pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang
selasa 11 maret 2014 jurubicara Panglima Angkatan Udara Malaysia Rodzali Daud dari militer malaysia, mengabarkan perkembangan terbaru terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 , radar mengindikasikan posisi MH370 terakhir berada di Selat Malaka, temuan ini memperkuat perkiraan sebelumnya yang mengatakan bahwa MH370 berbalik arah ke Selat Malaka sesudah melintasi daerah Kota Bharu, Malaysia, menuju ke selatan Vietnam, terakhir MH370 terdeteksi radar pada Sabtu 8 maaret 2014 pukul 02.40 dini hari dekat Pulau Perak, utara Selat Malaka,mengudara selama 1 jam 10 menit, di ketinggian 9.000 meter, mulai selasa 11 maret 2014 Tim pencari internasional memperluas pencarian hingga ke Selat Malaka sesudah melakukan pencarian di Laut China Selatan,Malaysia Airlines berkode penerbangan MH370 sedianya terbang rute Kuala Lumpur-Beijing, tetapi setelah lepas landas pada Sabtu 8 maret 2014 dini hari,MH370 hilang kontak dengan menara kontrol lalu lintas udara, pesawat MH370 terbang dari Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia, menuju Beijing, ibu kota China, dengan membawa total 239 penumpang termasuk awak pesawat, ada anggapan yang menduga pesawat MH370 sengaja mengubah jalur dari jalur penerbangan yang seharusnya, kemudian sengaja mematikan sistem komunikasi baik data dan data suara, sejak hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 pada 8 Maret 2014 ketika sedang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing cina, maka Kamis 29 januari 2015 perwakilan Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman atas nama Pemerintah Malaysia mengabarkan berita dukacita yang mendalam secara resmi bahwa pesawat MH370 yang hilang bersama semua 239 penumpang dinyatakan mengalami kecelakaan, fihak Malaysia Airlines telah mengajukan klaim asuransi bagi keluarga penumpang berhak memperoleh kompensasi, penumpang yang menjadi korban musibah ini adalah terbanyak berkewarganegaraan China ,Australia, Malaysia, keluarga para penumpang selama 10 bulan menunggu kabar kepastian nasib para anggota keluarganya yang berada dalam pesawat , di lokasi jumpa pers Departemen Penerbangan Sipil (DCA) anggota keluarga para penumpang yang hilang membawa spanduk yang bertuliskan mengenai nasib para penumpang dan nasib keluarga para penumpang , Wesley Walter, yang mana kakak iparnya menjadi korban tragedi MH370 mengatakan kekesalanya pada ketidak setujuan adanya pengumuman pernyataan yang dipublikasikan ke seluruh dunia terlebih dahulu,tanpa sepengetahuan pihak keluarga korban,juga ketidak terusterangan informasi terkait hilangnya MH370, para keluarga penumpang menolak keras pernyataan pemerintah Malaysia yang mengatakan bahwa hilangnya pesawat MH370 ini disebabkan kecelakaan , dari data satelit menunjukan bahwa MH370 tiba tiba mengubah arah rute penerbangan nya ke wilayah Samudra Hindia, pada Kamis 5 maret 2015 dalam pidato parlemen di canberra ,Perdana Menteri Australia Tony Abbot mengatakan bahwa jangkauan pencarian pesawat MH370 yang hilang 1 tahun lalu akan dikurangi, ia juga tidak bisa menjanjikan pencarian dengan intensitas sekarang untuk dilanjutkan sebab sebelumnya Australia telah mengerahkan 4 kapal yang dilengkapi sonar untuk memimpin tim internasional guna misi pencarian MH370 di Samudera Hindia, Australia berharap pesawat segera ditemukan, pencarian dengan peralatan sonar telah menjangkau area seluas 120.000 kilometer persegi, yang berpusat di wilayah Samudera Hindia, di mana lokasi pesawat ini diduga menghilang, sejak hilang pada 8 Maret 2014 Australia belum menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat MH370. Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu mengatakan , Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat bersama penyelidik Malaysia berupaya mengembalikan file yang terhapus dari peralatan simulator Boeing 777 yang terdapat di rumah Kapten Zaharie Ahmad Shah sebagai pilot pesawat MH370 , pilot pesawat juga hilang sejak peristiwa hilangnya MH370 pada 8 Maret 2014, file yang berisi data simulasi diketahui telah dihapus sejak 3 Februari 2014 ,Rabu 19 maret 2014 Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein mengungkapkan pada konferensi pers bahwa Kapten Zaharie Ahmad Shah sebagai pilot pesawat MH370 dianggap tidak bersalah hingga terbukti bersalah sedang fihak keluarga Zaharie akan membantu proses penyelidikan ini , Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat bersama penyelidik Malaysia ingin memeriksa file itu dari kemungkinan adanya jalur jalur penerbangan atau data yang diperkirakan terkait dengan hilangnya pesawat MH370 , Jaksa Agung Amerika Serikat Eric Holder menyatakan kesiapanya untuk membantu memulihkan
file yang terhapus itu, 2 kawasan jalur penerbangan menjadi target pencarian pesawat yang hilang , total mencakup hingga 26 negara, wilayah pencarian mulai dari Kazakhstan di Asia Tengah hingga kawasan selatan Samudra Hindia, Hishammuddin mengatakan bahwa penyelidikan menarik data pemeriksaan latar belakang setiap penumpang di dalam kabin pesawat yang hilang, masing masing negara yang berkaitan dengan data penumpang telah memberikan data kewarganegaraanya kecuali rusia dan Ukraina , sebab terdapat 3 penumpang yang berasal dari rusia dan Ukraina namun hasil penyelidikan mengatakan bahwa tidak ada informasi penting yang ditemukan terkait penumpang, Zaharie berusia 53 tahun merupakan salah satu orang yang bekerja sebagai pilot Malaysia Airlines sejak tahun 1981, Zaharie telah mempunyai 18.000 jam terbang, ada dugaan muncul yang berkaitan dengan Zaharie karena aktivitas politiknya, sedang orang terdekat Zaharie menganggap Zaharie sebagai seseorang yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya, ramah, rendah hati, Subaramaniam Gurusamy berusia 60 tahun ayah dari Pushpanathan Subramaniam berusia 34 tahun yang menjadi penumpang pesawat MH370 mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia terlalu lama hingga 12 hari tidak berhasil mengatasi masalah hilangnya pesawat MH370 ,otoritas militer Maladewa mengatakan tidak benar kabar bahwa pesawat MH370 melintasi Maladewa, Hugo Kidston Juru bicara perusahaan asuransi Jerman Allianz mengatakan bahwa semua pembayaran sesuai kewajiban kontrak, Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) menyatakan , registrasi yang tampak pada potongan bangkai sayap yang ditemukan telah dikonfirmasi sebagai bagian pesawat registrasi 9M-MRO sebagai MH370, Wakil Jaksa Penuntut dari Paris Serge Mackowiak dan Perdana Menteri Najib Razak dalam konferensi pers mengatakan bahwa pada 29 Juli 2015 Penyelidik dari Perancis telah membuktikan dan memastikan bahwa pecahan sayap sepanjang 2 meter yang ditemukan di Pulau Reunion Perancis Samudra Hindia adalah MH370, yang hilang sejak 17 bulan lalu, desain sayap pesawat (flaperon )ini mirip milik MH370 sebab flaperon ada di setiap pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines, Peter Foley sebagai Kepala misi pencarian MH370, dari Biro Keamanan Transportasi Australia (ATSB) dalam siaran jaringan televisi Channel Nine , Minggu malam, mengatakan pecahan flaperon itu dalam posisi aktif, bagaimana bisa pesawat MH370 itu tercebur ke laut, posisi aktif dari bagian pesawat itu menunjukan bahwa pilot mungkin mengendalikan pesawat agar pesawat membuat posisi mendarat saat masuk ke dalam air, kemungkinan pesawat ini kehabisan bahan bakar dan terbang berputar putar,
bila pilot masih mampu mengendalikan pesawat, maka jangkauan jelajah pesawat akan lebih jauh dari perkiraan , tim pencari dari Italia memperkirakan dari titik penemuan penyebaran puing pesawat ini hingga 500 kilometer ke utara, setelah dua tahun berlalu Kamis 15 september 2016 Otoritas Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Pemba lepas pantai Tanzania pada Juni 2016 lalu merupakan milik MH370 yang hilang, tim pencari juga telah memeriksa puing-puing yang ditemukan di Mozambik, Afrika Selatan, dan Pulau Rodrigues, Mauritius,
tim pencari telah mengidentifikasi temuan wing flaps di Tanzania dan Pulau Reunion
pecahan ditemukan menyebar di sepanjang garis pantai di wilayah yang berbatasan dengan Samudra Hindia, Blaine Gibson berhasil puing pesawat seperti panel segitiga dengan cap jangan diinjak bagian dari horizontal stabilizer sayap yang ditemukan di Mozambik,pada bulan Februari , hasil temuan Blaine Gibson ini telah dipastikan milik MH 370, Blaine Gibson berhasil mengoleksi 14 puing pesawat yang diduga kuat milik MH370, dan menyerahkan 5 puing pesawat kepada Biro Keselamatan Transportasi Australia,
penyelidik kecelakaan di Australia, meragukan puing gosong yang ditemukan di Madagaskar menandakan bahwa ada api dalam pesawat, sebab ditemukan 2 bagian fiber yang tidak terbakar, bagian ini hanya berubah warna oleh sebab reaksi bahan itu sendiri,bukan karena panas api, tambahan pula ada 3 area kecil di pecahan pesawat ini yang mengalami kerusakan karena panas aroma hasil pembakaran, aroma bakar ini akibat panas sesudah kecelakaan,sebagai bagian dari proses paparan alam, kontaminasi air laut dan garam, Jumat 7 oktober 2016 Biro Keselamatan Transportasi Australia mengungkapkan temuan nomor suku cadang pada pecahan sayap pesawat yang ditemukan di Samudra Hindia wilayah Mauritius sejak mei itu telah diidentifikasi milik MH370, fakta bahwa puing sayap pesawat MH370 yang ditemukan tidak pada posisi pendaratan, sehingga menimbulkan dugaan pesawat hilang kendali sebelum masuk laut, hasil penelitian ini membantah dugaan sebelumnya, yang mengatakan bahwa pesawat dikendalikan lalu masuk ke laut pada posisi mendarat, Menteri Transportasi Australia Darren Chester,mengatakan bahwa pencarian besar-besaran telah dilakukan di kawasan bawah laut lepas pantai barat Australia,namun sia sia, temuan baru dari Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB),menunjukan bahwa komunikasi satelit terakhir dari pesawat MH370 menandakan bahwa , pesawat ada pada ketinggian konsisten, sebelum kemudian menghilang, sayap pesawat yang ditemukan di perairan Tanzania menandakan bahwa sayap dalam kondisi ditarik artinya posisi ini bukan manuver pesawat akan mendarat , sebelum pesawat masuk ke dalam laut, dalam sebuah siaran berita Australia 60 Minutes , Larry Vance penyelidik kecelakaan penerbangan dari Kanada, menduga bahwa pesawat MH370 tersebut sengaja diarahkan oleh seseorang hingga detik terakhir ke laut sudah tidak ada lagi dugaan lain yang muncul dalam kondisi itu, ini berdasar hasil pemeriksaan pecahan sayap pesawat, puing sayap pesawat flaperon dari i Pulau Reunion, itulah yang memberi petunjuk, namun, tim yang menyelidiki belum secara resmi membenarkan dugaan ini, Vance sebelumnya sebagai investigator Lembaga Keamanan Penerbangan Kanada dan Badan Keselamatan Transportasi Kanada dan telah menyelidiki 200 kecelakaan penerbangan, flaperon difungsikan dalam posisi mendarat , flaperon MH370 tampak dalam keadaan tepi yang bergerigi. ini menandakan kondisi ini hanya terjadi bila seseorang mengarahkan pesawat ke air,bukan patah ,tekanan air yang mampu mengakibatkan ini bila patah, maka potongan bersih, tidak bisa memanjangkan posisi flaperon dengan cara apapun , kecuali seseorang yang mengendalikannya . Rabu 7 desember 2016 Otoritas Australia mengatakan bahwa misi pencarian pesawat MH370 di wilayah Samudra Hindia menyisakan sebuah kapal The Fugro Equator satu dari sebelumnya 4 kapal yang masih dalam misi pencarian hingga Februari mendatang, seluas 120.000 kilometer persegi yang menjelajahi Samudra Hindia sebelah selatan dari Australia Barat semua kapal dikontrak dari Fugro perusahaan Belanda, kapal yang sudah tidak menjalankan misi pencarian yaitu Dong Hai Jiu 101,dari China yang dikendalikan dengan pengendali jarak jauh , 3 puing yang ditemukan di barat Samudra Hindia mungkin milik pesawat MH370, misi pencarian mandiri telah dimulai oleh ratusan keluarga korban di Madagaskar, setelah kecewa dengan langkah pencarian yang dilakukan oleh otoritas setempat, tidak mengalami kemajuan, sejumlah perwakilan keluarga korban dari Perancis,Malaysia, China, berkumpul di ibu kota Madagaskar, Antananarivo, dengan menyebarkan brosur informasi bagi warga setempat, bagaimana mengidentifikasi pecahan badan pesawat, bertemu dengan pimpinan komunitas dan mendatangi area pantai untuk mengumpulkan informasi dari penduduk sekitar mengenai pesawat yang hilang .para keluarga korban MH370 yang berangkat ke Madagaskar kebanyakan dari Perancis, China dan Malaysia , berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia, bertemu Blaine Gibson, warga Amerika Serikat di bandara yang menemukan puing MH370 di Mozambik,
Dari puing itu, pihak berwenang yakin bahwa puing yang dibawa Gibson merupakan bagian sayap dari MH370. Gibson sendiri mengumpulkan potongan pesawat di Madagaskar,meskipun Malaysia, China dan Australia menutup pencarian di garis pantai sepanjang Samudera Hindia ,Biro Keselamatan Transportasi Australian (ATSB) dalam sebuah pernyataanya bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan posisi keberadaan pesawat, 20 puing telah ditemukan, sebagian besar ditemukan di pesisir barat Samudra Hindia, telah diidentifikasi sebagai bagian pesawat MH370 yang hilang , pencarian menyisir wilayah perairan seluas 120.000 km persegi di Samudra Hindia melibatkan Boeing , Inmarsat kapal laut, kapal selam, pesawat terbang, telah dikerahkan , tim internasional, bertemu di Canberra guna memeriksa bukti yang ditemukan , MH370 tidak tampak di wilayah yang selama ini mereka cari, area bawah laut yang sebelumnya teridentifikasi, tidak ditemukan pesawat , anggota keluarga korban mendesak agar pencarian diperpanjang ke wilayah lain ke utara dari cakupan 120.000 yang telah dilacak, Malaysia, Australia, dan China akan bertemu guna memutuskan tindakan selanjutnya, Otoritas Australia menolak rekomendasi untuk memperpanjang pencarian dengan alasan lemahnya barang bukti, 33 potongan puing pesawat, yang diduga milik MH370, telah ditemukan, seperti sayap , ekor, di Tanzania,Afrika Selatan,lepas pantai Mauritius, pulau Reunion terotori Perancis di Samudra Hindia, Mozambik, setelah hampir 3 tahun pesawat MH370 hilang, proses pencariannya dihentikan. walaupun segala upaya telah dilakukan, dengan bantuan teknologi sains terbaik dan terbaru, namun pencarian tetap belum membuahkan hasil,misi pencarian ini telah menelan dana 160 juta dollar AS . pada Selasa 17 januari 2017 Australia, Malaysia, dan China memutuskan misi pencarian bawah laut termahal dalam sejarah resmi dihentikan , namun pesawat yang membawa 239 penumpang beserta kru itu tetap menjadi misteri, keputusan ini harus diambil sebab hingga saat ini tidak ada perkembangan apapun, keputusan menghentikan pencarian pesawat MH370 yang hilang memicu kekecewaan protes kesedihan yang mendalam oleh keluarga korban, Grace Nathan, seorang pengacara Malaysia yang ibunya, Anne Daisy, salah satu penumpang pesawat MH370 mengatakan, akan menggalang dana sebesar 15 juta dollar AS guna mendanai pencarian ke utara dari pencarian sebelumnya, tidak akan memulai penggalangan dana sampai yakin pemerintah benar benar tidak melanjutkan pencarian , katanya dalam kampanye yang digelar di sebuah mal di Kuala Lumpur, Pemerintah akan melanjutkan pencarian bila ada bukti tentang keberadaan pesawat itu, tim internasional membantu Voice 370, yaitu komunitas bantuan untuk keluarga MH370, guna misi pencarian mandiri di sepanjang pantai Afrika Timur , Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan pihaknya telah meneliti 27 puing-puing MH370 dari sepanjang pantai Afrika Timur, juga 2 puing baru yang ditemukan di Afrika Selatan, pemerintah telah menandatangani perjanjian dengan negara negara di sepanjang garis pantai Afrika Timur untuk misi pencarian puing-puing , hasil penelitian baru berdasar temuan puing flaperon sayap pesawat di Pulau Reunion, di Samudra Hindia barat, pada bulan Juli 2015 , bahwa pesawat kemungkinan besar berada di utara kawasan yang dicari sebelumnya, David Griffin, ahli kelautan Pemerintah Australia yang meneliti replika mengatakan sebuah flaperon sebenarnya akan melayang lebih cepat ke kiri dari jalur replika, sehingga puing kemungkinan ada seluas 25.000 kilometer persegi di utara batas zona pencarian terakhir, Rabu 16 agustus 2017 peneliti Australia di Sydney menyatakan adanya informasi dari Badan Sains Nasional Australia, CSIRO dan Geoscience Australia bahwa ada puing mengapung di area tempat hilangnya pesawat MH370, informasi ini keluar 6 bulan lebih setelah proses pencarian dihentikan, ini berdasar foto foto yang diambil dari satelit militer Perancis 2 minggu sesudah pesawat menghilang, ada 70 puing yang mengambang di utara , CSIRO menganalisa di mana puing itu berada saat pesawat hilang, namun Greg Hood Komisaris Utama Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) mengatakan bahwa Resolusi foto ini tidak cukup untuk membuktikan bahwa puing puing ini berasal dari MH370 yang mengambang di lautan di seluruh dunia.
pada januari 2017 telah berakhir pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang lenyap sejak Maret 2014 dengan rute dari Beijing ke Kuala Lumpur ,geoscience Australia merilis peta detail permukaan dasar laut di barat negara australia, seluas 120.000 kilometer persegi ini memberi pengetahuan lebih dalam tentang dasar laut, data berisi model 3D permukaan bawah laut, juga data survei batimetrik analisis pergeseran.
menampilkan lokasi gunung laut yang kaya plankton menjadi pusat berkumpulnya ikan-ikan alfonsino, trevally,tuna,dan toothfish data lokasi gunung laut bisa dipakai memperkirakan dampak tsunami , gunung laut bisa mengurangi dampak tsunami dan mengenal benua Gondwana, hanya 10 sampai 15 persen permukaan dasar laut di dunia yang telah disurvei dengan memakai instrumen dalam pencarian MH370