempuran dan perburuan. Sejarah raja-raja dipelihara
dengan baik yang tiada tandingnya. ada perpustakaan besar pertama
yang berisi sekitar 22.000 buah lembaran dari tanah liar, berisi tentang
nyanyian-nyanyian orang Sumeria, ritual-ritual kuil, mitologi penciptaan,
banjir besar, tata bahasa dan teks-teks kedokteran. Setiap lembar diberi
tanda oleh raja pemilik lembaran itu ,Kemunduran orang Assyria dipicu oleh kekejaman yang membawa
implikasi dan reaksi dari bawah. Sumber ekonomi yang mengandalkan
rampasan perang. Penaklukan sudah terlalu lama akan mengurangi sumber
ekonominya. Emperium yang luas akan mempersulit dalam mengatur kelaskelas penduduk .
sesudah kejatuhan emperium Assyria pada tahun 612 SM, disusul oleh
kekuatan baru yaitu orang Chaldean. Kerajaannya menguasai area yang
luas, Babylon dijadikan ibu kota kerajaan dan menguasai seluruh area
bulan sabit. Babylonia dibangun kembali menjadi kota terbesar, dengan
dinding-dinding yang besar dan hebat. Di atasnya ada sederetan rumahrumah kecil, setiap sisinya ada ruang yang cukup untuk dilewati kereta.
Di tengah kota ada jalan dengan pintu gerbang besar. Di dalam kota
juga dibangun kuil-kuil. Yang paling besar adalah kuil Marduk. Istana yang
dilindungi oleh dinding-dinding dan menara yang bertingkat-tingkat. Setiap
tingkat banyak ditumbuhi pepohonan dan bunga-bunga, atap dari taman
ini dinamakan taman gantung yang menjadi salah dari keajaiban
dunia ,Orang Babylonia sangat tertarik dengan perbintangan yang dianggap
memberi kabar tentang nasib masa depan. Oleh sebab itu, astronomi
mengalami kemajuan pesat pada masa ini. Mereka sudah mengenal dua belas
rasi bintang yang diidentifikasi melalui dua belas segi zodiak. Lima buah
planet yang dikenal menjadi nama-nama dewa penting bagi orang Chaldean.
Planet-planet itu adalah Marduk atau Jupiter, Nabu atau Mercurius,
Ishtar atau Venus dan lainnya , Penduduk Mesir kuno mulai menempati area lembah Nil sekitar
tahun 5000-525 SM, yaitu sejak orang Mesir primitif periode perkembangan
neolitik sampai pada perkembangan peradaban masa kekuasaan para Firaun
. sejarah Mesir dapat dibagi menjadi beberapa
periode. Sejarah Mesir sebelum tahun 3400 SM dinamakan dengan periode
prasejarah, periode kerajaan lama (3400-2475 SM), periode transisi feudalisme
(2475-2160), periode pertengahan (2160-1780 SM), ditambah dengan periode
dominasi Hykso (1780-1580 SM) dan periode emperium (1580-525 SM).
Periode prasejarah Mesir ditandai dengan banyak ditemukan peralatanperalatan pada makam -makam orang Mesir, diperkirakan dimulai sejak
tahun 1500 SM. Dengan demikian, penduduk Mesir sudah memakai
peralatan dimulai sejak masa paleolitik dan neolitik (zaman batu tua dan
batu muda). Kemajuan orang Mesir lebih ditopang oleh hasil bumi yang
subur, sejak pra dinasti sudah terjalin kerja sama dalam pembuatan kanal dan
irigasi. Gambaran ini menunjukkan sudah adanya unit-unit politik meskipun
masih kecil, yang secara gradual membentuk dua dua kerajaan, atas di bagian
selatan, bawah di bagian utara sekitar tahun 5000 SM
Periode kerajaan lama, sudah memasuki zaman logam, perdagangan
sudah mengalami kemajuan, kapal-kapal dagang sudah dikirim ke area
pantai Syria untuk memperoleh kayu sebagai bahan pembuatan kapal,
rumah dan perabotan lainnya. Industri sudah dimulai pada masa ini,
manifaktur dari kaca, permata-permata yang indah banyak dihasilkan
oleh para pengrajin. Indikasi kemajuan peradaban pada masa kerajaan
lama adalah peninggalan piramida-piramida. Piramida pertama dibangun
pada masa dinasti ketiga, merupakan makam batu besar pertama di
dunia. Dari enam dinasti kerajaan lama yang ada, dinasti keempat adalah
yang paling kuat dengan membangun piramida besar sebagai makam
pagi Firaun Khufu dan dikenal dengan Cheops. Pembangunan piramida
ini memerlukan 90.000 pekerja dikerjakan selama dua puluh tahun.
Bangunan ini didesain untuk memprotek jasad Firaun sesudah mati. Dari
sini, menunjukkan bahwa pengetahuan geometri sudah dikenal baik oleh orang Mesir, mereka sudah memakai perunggu untuk memotong batu.
Kerajaan Mesir mengalami pertumbuhan besar menuju tahap baru
dengan kekuasaan yang bersifat feodalistik. Selama berada di bawah kekuasaan
enam dinasti Firaun pada masa kerajaan lama, sentralisasi kekuasaan yang
kuat menjadi berkurang yang memunculkan independensi dan ambisi para
gubernur kabupaten . Akibat terjadinya perang sipil, kekuatan para Firaun
menjadi runtuh, sedang para gubernur saling berebut kekuasaan di
antara mereka. Secara umum, penduduk tidak dapat menahan kelaparan
sebab adanya tekanan dari tirani-tirani kecil, kerusakan yang dipicu
oleh pertempuran , sehingga praktis masa ini kemajuan peradaban terhenti
sesudah selama 300 tahun berada dalam disintegrasi atau disunity,
putra-putra mahkota dari Nil bagian atas sudah berhasil membangun kembali
sebuah negara kesatuan. Di masa kekuasaan satu Firaun ada dua belas
dinasti selama dua abad, yang paling menonjol adalah Sesostris III
Amenemhet III dengan kemampuannya membawa kerajaan para Firaun
bersifat monarki yang kuat, dengan hukum, aturan, kemakmuran ekonomi
dan kemajuan peradaban. Jika kerajaan lama terkenal dengan piramidanya,
maka pada masa pertengahan ini lebih menonjol dalam bidang tradisi dan
kesenian
Sekitar tahun 1780 SM, seorang Asia dikenal oleh orang Mesir
dengan Hykos, dengan pasukan berkuda dan kereta yang superior sudah
menundukan Mesir area Delta secara keseluruhan dan bertahap sampai
pada lembah Nil bagian atas. Selama dua abad sampai tahun 1580 SM di
bawah kekuasaan orang asing, sudah melahirkan nasionalisme orang Mesir.
Azhmes liberalis dari Thebes adalah seorang pahlawan nasional yang besar
sudah membebaskan orang Mesir menuju babak baru, yaitu masa emperium.
Para penguasa emperium ini meyakini bahwa untuk menjaga keamanan
negara Mesir dari serbuan orang asing adalah dengan mengendalikan Palestina,
Syria, Phoenisia, area air di timur Mediterania dan mengendalikan nite-nite
perdagangan oleh pasukan infantri. Firaun yang paling besar peradaban pada
periode ini adalah Mosis III (1479-1447 SM) biasa dinamakan sebagai Napoeleon oleh orang Mesir. Dia mampu menundukan Syuria, Phoenesia, Palestina,
Nubia dan dilengkapi dengan area Siprus. Kebesaran Mesir berada di
bawah kekuasaan Firaun dinasti ke-18; peradaban dan kekuatan politik, politik
hukum dan peraturan-peraturan di lembah Nil. Perkembangan perdagangan
dan kemakmuran yang besar dari rampasan perang yang mengalir ke Mesir.
Thebes sebagai ibukota Mesir menjadi kota terkaya di dunia. Beberapa kuil
taman yang indah dan rumah-rumah besar dan indah milik para pembesar
memicu Thebes tampak lebih indah Di bawah kekuasaan
Amenhotep III (1411-1375 SM), emperium Mesir mengalami kemunduran,
yang ditandai dengan adanya kontoversi agama, dan kehilangan teritorial.
Ramses II (1292-1225 SM) dinasti ke-19, dikenal sebagai Firaun yang
menindas orang Yahudi dan berusaha untuk merestorisasi, atau memulihkan
kembali kejayaan emperium Mesir. Kekuatan orang Mesir dibangun kembali
di Dyria selatan dan Palestina. Monumen-monumen besar sudah dibangun
disepanjang sungai Nil, sehingga dari luar emperium tampak makmur dan
aman. sesudah periode ini seluruh area Timur dekat muncul kekuatan,
sedang Ramses III (1198-1167 SM) hanya mempertahankan emperium
dari kehancuran. sesudah Ramses III tidak ada lagi pemimpin dari orang
Mesir yang brilian. Akhirnya Mesir di bawah kekuasaan orang -orang asing,
Afrika, Assyria dan Persia tahun 525 SM. Pada masa ini praktis orang mesir
sudah kehilangan kemerdekaan politiknya. sesudah kedatangan itu , Mesir
sudah banyak meninggalkan tradisi kuno mereka.
Sistem pemerintahan pada teritorial kerajaan Mesir lama adalah
absolut secara ekstrim, seluruh kekuasaan berada di bawah tangan Firaun.
Siapa yang dipanggil dengan Firaun berarti rumah besar ,Para
Firaun merupakan pemilik seluruh tanah, tidak ada pertanyaan bagi para
penguasa ini. penduduk Mesir percaya bahwa jika hal itu dilakukan, maka akan
mendapat hukuman dari para dewa. Pemerintahan Mesir bersifat teokratik,
dengan mencampur agama dan fungsi politik. Di samping sebagai
raja, Firaun sebagai dewa penguasa tanah dan spiritual. kesuksesan sistem
administrasi kerajaan lama, memungkinkan adanya sentralisasi kekuasaan
yang absolut. Dalam mengatur negara, raja dibantu oleh seorang ketua bendahara dan dua orang perdana menteri. Sistem paternalisme tiada lain
adalah untuk melanggengkan kekuasaan dan kemakmuran keluarga raja
,Struktur sosial Mesir terdiri dari kelas atas yang didominasi oleh para
penguasa dan pendeta, kelas menengah dan kelas penduduk yang sebagian besar
sebagai budak. Seluruh sejarah kehidupan Mesir, basis ekonominya adalah
pertanian dengan sistem sentralisasi irigasi memungkinkan hasil panen yang
melimpah, sehingga industri sudah ada pada masa kerajaan lama. Setiap bulan
Juli sungai Nil akan meluap, sedang bulan Nopember akan mengalami
kekeringan. ini sejak lama sudah diantisipasi oleh orang Mesir dengan
melakukan pertanian yang bervariasi. Pengembangan tembaga, pemakaian
bahan kaca, penggalian batu secara terorganisir, dan teknik pemahatan
relief sangat efisien dan maju yang tidak ditemui di Eropa sampai periode
revolusi industri.
Sejak kerajaan lama, komersial mengalami kemajuan sangat pesat
sepanjang sungai Nil. Ekspedisi melaut di laut merah dengan memakai perahu
sudah dilakukan, sehingga orang Mesir dapat mengklaim bahwa merekalah
orang pertama memakai perahu. Sejak 2750 SM, perahu-perahu
Mesir berlayar menelusuri pantai Timur Mediterania sampai Phoenesia.
Perdagangan emperium memiliki empat rute. Lewat kanal yang dikonstruksi
sebagai penghubung antara laut Merah dengan area timur Delta. Sepanjang
Sungai Nil perahu-perahu membawa barang-barang dari selatan, para kafilah
menjalin kontak dagang dengan Mesopotamia dan Syria selatan; pelayaran
dari Syria utara ke Yunani dan pulau-pulau lain. Hasil perdagangan Mesir
banyak ditemukan di Yunani, agama dan bentuk seni pun mulai diadopsi
oleh Yunani. Impor Mesir adalah kulit onta, senjata-senjata dari logam,
rempah-rempah, emas, kayu dan permadani. sedang ekspor Mesir adalah
gandung, linan, dan barang-barang kerajinan sebagai hasil olahan ,Agama Mesir kuno menjadi agama penduduk , aturan-aturan didominasi
oleh penguasa yang dianggap sebagai dewa , ritual mereka
lebih dikonsentrasikan pada dramitisasi kematian raja-raja (
Piramida-piramida merupakan manifestasi keyakinan mereka. Karya-karya seni
yang mengakar dari simbol-simbol agama, tulisan-tulisan dalam dekorasi makammakam bernuansakan religius, kuil-kuil dijadikan sentral ilmu pengetahuan,
kemakmuran dan energi dimanfaatkan untuk melanggengkan jasad sesudah
mati. Bagi penduduk jelata yang tidak dapat mengabadikan jasadnya dengan
mumi, orientasi mereka diabdikan bukan untuk polilik, tetapi untuk
keagamaan , Perhatian mereka tentang keabadian jasad
dipengaruhi oleh Osiris, orang pertama diabadikan jasadnya dengan mumi.
Dia dianggap dewa Nil. Naik turunnya sungai Nil merupakan simbol
kematian dan kebangkitan dewa ini dan diperingati setiap tahun. Mitologi
tentang Osiris terus berkembang. Osiris yang dibunuh oleh dewa Seth
dengan memotong-motong tubuh Osiris, lalu disebar ke seluruh
dataran lembah Nil. Isis yang merasa kehilangan, mengumpulkan kembali
potongan-potongan jasad Osiris, akhirnya bangkit kembali dan menjadi
abadi. Akhirnya Horus putra Osiris menuntut balas dengan menyerang
Seth ,orang Mesir kuno mengambil banyak junjungan tinggi . Di antaranya adalah
Ra, yaitu dewa matahari. Osiris dewa air, Isis ibu yang agung. Di antara
dewa-dewa itu Ra-lah yang paling penting. namun sesudah berada
di kekuasaan Thebes, posisinya digantikan oleh dewa Anum atau dewa yang
agung lalu digabung menjadi Anum-Ra, orang Mesir
juga sudah mengenal nyanyian-nyanyian untuk memuja para dewa, seperti
Hymn to the sun
Salah satu sumbangan penting lain orang Mesir dalam peradaban adalah
kemajuan dalam bidang seni tulisan, khususnya pengenalan terhadap alfabet
tradisi tertua tercantum pada teks-teks piramida yang dinamakan dengan teks
tertua tentang pemikiran manusia. Teks yang berkenaan dengan agama dapat
ditemui pada dinding-dinding makam raja ke-5 dan ke-6 yang berisi tentang
mantra-mantra magis, mitos dan nyanyian religius. sedang tradisi pada
masa pertengahan lebih kaya dan bervariasi dan bersifat sekuler , Banyak ditemukan cerita-cerita romantis, tenggelamnya kapal dan
sebagainya. Tetapi cerita yang penting adalah legenda tentang Yusuf dan saudaranya. Di samping itu juga ditemukan syair-syair bernuansa religius
yang diekspresikan secara filosofis.
Sistem penanggalan sudah dikenal dengan baik, penetapan jumlah
hari sebanyak tiga puluh dalam satu bulan dan jumlah bulan sebanyak dan
belas dalam satu tahun setiap akhir tahun ditambah dengan lima hari.
Dalam bidang ilmu pengetahuan, orang Mesir adalah pertama kali dalam
matematika terapan, tetapi mereka sedikit kemajuan dalam bidang fisika dan
astronomi. orang Mesir dapat dikatakan sebagai arsitek yang luar biasa dengan
menghasilkan bangunan batu berbentuk piramida. Secara umum struktur sosial
Mesir tidak ada rumah yang megah, istana raja dibangun tidak cukup indah.
ini menunjukkan bahwa orientasi kehidupan orang Mesir lebih banyak
diarahkan kepada tujuan hidup abadi. Bangunan piramida adalah ekspresi
tunggal dari peradaban Mesir. sedang kuil-kuil dengan struktur bangunan
menunjukkan misteri agama orang Mesir , Kuil terbesar
adalah Karnak yang dibangun dengan batu-batu besar dengan pintu-pintu dan
jendela terbuka, dan atap yang menghadap ke langit. Terdiri dari tiang-tiang
besar, di dalamnya ada ruangan besar. Dalam bidang seni dekorasi, banyak
ditemukan batu-batu makam dan istana yang dicat dengan warna-warna
kini mumi wanita ini direkonstruksi
apa hasil penemuan situs el brujo utara peru pada tahun 2005, yaitu ditemukan mumi wanita bangsawan Moche berusia 1600 tahun,mumi ini bernama Señora of Cao atau Wanita dari Cao, ini dikubur dalam peti dekorasi , wanita ini ternyata sudah pernah hidup pada peradaban sebelum kerajaan Inca yang berjaya di Lembah Chicama dari tahun 100 SM sampai 700 SM , pada pembukaan galeri musium khusus wanita dari cao agustus 2017 mumi ini diletakkan pada ruangan khusus bercermin untuk menjaga keawetanya , di musium el brujo mengawetkannya dengan cara merekonstruksi wajah memakai teknologi laser,3D printing , dan penelitian etnografis, juga melakukan otopsi pada mumi itu, hasil otopsi menyatakan wanita ini mati sebab komplikasi kandungan ,tubuh mumi ini dihiasi tato gambar laba-laba,ular dan geometris lainnya, mumi ini dikelilingi barang yang terbuat dari perak ,perunggu ,emas menggunakan pemindai laser untuk mengetahui wajah asli nya,dan menganalisa bentuk tulangnya, lalu menambahkan jaringan halus pada wajah mumi itu ,proses ini terhambat sebab kondisi wajahnya buruk,hidungnya hilang ,bibir nya menyusut, dan matanya cekung kering,menjadikan ilmuwan hanya bisa dengan cara menebak fitur wajah mumi ini untuk merekontruksi wajahnya,dengan berpedoman wajah tengkorak orang Moche orang Peru utara dahulu dan sekarang,
patung mesir
didapat dari seorang kolektor barang antik pada tahun 1933 patung Dewa Osiris Neb Senu yang dibuat 1800 SM digunakan khusus untuk persembahan ini tersimpan di museum Manchester berputar 180 derajat, pada rekaman itu nampak bahwa patung itu hanya bergerak saat banyak pengunjung berlalu lalang di sekitarnya, pihak museum memperkirakan bahwa kemungkinan patung bergerak karena faktor vibrasi dari hentakan langkah kaki pengunjung yang melintas di depannya, namun mengapa yang bergerak hanya patung itu saja sedangkan patung sebelahnya tidak bergerak, tekanan dari berat kaki untuk menghasilkan vibrasi obyek bergerak,mengapa pergerakanya berputar,
mumi putri ini direkonstruksi
sebelumnya mumi ini dibawa ke Australia pada tahun 1900 oleh seorang arkeolog yang memelajari anatomi,bernama Frederich Wood Jones,baru baru ini peneliti forensik dari monash university dan University of Melbourne merekonstruksi wajah mumi putri mesir kuno meritanum berusia 2.300 tahun atau tahun 300 sebelum masehi ,pertama yang dilakukan adalah melakukan CT Scan untuk memperkirakan umurnya,mengidentifikasi jenis kelamin, dan mendapatkan detail bahan replika mumi , mumi ini diperkirakan sebagai wanita , dengan bantuan pematung forensik terkenal guna merekonstruksi wajah mumi ,berkat bahan clay peneliti mengetahui wajah struktur kepala putri ,
mumi bersama manik-manik
arkeolog di tahun 2010 meneliti lapisan yang terkikis di tumpukan wilayah barat laut Vancouver peneliti menemukan situs terpencil yang menghadap ke Laut Salish di British Columbia, juga menemukan makam seorang pemimpin kuno sejak 3.700 tahun yang lalu, ini situs penguburan di Amerika Utara sebelum penjajahan bangsa Eropa , mumi dengan pakaian manik-manik seremonial seberat 70 pon lebih di sampingnya ada mumi anggota keluarganya, peringatan 150 tahun konfederasi Museum Sejarah Kanada di Quebec dan Museum Swiya di British Columbia mengadakan rekonstruksi wajah digital ,untuk itu dipanggilah ahli citra komputer (CGI) ,tetua ShÃshálh asli penghuni asli Kanada,dan antropolog untuk me rekonstruksi wajah mumi itu,situs kuburan ini berbentuk piring dihiasi oker merah, dan menemukan kerangka manusia pria dewasa menghadap ke laut,50.000 manik-manik batu keci menutupi kerangkanya, cara membuat manik-manik yang Terbuat batu lumpur kecil masing-masing ditumbuk dalam cakram setengah ukuran obat , lalu dibor , ilmuwan memperluas area penggalian dan menemukan banyak penguburan pada periode yang sama, ada makam bayi yang mempunyai jejak oker merah pada kerangkanya jejak oker merah ini yang digunakan pada upacara ritual Northwest Coast,dan menemukan kerangka wanita usia 19 tahunan dengan 5.700 manik-manik batu juga arkeolog menemukan 9.200 butiran manik-manik dari kulit kerang dekat kerangka wanita ditemukan dua kuburan lain Salah satunya berisi kerangka dua pemuda saudara kembar dengan 2.200 manik batu dan kulit kerang,
taman 4.000 Tahun di Thebes,
arkeologi Mesir menemukan di sebuah makam berusia 3.500 tahun di Draa Abul Nagaa, dekat kota Luxor, Mesir selatan, Arkeolog juga menemukan bekas model taman berusia 4.000 tahun dekat luar area pekuburan Draa Abul Nagaa di seberang Sungai Nil, bagian dari kota Luxor, atau thebes ibukotanya mesir kuno Taman ini berukuran 2 meter kali 3 meter tu terdiri atas plot-plot persegi yang dibagi rata masing-masing sekitar 30 sentimeter , taman ini berada pada halaman terbuka di luar makam raja Firaun 2050 sampai 1800 sebelum Masehi atau raja ke-11 sampai ke-14 , bidang tanah persegi berukuran kecil ini mempunyai spesies tanaman yang bervariasi ditengah taman ada tanah yang ditinggikan untuk pohon kecil , pohon kecil setinggi 30 sentimeter berumur 4.000 tahun telah diawetkan terdapat mangkuk Pekuburan Draa Abul Naga berada, di dekat Lembah Raja-raja yang terkenal, sebagai makam Firaun dan Tutankhamun, di Kairo Timur Di Draa Abul Naga tepi barat Sungai Nil, lembah makam para raja Mesir, dekat kota Luxor. arkeolog Mesir menemukan lebih dari 1.000 patung yang terkubur di makam berusia 3.500 tahun di kota Luxor,sarkofagus kayu berwarna warni serta mumi,makam ini dibangun antara 1.500 sampai 1.000 tahun sebelum Masehi,
patung Firaun
arkeolog jerman dan mesir menemukan 2 patung Firaun berusia 3.000 tahun patung yang didedikasikan untuk menyembah dewa ra dewa matahari, di lubang penggalian sungai berlumpur di distrik mattarya pinggiran kota Kairo, ibu kota Mesir ditemukan di gurun antara blok apartemen tua,patung dari dinasti ke-19, yang memerintah mesir pada tahun 1314 hingga 1200 sebelum Masehi, patung batu kuarsit setinggi 8 meter yang ditemukan di gerbang kuil Raja Ramses agung II , ditemukan juga patung batu kapur dari abad ke 12 sebelum Masehi pada masa kerajaan Seti II, patung ini mengindikasikan candi Oun Sun sebagai situs yang megah, maret 2017 peneliti menemukan patung Firaun Mesir dari dalam kolam lumpur sungai di Mesir ,potongan batu kuarsit patung Firaun dan Psamtik I , 2 patung berusia 3.200 tahun setinggi 2,5 meter itu berada di tengah tengah perumahan pemulung pinggiran kota Kairo timur, distrik mattarya, ibu kota Mesir,situs patung colossus ini dahulunya berada di ibu kota Heliopolis kota kerajaan firaun mesir kuno, patung ini bagian dari patung Firaun Psamtik I raja Mesir pada tahun 664 sampai tahun 610 sebelum Masehi , ditemukan juga patung batu kuarsit Raja Seti II yang merupakan cucu Ramses II raja Mesir yang hidup dan berkuasa selama 66 tahun dari tahun 1279 sebelum Masehi,Patung penguasa mesir dari dinasti abad ke-19 yaitu tahun 1295 sampai tahun 1185 sebelum Masehi ,
Kota Kuno Mesir
arkeolog kementrian kepurbakalaan Mesir menemukan kota kuno yang terdapat di pinggiran sungai nil berdekatan dengan kuil seti pertama di kota suci abydos , situs ini berusia 7.000 tahun, situs kota ini ditemukan peralatan , keramik,tembikar ,rumah-rumah, perkakas logam batu dan pekuburan kuno, ukuran 15 kuburan yang luas ini menandakan status derajat tinggi dalam masyarakat mesir kuno awal,
Mumi dan 1.000 Patung Ushabti
arkeologi Mesir menemukan situs berada di Draa Abul Nagaa, tepi barat Sungai Nil, tempat lembah makam para raja Mesir, dekat Luxor, makam berusia 3.500 tahun di Draa Abul Nagaa, dekat kota Luxor, Mesir selatan, 1000 patung, makam ,mumi , sarkofagus kayu berwarna-warni,yang terkubur di makam berusia 3.500 tahun di kota Luxor, Ada 10 peti mati dan 8 mumi 2 diantaranya telah diidentifikasi, situs makam sudah ada sejak 1.500 sampai 1.000 tahun sebelum Masehi,kuburan seorang hakim dari Dinasti ke-18 Mesir berisi 8 mumi, anggota keluarga nya, hakim yang bernama Userhat , sebelumnya ditemukan pekuburan dari Dinasti ke-21, atau 3.000 tahun yang lalu, arkeolog menemukan lebih dari 1.000 patung kecil usbahti juga Patung Ushabti dimakamkan bersama dengan pemiliknya dipercaya untuk dapat dipertanggung jawabkan di dunia akhirat
Mumi mesir
arkeolog Spanyol menemukan mumi mumi terbelit plester dan kain didalam sarkofagus kayu berwarna cerah dalam kondisi baik di luxor mesir mumi ini terletak di dinding pagar selatan kuil yang dinamakan Temple of Millions of Years ,sedangkan Kuil berada di tepi barat Sungai Nil ini dibuat oleh Firaun Thutmosis III pada tahun 1490 hingga 1436 SM ,raja firaun ini adalah Napoleon-nya Mesir sebagai firaun keenam kerajaan ke-18 tambahan pula kerajaan 18 adalah kerajaan termakmur dan termaju dalam perkembangan peradabanya ,Mumi ini adalah pria bernama Amenrenef bergelar hamba Rumah Raja ,Amenrenef tidak hidup pada saat kekuasaan Thutmosis III amenrenef berasal dari Periode Menengah Ketiga 1.000 SM atau pada kerajaan ke-21 saat kuil tidak dipakai area itu dipakai sebagai pemakaman , pemakaman di bawah kuil berasal dari Kerajaan Pertengahan, Mumi berusia 3.000 tahun ini mempunyai sarkofagus berhiaskan warna-warni simbol religius Mesir kuno inskripsi dan dekorasi pada sarkofagus ini adalah simbol matahari dan Nephthys merentangkan sayapnya, empat anak Dewa Horus,kesemuanya di cat secara halus dan berwarna
1 Juta Mumi
arkeolog dari Brigham Young University menemukan kuburan lain dari yang lain yang bernama Fag el-Gamous atau Way of the Water Buffalo yaitu nama jalan yang di dekat kuburan yang berisi manusia yang mati dan menjadi mayat sejak dari 1.500 tahun lalu ketika Romawi menjajah Mesir. dalam liang kuburan besar ini terisi lebih dari satu juta mumi, mumi mumi ini dikuburkan tanpa barang maupun peti mati adalah bukan golongan bangsawan atau raja, beberapa barang yang dikenakan jenasah seperti kaca, sepatu warna-warni ,mantel,dasi,topi dan aksesoris pakaian lainya menandakan bahwa mayat ini tidak berasal dari desa terdekat ada Sebuah desa kuno yang sangat kecil terpencil dengan penduduk sedikit dekat pemakaman dianggap bukan yang menggunakan kuburan ini, kemungkinan mayat ini adalah penduduk kota kuno Philadelphia yang agak jauh pun telah memiliki fasilitas pemakaman sendiri
makam Ahli Emas Mesir
arkeolog di Mesir yang menggali selama 5 bulan,tidak sengaja menemukan makam para ahli ahli emas yang hidup saat kerajaan Mesir kuno masih ada ,makam itu berada di Draa Abul-Naga, sebuah nekropolis untuk para bangsawan , Lembah Para Raja, di tepi kiri Sungai Nil,seorang Amenemhat yang pernah hidup di Mesir sekitar 3.500 tahun yang lalu, Dia termasuk pejabat kerajaan Mesir kuno sebagai ahli emas yang tinggal di Provinsi Luxor pada abad ke-18 atau tahun 1567 SM sampai 1320 SM, hasil karyanya untuk dewa matahari Amon-Re,sebagai dewa paling kuat , pada ruang utama makam ini terdapat sesosok patung Amenemhat disamping patung itu ada patung putra amenemhat dan istri amenemhat yang duduk di kursi, Istrinya memakai wig dan gaun panjang,selain itu juga berisi topeng kayu, patung-patung ushabti ,tembikar,patung hitam, biru berukuran kecil yang di taruh dalam makam sesuai tradisi turun temurun nenekmoyang kuno bangsa mesir untuk melayani kehidupan di alam baka,terdapatnya Sarkofagus kayu Khaled Desouki terdapat terowongan yang berisi tiga mumi dengan tengkorak kepala yang tak terlindungi ,kemungkinan ada orang lain telah memanfaatkan kembali makam ini sehingga kepala mereka tersingkap, arkeolog Swedia menemukan 12 pemakaman yang berusia 3.500 tahun di bagian selatan kawasan kota Aswan
pada April 2017, arkeolog menemukan makam milik bangsawan dan hakim bernama Userhat yang hidup pada jaman kerajaan ke-18 di Luxor, Makam itu dibuka pada jaman kerajaan ke-21, sekitar 300 tahun sesudah dibangun, akhirnya arkeolog menemukan 1.000 benda benda antaralain sarkofagus ,mumi kayu dan patung pemakaman, pemakaman lain juga terdapat di luar makam Amenemhat, yang berisi tiga mumi dari periode berbeda,
pada mei 2017 arkeolog menemukan patung Firaun raksasa serta 17 mumi di Minya ,
Makam mesir berusia 2.000 Tahun
arkeolog menemukan 3 pemakaman terbesar dari batu di Timur Laut Mesir, 125 mil selatan kairo di kawasan El-Kamin El-Sahrawi dekat Kota Samalut. masing-masing berusia lebih dari 2.000 tahun, Sarkofagus juga ditemukan di sebuah makam Ptolemeus di daerah El-Kamin El-Sahraw, di Provinsi Nim, Lembah Minya, selatan Kairo. dalam makam-makam itu,berisi sarkofagus dengan bermacam macam ukuran dan fragmen tanah liat,
Fragmen ini menandakan bahwa makam ini dibangun pada jaman kerajaan ke-27 atau sekitar 525 hingga 404 SM saat Mesir pertama kali menjadi bagian dari Kekaisaran Achaemenid Persia, dan periode pemerintahan Yunani-Romawi Ptolemeus yang dimulai seabad kemudian,ditemukan juga 20 makam yang ber gaya Katakombe, juga ditemukan tiga makam berbeda berusia lebih dari 2.000 tahun, dari Periode Ptolemeus.
2 dari 3 makam terdiri dari permakaman bercabang terowongan penguburan tegak lurus dengan 15 lubang kubura termasuk lubang untuk tubuh seorang anak menandakan
bahwa ini merupakan bagian dari pemakaman besar di kota,
mumi
Artur Obluski sebagai peneliti dari University of Chicago dan University of Warsaw mengungkapkan bahwa ketika arkeolog berada di sebuah biara di Sudan peneliti menemukan prasasti berusia 900 tahun juga 7 jasad yang jadi mumi secara alami,di Kota Tua Dongala, yang dahulunya adalah ibukota kerajaan Kristen Makuria di sepanjang lembah Sungai Nil,yang pernah berjaya pada tahun 1000 masehi, abad ke 8 hingga 12 adalah masa emas Makuria, pada salah satu prasasti batu nisan ber tanggal wafat 1113 Masehi tertulis meninggal pada usia 82 tahun ini menyebutkan kepada salah satu mumi itu ternyata adalah mayat tokoh agama yang paling berpengaruh pada masa itu yaitu Uskup Agung Georgios, selain itu ditemukan 6 jasad laki-laki berusia 40 tahunan, jasad mereka ternyata menjadi mumi secara alamiah,sebab pakaian yang mereka pakai tampak sederhana, Makuria berhubungan perdagangan dengan Kekhalifahan Fatimiyah yang ada di utara,sesudah Dinasti Fatimiyah berganti Dinasti Ayyubiyyah,Pada 1171 masehi, Makuria diserang hingga hancur dari utara.
Pharaoh Ramesses
tim Egyptologi internasional menemukan penyebab kematian Pharaoh Ramesses III pada 1155 SM karena dibunuh, sebab di masa pemerintahanya pernah timbul kudeta , peneliti juga menemukan sebuah naskah kuno bernama Judicial Papyrus di Turin, ini merupakan hasil penelitian setelah peneliti dengan metode forensik teknik anthropological Computer Tomography (CT) , para peneliti meneliti tulang Ramasses kemudian membanding bandingkan dengan tulang mumi unknown man E yang berusia 20 tahun, .Ramesses mempunyai banyak anak, hasil penelitian ini mengatakan sendiri bahwa Ramesses dan unknown man E sebagai seorang ayah dan anak, tenggorokan Ramesses sengaja dipotong dengan pisau sehingga raja langsung meninggal , kemudian para pembunuh Ramesses menutupi luka pada lehernya dengan membran tipis, seperti juga yang dialami Unknow man E ,